This is an outdated version published on 2021-08-16. Read the most recent version.

Upaya membentuk prilaku peduli lingkungan dan tanggung jawab siswa perspektif manajemen strategi di MA Darussalam Ngesong

Authors

  • Achmad Junaidi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.26555/jiei.v2i1.3907

Keywords:

Peduli lingkungan, Tanggungjawab santri, Manajemen strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Darussalam Sengon Jombang dalam membentuk prilaku peduli lingkungan dan tanggungjawab dengan perspektif manajemen strategi. Kedua nilai tersebut penting untuk diinternalisasikan pada peserta didik, sebagai upaya pembentukan karakter. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Data pada penelitian ini dikumpulkan dari informan dan data lapangan, teknik yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data yang dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya membentuk prilaku peduli lingkungan dan tanggungjawab dilakukan dengan kegiatan Kresekisasi. Kresekisasi merupakan realisasi  strategi dari visi pesantren yaitu mulia dalam budi pekerti dan unggul dalam prestasi dalam menanggapi kondisi lingkungan eksternal dan  internal pesantren. Realisasi kegiatan dilakukan dengan mengimplementasikan proses strategis yang terdiri dari pengumpulan informasi dan data, pengembangan strategi, implementasi strategi, dan pengukuran serta penilaian hasil.

References

[1] A. Mukminin, “STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI,” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 19, no. 02, pp. 203–226, Nov. 2014.
[2] A. M. Rosyad, “The Urgency of Learning Innovation On Islamic Religious Study,” Al-Afkar: Journal of Islamic Studies, vol. 3, no. No. 1, pp. 64–86, 2019.
[3] M. A. Nugroho, H. Hariyanto, and E. Suharini, “PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH ADIWIYATA PERDESAAN DAN PERKOTAAN DI JAWA TENGAH TAHUN 2016,” Edu Geography, vol. 5, no. 2, pp. 26–34, 2017.
[4] S. D. Ardianti, S. Wanabuliandari, and S. Rahardjo, “PENINGKATAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL EJAS DENGAN PENDEKATAN SCIENCE EDUTAINMENT,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 01–07, 2017.
[5] A. Salim, “MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH,” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, vol. 1, no. 2, pp. 1–16, 2015.
[6] M. Nuryasin and M. Mitrohardjono, “STRATEGI PERENCANAAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA,” Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, vol. 4, no. 2, pp. 77–84, 2019.
[7] F. Setiawati, “Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan,” Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, vol. 30, no. 01, pp. 57–66, 2020.
[8] J. W. Cresswell, Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, 3rd ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
[9] S. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2019.
[10] T. Lickona, Educating for character: Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
[11] A. Tafsir, Filsafat Pendidikan Islami; Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya, 2010.
[12] J. S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer Keterkaitan Ilmu, Agama, dan Seni. Jakarta: P.T. Sinar Harapan, 2017.
[13] A. Khori, “Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam,” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 1, no. 1, Apr. 2018, doi: 10.14421/manageria.2016.11-05.
[14] E. Sujoko, “STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH BERDASARKAN ANALISIS SWOT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA,” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 83–96, Jun. 2017, doi: 10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p83-96.
[15] R. A. M. Ansori, “STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PESERTA DIDIK”,” JURNAL PUSAKA, vol. 4, no. 2, pp. 14–32, 2017.
[16] R. A. Abdillah Dalimunthe, “STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP N 9 YOGYAKARTA,” Jurnal Pendidikan Karakter, no. 1, pp. 102–111, Apr. 2016, doi: 10.21831/jpk.v0i1.8616.
[17] E. Yunus, Manajemen Strategis. Yogyakarta: C.V. Andi Offset, 2016.

Downloads

Published

2021-08-16

Versions