Upaya membentuk prilaku peduli lingkungan dan tanggung jawab siswa perspektif manajemen strategi di MA Darussalam Ngesong
DOI:
https://doi.org/10.26555/jiei.v2i1.3907Keywords:
Peduli lingkungan, Tanggungjawab santri, Manajemen strategiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Darussalam Sengon Jombang dalam membentuk prilaku peduli lingkungan dan tanggungjawab dengan perspektif manajemen strategi. Kedua nilai tersebut penting untuk diinternalisasikan pada peserta didik, sebagai upaya pembentukan karakter. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Data pada penelitian ini dikumpulkan dari informan dan data lapangan, teknik yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data yang dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya membentuk prilaku peduli lingkungan dan tanggungjawab dilakukan dengan kegiatan Kresekisasi. Kresekisasi merupakan realisasi strategi dari visi pesantren yaitu mulia dalam budi pekerti dan unggul dalam prestasi dalam menanggapi kondisi lingkungan eksternal dan internal pesantren. Realisasi kegiatan dilakukan dengan mengimplementasikan proses strategis yang terdiri dari pengumpulan informasi dan data, pengembangan strategi, implementasi strategi, dan pengukuran serta penilaian hasil.
References
A. Mukminin, “STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI,” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 19, no. 02, pp. 203–226, Nov. 2014.
A. M. Rosyad, “The Urgency of Learning Innovation On Islamic Religious Study,” Al-Afkar: Journal of Islamic Studies, vol. 3, no. No. 1, pp. 64–86, 2019.
M. A. Nugroho, H. Hariyanto, and E. Suharini, “PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH ADIWIYATA PERDESAAN DAN PERKOTAAN DI JAWA TENGAH TAHUN 2016,” Edu Geography, vol. 5, no. 2, pp. 26–34, 2017.
S. D. Ardianti, S. Wanabuliandari, and S. Rahardjo, “PENINGKATAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI MODEL EJAS DENGAN PENDEKATAN SCIENCE EDUTAINMENT,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 01–07, 2017.
A. Salim, “MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH,” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, vol. 1, no. 2, pp. 1–16, 2015.
M. Nuryasin and M. Mitrohardjono, “STRATEGI PERENCANAAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA,” Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, vol. 4, no. 2, pp. 77–84, 2019.
F. Setiawati, “Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan,” Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, vol. 30, no. 01, pp. 57–66, 2020.
J. W. Cresswell, Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, 3rd ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
S. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2019.
T. Lickona, Educating for character: Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
A. Tafsir, Filsafat Pendidikan Islami; Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya, 2010.
J. S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer Keterkaitan Ilmu, Agama, dan Seni. Jakarta: P.T. Sinar Harapan, 2017.
A. Khori, “Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam,” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 1, no. 1, Apr. 2018, doi: 10.14421/manageria.2016.11-05.
E. Sujoko, “STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH BERDASARKAN ANALISIS SWOT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA,” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 83–96, Jun. 2017, doi: 10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p83-96.
R. A. M. Ansori, “STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PESERTA DIDIK”,” JURNAL PUSAKA, vol. 4, no. 2, pp. 14–32, 2017.
R. A. Abdillah Dalimunthe, “STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP N 9 YOGYAKARTA,” Jurnal Pendidikan Karakter, no. 1, pp. 102–111, Apr. 2016, doi: 10.21831/jpk.v0i1.8616.
E. Yunus, Manajemen Strategis. Yogyakarta: C.V. Andi Offset, 2016.
Downloads
Published
Versions
- 2021-06-30 (2)
- 2021-08-16 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Achmad Junaidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read the International JIEI Author Guidelines at http://journal2.uad.ac.id/index.php/jiei/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities “ tacitly or explicitly “ of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with the Journal of Islamic Education and Innovation agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.