Keterlibatan Orangtua dalam Progam Sekolah di TK Raudlatul Azhar
DOI:
https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.254Keywords:
keterlibatan, orangtua, program sekolahAbstract
Program sekolah ialah suatu rangkaian kegiatan yang disusun untuk menjalankan sebuah visi serta misi dalam proses perubahan sikap dan perilaku anak didik serta demi mencapai tujuan sekolah. Dalam mencapai tujuan sekolah memerlukan keterlibatan orangtua, keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak sangat diperlukan khususnya bagi pihak sekolah, karena bagaimana pun juga sekolah tidak dapat berdiri sendiri, karena sekolah dan orangtua merupakan suatu kesatuan dalam suatu proses pendidikan. Berdasarkan  hal tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana keterlibatan orangtua dalam program sekolah di TK Raudlatul Azhar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat upaya pihak sekolah dalam melibatkan orangtua dalam program sekolah ialah dengan menjalin kerja sama dengan komite orangtua melalui POM (Persatuan Orangtua Murid). Pihak sekolah mampu melibatkan orangtua dalam program sekolah dengan berbagai tipe, akan tetapi tipe yang lebih banyak diterapkan ialah tipe sukarelawan. Adapun faktor penghambatnya ialah waktu dan dana sedangkan faktor pendukungnya ialah kesadaran dari pihak orangtua dan sekolah akan keterlibatan mereka terhadap pendidikan perkembangan anak.
References
Dhiada, R. (2015). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Diakses dari ejournal.sps.upi.edu pada 26 Oktober 2017.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta.
Hasbullah. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
KEMENDIKBUD. (2015). Petunjuk Teknis: Penguatan Kemitraan Keluarga, Satuan Pendidikan, dan Masyarakat di PAUD. Jakarta.
Maryadi, dkk. (2010). Pedoman Penulisan Skripsi FKIP. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Morisson, G.S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Patrikakou, E. N.( 2008). The power of Parental Involvement: Evidence, Ideas, and Tools for student Success. Diakses dari http://www.centerii.org/search/resources/PowerParInvolve.pdf pada 27 Oktober 2017.
Schunk, D. H., Pintrich. P.R., & Mecce, J. L. (2010). Motivation in education: Theory, research, and application. (3 ed.) New Jersey : Pearson Education Inc.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukwiaty, dkk. (2009). Ekonomi SMA kelas XII. Jakarta : Yudhistira.
Tolada, T. (2012). Hubungan Keterlibatan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah di SDIT Permata Hati, Banjarnegara. Skripsi. Tersedia pada http://library.ui.ac diakses pada (30 September 2017).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).