Intervensi Anak Usia Dini Penyandang Autis

Authors

  • Ismet Ismet STKIP PGRI Metro Lampung

DOI:

https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.176

Keywords:

anak usia dini, autis, intervensi

Abstract

Artikel  ini merupakan studi kasus yang menggambarkan intervensi pada anak berkebutuhan khusus yaitu autis. Di dalam melaksanakan penelitian penulis mendapatkan informasi dari hasil pengamatan dan wawancara langsung dengan narasumber yang berkaitan dengan anak seperti orang tua, guru dan terapis. Subjek penelitian adalah seorang anak berkebutuhan khusus yaitu autis yang berusia lima tahun. Dari hasil pengamatan dan wawancara diperoleh informasi bahwa intervensi yang dilakukan terhadap IM dilakukan melalui terapis yaitu terapi prilaku, terapi wicara, terapi bermain, terapi okupasi dan terapi diet. Dari hasil pengamatan dan wawancara diperoleh informasi bahwa terapi yang diberikan sesungguhnya hanya petunjuk  dan awal latihan, selanjutnya orang tua dan guru yang melatih anak untuk berprilaku sehingga anak menjadi mandiri. Setelah dilakukan terapis beberapa aspek perkembangan berkembang dengan baik terutama pada kemandirian dan interaksi sosial dengan lingkungannya. Tetapi harapan yang terlalu besar dari orang tua membuat terapis dan guru merasa kurang nyaman, sebaiknya orang tua tidak menyerahkan begitu saja perubahan prilaku anaknya ke terapis atau sekolah tetapi juga keluarga harus dengan sabar melatih anaknya sebagai tindak lanjut dari konsultasi pada saat dilakukan terapi.

References

Hidayat. (2009). Identifikasi dan Asesmen Anak Autis dan Layanan Pendidikannya,. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Hurlock, E.B. (2006). Perkembangan Anak Edisi 8. Jakarta: Erlangga.
Jamaris. (2014). Kesulitan belajar. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rahayu, F. (2014). Kemampuan Komunikasi Anak Autis Dalam Interaksi Sosial (Kasus Anak Autis di Sekolah Inklusi). Skripsi.
Siwi, A.R. & Anganti, N. R. (2017). Strategi Pengajaran Interaksi Sosial Kepada Anak Autis. Jurnal Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2).
Soeharso. (2011). Pedoman Penanganan dan Pendidikan Autis. Jakarta: Yayasan Pembina Anak Cacat.

Downloads

Published

2019-03-15

Issue

Section

Articles