Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca SDN 001 Japura Kecamatan Lirik
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v6i1.9984Keywords:
Asesmen , Kompetensi , Literasi , MembacaAbstract
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan instrumen yang digunakan untuk menilai tingkat kemampuan membaca siswa di Indonesia dan membandingkannya dengan standar nasional. AKM memiliki peran penting dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan mereka dalam merancang kerangka pembelajaran, dengan fokus pada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan literasi membaca. Partisipasi dalam AKM diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan pada peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan studi kasus dilakukan dengan tujuan untuk memahami kemampuan literasi membaca siswa di Sekolah Dasar Negri (SDN) 001 Japura, Kecamatan Lirik. Hasil penelitian mencakup tiga tingkatan kognitif, yaitu kemampuan menemukan informasi, pemahaman, dan evaluasi soal AKM literasi membaca. Hal ini terbukti melalui hasil pengerjaan soal AKM literasi membaca oleh siswa. Penelitian ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang kemampuan literasi membaca peserta didik di tingkat Sekolah Dasar, yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar.
References
Arikunto. (2009). Dasar - dasar evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Arikunto, s. (2012). dasar dasar evaluasi pendidikan.
Cahyana, A. (2020). Prospek Akm Dan Survei Karakter: Memperkuat Basis Praliterasi Dan Pranumerasi Usia Dini. Banpaudpnf Kemendiikbud, 1–4.
D.M. Andikayana, N. Dantes, & I.W. Kertih. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Literasi Membaca Level 2 Untuk Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 81–92. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i2.622
Darling-Hammond, L. (2014). Next Generation Assessment: Moving Beyond the Bubble Test to Support 21st century learning.
Hasanah, M., & Hakim, T. F. L. (2021). Analisis Kebijakan Pemerintah Pada Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional (UN). Irsyaduna: Jurnal Studi …, 1(3), 252–260.
Hutapea, A. F., Ruslan, R., & Asnawi, A. (2021). PERILAKU PENCARIAN INFORMASI MELALUI JURNAL ELEKTRONIK OLEH MAHASISWA PRODI ILMU PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN MODEL ELLIS. Jurnal Adabiya, 23(1), 38. https://doi.org/10.22373/adabiya.v23i1.8047
Indonesia, R. (2017). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 03 Tentang Sistem Perbukuan.
Ismail, M. . (2019). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Cendekia Publisher.
Kartina, Missriani, & Fitriani, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Siswa Melalui Pendekatan Saintifik SMP Negeri 2 Payaraman. Wahana Didaktika, 20(1), 128–139. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7333
Kemendikbud. (2020). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (pp. 1–32). https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/file_akm_202101_1.pdf
Klarita, E. N., & Syafiah, R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM SISWA KELAS V. Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 262–267. https://doi.org/10.33222/jlp.v7i2.1836
Kurniasih, I. (2021). Kupas Tuntas Asesmen Nasional AKM. In Jakarta: Kata Pena.
L, I. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 9(2), 344.
Linanada, T., & Hendriawan, D. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Persada, V(2), 75–79.
Maharani, B., & Wahidin. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6, 5656–5663.
Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenadamedia Group.
Pusmenjar. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Pengembangan dan Perbukuan hlm. 1.
Riyatuljannah, T. (2018). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 45–53. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i2.1079
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Sari, V. P., & Sayekti, I. C. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Kompetensi Dasar Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5237–5243. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2907
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Cv. Nata Karya.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Wijaya, A., & Dewayani, S. (2021a). foramework asesmen kompetensi minimum (akm).
Wijaya, A., & Dewayani, S. (2021b). Framework asesmen kompetensi minimum (AKM).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahda Maleta Zahra, Muhammad Mukhlis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.