Pemerolehan semantik pada anak usia 4 tahun dan kaitannya dengan bahan ajar psikolinguistik (studi kasus Abizar)
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v6i1.9804Keywords:
Pemerolehan bahasa , Bahan ajar , Psikolinguistik, Semantik , Anak usia 4 tahunAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang pemerolehan semantik pada anak usia 4 tahun dan kaitannya dengan bahan ajar psikolinguistik. Penelitian ini bertujuan 1) mendiskripsikan bentuk fitur pemerolehan semantik pada anak umur 4 tahun; 2) mendiskripsikan faktor yang mempengaruhi pemerolehan semantik pada anak umur 4 tahun; 3) mendiskripsikan keterkaitan pemerolehan semantik dan kaitannya dengan bahan ajar psikolinguistik yang disajikan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Fokus penelitian ini yaitu pemerolehan semantik pada anak usia 4 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus mendalam (intrinsik Case study). Menggunakan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut; 1) terdapat dua fitur pemerolehan semantik yang terkandung dalam ucapan Abizar yaitu penciutan makna dan penggelembungan makna. Pemerolehan data pada penciutan makna sebanya 3 data dan penggelembungan makna ada 18 data; 2) terdapat dua faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa pada Abizar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi Abizar adalah faktor jenis kelamin, lalu faktor eksternal yang mempengaruhi Abizar ialah tontonan kesukaan.
References
Amrillah, T. (2017). Memahami Psikologi Perkembangan Anak Bagi Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal An-Nahdhah, Vol. 11 No. 2 Juli – Desember 2017, 11(2), 9–15.
Andika, B. K. A. H. (2009). Dasar-dasar Linguistik. UPI Press.
Ariffudin. (2010). Neuropsikoloinguistik. Rajawali Press.
Butar, B. C. (2021). Semantik. Umsu Press.
Chaer, A. (2003). Psikolinguistik. Rineka Cipta.
Chaer, A., & Muliastuti, L. (2005). Makna dan Semantik: Semantik Bahasa Indonesia. In Universitas Terbuka (pp. 1–39).
Dardjowidjojo, S. (2000). Echa kisah pemerolehan bahasa anak Indonesia. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik; Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. In Yayasan Obor Indonesia. Yayasan Obor Indonesia.
Dewi Kumala Sari, R. (2021). Neurolinguistik: teori Linguistik dan Pemerolehan Bahasa pada Anak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 104–115. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Studi Kasus. Single case, intrumental case, multicase, & multisite. Literasi Nusantara Abadi.
Khairi, H. (2018). Pemerolehan Bahasa. Jurnal Warna, 2(2 Desember), 15–28.
Musfiroh, T. (2017). Psikolingustik Edukasional. Tiara Wacana.
Purwanto, B. (2003). Pemerolehan Semantik Dalam Perkembangan Bahasa Kanak-Kanak. Upaya Pembentukan Kecerdasan Berpikir Anak Melalui Penguasaan Bahasa (pp. 1–13).
Raharjo, M., & Nursalim, M. P. (2020). Pemerolehan Bahasa Pada Tataran Fonologi Dan Semantik (Studi Kasus Adrian). Pena Literasi, 79–89. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/view/6844
Saifullah, A. R. (2018). Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. In PT. Bumi Aksara. PT. Bumi Aksara.
Santrock W. John. (2001). Perkembangan Anak. In 11. Erlangga.
Simanjuntak, M. (1987). Pengantar Psikolinguistik Moderen (p. 5). Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia.
Subuki, M. (2011). Semantik: Pengantar Memahami Makna Bahasa (p. 250). Transpustaka.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Allfabeta.
Suryana, D. (2014). Dasar-Dasar Pendidikan TK. UNP Press.
Tarigan, H. (1986). Psikolinguistik: suatu pengantar. In Psikolinguistik suatu pengantar. Angkasa.
Yudibrata. (1998). Psikolinguistik. Depdikbud PPGLTP Setara D-III.
Yulia Eka Salnita, Atmazaki, A. (2019). Language Acquisition for Early Childhood. In Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 3, Issue 1, pp. 119–126).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aisyah Labibah, Triwati Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.