Tren dan dampak penggunaan Kahoot!! dalam pembelajaran bahasa Indonesia: A systematic literature review

Authors

  • Sukarismanti Sukarismanti Universitas Teknologi Sumbawa
  • Subyantoro Subyantoro Universitas Negeri Semarang
  • Rahayu Pristiwati Universitas Negeri Semarang
  • Samsudin Samsudin Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v6i1.9281

Keywords:

Tren , Dampak , Kahoot! , Bahasa Indonesia

Abstract

Penggunaan Kahoot!! dalam konteks pembelajaran telah mendapatkan popularitas yang signifikan. Namun, penelitian mengenai penggunaan Kahoot! dalam pembelajaran bahasa Indonesia masih terbatas. Mayoritas penelitian belum berfokus pada keterampilan berbahasa, khususnya keterampilan menulis, mendengarkan, dan membaca. Tinjauan literatur sistematis ini mengumpulkan temuan dari 15 jurnal yang diterbitkan antara tahun 2019 hingga Oktober 2023 untuk menggambarkan tren dan dampak penggunaan Kahoot! dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot! dalam pembelajaran bahasa Indonesia masih jarang, khususnya pada keterampilan menulis, mendengarkan, dan membaca. Meskipun kurangnya publisitas selama beberapa tahun terakhir, penggunaan Kahoot! secara umum memberikan dampak positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan Kahoot! dalam konteks bahasa Indonesia, khususnya dalam keterampilan mendengarkan, membaca, dan menulis, berpotensi untuk mengembangkan literatur dan pengetahuan yang ada. Penelitian selanjutnya perlu mempertimbangkan pandangan guru, respon siswa, interaksi kelas, dan model pengembangan yang efektif untuk mengintegrasikan Kahoot! ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan tujuan meningkatkan kemahiran siswa dalam keterampilan berbahasa. Tinjauan literatur ini menjadi dasar bagi peneliti selanjutnya dan memberikan kontribusi berharga dalam melihat titik masuk untuk melakukan penelitian lebih dalam.

References

Alfalah, A., Firnadia, E., & Jendriandi. (2022). Keefektifan teknik tes menggunakan media literasi digital dalam kuliah bahasa Indonesia terhadap mahasiswa baru. Jurnal Pembahas: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 693–700. doi: 10.55909/jpbs.v1i5.194

Charlina, C., & Septyanti, E. (2019). Pemanfaatan media Kahoot!s sebagai motivasi belajar mengikuti kuis wacana bahasa Indonesia. Geram: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(2), 79–83. doi: 10.25299/geram.2019.vol7(2).4036

Elkhamisy, F.A.A, & Wassef, R.M. (2021). Innovating pathology learning via Kahoot!! game-based tool: a quantitative study of students` perceptions and academic performance. Alexandria Journal of Medicine, 57(1), 215–223. doi: 10.1080/20905068.2021.1954413

Firdiansyah, Y., & Pamungkas, H.P. (2021). Analisis persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Kahoot! sebagai media evaluasi pembelajaran pada mata kuliah teori ekonomi moneter. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 4(1), 1-7. Doi: 10.26858/jekpend.v4i1.15549

Garcia, R.E. (2021). A systematic review of flipped learning approach in improving speaking skills. European Journal of Educational Research, 11(1), 127–139. doi: 10.12973/eu-jer.11.1.127

Ghawail, E.A.A., & Yahia, S.B. (2022). Using the e-learning gamification tool Kahoot!! to learn chemistry principles in the classroom. Procedia Computer Science, 207, 2667–2676. doi: 10.1016/j.procs.2022.09.325

Inayah, N., Triana, L., & Retnoningrum, D. (2023). Pendekatan culturally responsive teaching menggunakan media game Kahoot! pada pembelajaran bahasa Indonesia. In Seminar Nasional Literasi Pedagogi III, 24–31. https://semnas.upstegal.ac.id/index.php/srada/article/view/470

Jannah, K., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan instrumen penilaian berbasis higher order thinking skills berbantuan aplikasi “Kahoot!!” pada kompetensi dasar menerapkan penanganan surat masuk dan surat keluar jurusan OTKP Di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidik Administrasi Perkantoran, 8(1), 108–121. doi: 10.26740/jpap.v8n1.p108-121

Litualy, S.J., Serpara, H., & Wenno, E.C. (2022). The effect of Kahoot!! learning media on learning outcomes of German language students. Journal of Education and Learning, 16(2), 254–261. doi: 10.11591/edulearn.v16i2.20458

Martin, F., Sun, T., & Westine, C.D. (2020). A systematic review of research on online teaching and learning from 2009 to 2018. Computers and Education, 159(September):104009. doi: 10.1016/j.compedu.2020.104009

Permatasari, D.A. (2022). Peningkatan motivasi dan konsentrasi siswa pada pembelajaran bahasa indonesia melalui metode game Kahoot! di tingkat sekolah menengah atas. Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 578–85. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/2045

Prasetia, U., Kadir, H., & Supriyadi, S. (2023). Penerapan media Kahoot! pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas vii SMPN 2 Wanggarasi Kabupaten Pohuwato. Ideas Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(1), 141-148. doi: 10.32884/ideas.v9i1.1201

Prayoga, A.P. (2021). Amplifikasi Kahoot! sebagai kuis tanya-jawab online pilihan pendidik dalam model pembelajaran game-based learning. Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 24(2), 109–122. doi: 10.24821/ars.v24i2.4599

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic literature review: Penggunaan Kahoot!. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASI, 4(2), 110–122. Doi: 10.32505/qalasadi.v4i2.2127

Rahmawati, I.S. (2022). Pemanfaatan aplikasi Kahoot! sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Buletin Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 55–61.

Rambe, R.N., Wati, A.S., Putri, R.A., Nadeak, T.H., & Kudadiri, V.O. (2023). Implementasi penggunaan aplikasi Kahoot! terhadap inovasi pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 67–78. doi: 10.55081/jurdip.v3i3.1251

Safitri, M.D.S., Septiana, I., & Suyoto. (2023). Kahoot! dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas xi. Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 16(1), 11–24. doi: 10.55222/metamorfosis.v16i1.925

Salfadilah, F., Prastowo, A., & Wibowo, Y.R. (2023). Aplikasi Kahoot! sebagai media penilaian kognitif berbasis hots di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 6(1), 36–45. doi: 10.26618/jrpd.v6i1.9791

Sartika, C.D. (2023). Analisis keterampilan membaca pemahaman dengan media pembelajaran Kahoot! pada pembelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas 4 di SD Negeri 1 Moyoketen Tulungagung. Jotika Journal in Education, 3(1), 1–15. https://journal.jotika.co.id/index.php/JJE/article/view/98

Situmorang, K. M, & Simajuntak, D.C. (2023). Efl teachers’ perceptions of Kahoot! as an online learning platform in increasing learning engagement toward enhancing vocabulary knowledge. JOLLT Journal Language and Language Teaching, 11(2), 251–262. doi: 10.33394/jollt.v11i2.7525

Sukmawati F, Khasanah I, Fatimah M, Mujiburrohman A. (2022). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis game bagi guru-guru madrasah ibtidaiyah. Indonesan Journal of Empowerment and Community Services, 3(1), 1–7. doi: 10.32585/ijecs.v3i2.1654

Tetep, T., & Arista, Y. (2022). Students’ perception towards Kahoot! learning media and its influence towards students’ motivation in learning social studies and civic education amid pandemic in SMKN 9 Garut. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), 99-108. doi: 10.20527/iis.v4i1.5537

Toma, F., Diaconu, D.C., & Popescu, C.M. (2021). The use of the Kahoot!! Learning platform as a type of formative assessment in the context of pre-university education during the covid-19 pandemic period. Education Sciences, 11(10), 1-18. doi: 10.3390/educsci11100649

Widodo, P. (2021). Peningkatkan keterampilan menulis huruf kapital melalui media game edukasi Kahoot! pada bahasa Indonesia kelas 2 di SDN Kedungrejo 02 Kecamatan Pilangkenceng. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 294–9. doi: 10.20961/jkc.v9i1.53829

Wirani, Y., Nabarian, T., & Romadhon, M.S. (2021). Evaluation of continued use on Kahoot!! As a gamification-based learning platform from the perspective of Indonesia students. Procedia Computer Science, 197, 545–556. doi: 10.1016/j.procs.2021.12.172

Xiao, Y., & Watson, M. (2019). Guidance on conducting a systematic literature review. Journal of Planning Education Research, 39(1), 93–112. doi: 10.1177/0739456X17723971

Downloads

Published

2024-03-15