Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila tema kearifan lokal di SMAN 1 Ile Ape Kabupaten Lembata
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v6i1.9189Keywords:
Kurikulum Merdeka , Merdeka Belajar , Profil Pelajar Pancasila , Kearifan LokalAbstract
Salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila yang merupakan implementasi tujuan Kurikulum Merdeka adalah Kebhinekaan Global. Dimensi ini dijabarkan dalam 4 elemen yaitu mengenal dan menghargai budaya, komunikasi dan interaksi antar budaya, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan, dan berkeadilan sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang berfokus pada elemen mengenal dan menghargai budaya pada SMAN 1 Ile Ape. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, perencanaan tahapan implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di SMAN 1 Ile Ape dilakukan dalam 5 tahap yakni tahap pengenalan, tahap kontekstualisasi, tahap aksi, tahap refleksi, dan tahap tindaklanjut. Pelaksanaan program P5 pada tahap pertama mengangkat dimensi Kebhinekaan Global, elemen mengenal dan menghargai budaya dengan tema Kearifan Lokal. Evaluasi projek ini dilaksanakan dalam bentuk refleksi dan penilaian capaian projek dengan mendeskripsikan hasil yang dicapai siswa melalui pemberian predikat berkembang, mulai berkembang, berkembang sesuai harapan, dan sangat berkembang. Pelaksanaan Projek profil pelajar pancasila ini diharapkan memberikan pengalaman holistik bagi peserta didik untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai kearifan lokal dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini berkontribusi untuk menambah wawasan dan menjadi rujukan dalam perencanaan implementasi projek di sekolah.
References
Allyah Azizah Lyana, A. et al. (2023). Perbandingan Implementasi P5 di SMA Kota Bandung. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 301–315.
Anggraini, G. O., & Wiryanto, W. (2022). Analysis of Ki Hajar Dewantara’s Humanistic Education in the Concept of Independent Learning Curriculum. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1), 33–45. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41549
Anwar, R. N. (2023). Perencanaan Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak Project Learning Planning for Strengthening Pancasila Student Profiles in Mobilizing Schools. ABSORBENT MIND: Journal Of Psychology and Child Development, 3(2), 69–79.
Chumi Zahroul Fitriyah, & Rizki Putri Wardani. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243.
Efendi, P. M., Tatang Muhtar, & Yusuf Tri Herlambang. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487
Encil Puspitoningrum1 , Endang Waryanti2, Moch. Muarifin3, Sardjono4, D. R. K. (2023). Pengembangan Model Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kerarifan Lokal Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 1–16. https://doi.org/doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4
Hadiansyah, Y., & Muhtar, T. (2023). Peran Pedagogik Futuristik Dalam Mendukung Kurikulum Baru. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1617–1627. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3365
Haromain, H., Hariawan, R., & Tsamara, N. (2023). Implementasi Program Kearifan Lokal untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 3 Mataram. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(1), 122–131. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary
Hartanto, D. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal pada siswa-siswi SMA Al Ma’shum Kisaran. Jurnal Sintaksis, 5(04), 42–51. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/457
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 1015–1025. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4493
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek (pp. 1–37).
Kholidah, N. R. J., Prastiwi, C. H. W., Zuhriah, F., Yulianti, S. E., & Ibrohim, M. (2023). Penguatan Berkebhinekaan Global Dalam Profil Pelajar Pancasila Melalui Bahasa Inggris (Persepsi Mahasiswa). JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 10(2), 245–254. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE
Kurniawan, T., & Wijarnako, B. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam menumbuhkan motivasi kewirausahaan pada siswa kelas VII SMP N 1 Kalikajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 9(1), 1–23. https://doi.org/10.37729/jpse.v9i1.2790
Marliyani, T., Margo Irianto, D., & Prihantini, P. (2023). Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 154–160. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3927
Massie, A. Y. (2024). Implementasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Wira Di SMA Kristen Penabur Cirebon Tahun Ajaran 2023-2024 [Universitas Kristen Satya Wacana]. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/32582
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis (Californi). In Researching Practice. https://doi.org/10.1163/9789460911835_020
Rusmiati, M. N., Ashifa, R., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1490–1499. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203
Ruwaida, I. M., Hambali, M., & Rizal, M. S. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Kearifan Lokal Batik Malangan di SMAN 1 Malang. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(2), 232–245.
Satria, R., Adiprima, P., & Kandi Sekar Wulan. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (p. 149).
Seriana, Wahyuningsih, F. S., Khairani, P., & Sitorus, F. R. (2023). Penerapan Kearifan Lokal Syair Manoe Pucok Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 5(2), 108–118. https://doi.org/10.34012/bip.v5i2.3819
Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696–703. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1287
Wati, S. O. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) PADA Tema Gaya Hidup Berkelanjutan (pp. 031-1042). https://doi.org/doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24557
Zuhriyah, I. Y., Subandow, M., & Karyono, H. (2023). Pelaksanaan proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila : Studi di SMA Negeri 4 Probolinggo. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 319–328.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Klemens Maksianus Lenga, Rahayu Pristiwati, Subyantoro Subyantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.