Prinsip kesantunan berbahasa pada program acara Kick Andy episode “Mulut Pedas Fadli Zon”
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v5i2.8764Keywords:
Bahasa , Kesantunan , Maksim , Kick AndyAbstract
Tujuan penelitian ini mengambarkan dan menganalisis data yang termasuk ke dalam maksim prinsip kesantunan berbahasa. Sumber data penelitian ini adalah proses percakapan yang terjadi antara pembawa acara dan narasumber. Terdiri dari dua teknik pengumpulan data yaitu teknik simak dan catat. Penelitian ini memakai metode konten analisis yang menjelaskan tentang proses identifikasi dan klasifikasi bahasa berdasarkan percakapan antara pembawa acara dan narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan enam maksim prinsip kesantunan menurut Leech, dari keenam maksim tersebut ditemukan lima maksim prinsip kesantunan, salah satunya maksim permufakatan yang tuturannya banyak ditemukan dan tidak ditemukan satu maksim prinsip kesantunan, yaitu maksim kedermawanan. Hasil penelitian diharapkan mampu memberikan gambaran yang berkaitan dengan kesantunan berbahasa terhadap objek yang dipilih.
References
Sujiono, S. (2021). Pergeseran budaya kesantunan berbahasa mahasiswa terhadap dosen melalui media sosial whatsapp. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 3(2), 139-146.
Erni, E., Herwandi, H., & Sari, I. (2019). Praanggapan dalam Tuturan dialog Bahasa Persidangan di Pengadilan Negeri Kelas 1A Pekanbaru. GERAM, 7(2), 64-67. https://doi.org/10.25299/geram.2019.vol7(2).3911
Sukardi, 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Anastasia.. Wika. 2019. Prinsip Kesantunan dalam Tuturan antara Perawat dan Pasien di RSUD Bangkinang Kabupaten Kampar, Skripsi. Pekanbaru: FKIP UIR.
Angelita, T., & Mukminin, M. S. (2023). Strategi ketidaksantunan berbahasa dalam film Taksi (1990): kajian pragmatik. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(1), 41-55. https://doi.org/10.26555/jg.v5i1.7297
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bndung: Alfabeta.
Mahsun, M.S. 2021. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Grafindo Persada.
Resti, N. (2019). Prinsip Kesantunan Berbahasa Karyawan dan Tamu di Homeschooling Primgama Palembang (Kajian Pragmatik). Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 119-132. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i2.4292
Safira, S. D., & Yuhdi, A. (2022). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Film Ali dan Ratu-Ratu Queens Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(01), 35-51. https://doi.org/10.47709/jbsi.v2i01.1499
Yanti, L. P. F., Suandi, I. N., & Sudiana, I. N. (2021). Analisis Kesantunan Berbahasa Warganet pada Kolom Komentar Berita di Media Sosial Facebook. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(1), 139-150. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i1.405
Putri, H. H., & Ermanto, E. (2022). Kesantunan Berbahasa Warganet dalam Podcast Deddy Corbuzier. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(4), 779-792. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i4.523
Melia, M. (2019). Prinsip Kesantunan Berbahasa Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 110-123. https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i1.1139
Sari, E. S. (2018). Violation of Language Politeness Principle in Kompas TV's Two-Way Program. Sapala Journal, 5(1), 1-10.
Siagian, Y. S. (2021). Politeness of Speech Between Characters in Novel Hujan by Tere Liye: A Pragmatic Study. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 119-133. https://doi.org/10.21009/AKSIS.050110
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurvilla Nurvilla, Erni Erni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.