Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan menulis pengalaman pribadi di SMP kelas VII

Authors

  • Opah Ropiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Sinta Ningrum STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v6i2.8532

Keywords:

Pembelajaran , Based Learning , Menulis , Pengalaman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis pengalaman pribadi di SMP Kelas VII. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan pre-test-post-control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal esay pretest dan posttest.  Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VII SMPN 4 Kuningan. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII J sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji validasi ahli, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest kemampuan menulis pengalaman pribadi sebelum menggunakan  model  Project Based Learning masih jauh dari nilai kriteria ketuntasan minimal 75 yaitu di kelas eksperimen terdapat 1 orang siswa (3,33 %) yang tuntas serta yang belum tuntas 29 siswa (96,67%) sedangkan di kelas kontrol 30 siswa (100 %) tidak tuntas.  Hasil post test mengalami kenaikan yaitu di kelas eksperimen terdapat 24 siswa (80%) tuntas dan 6 siswa (20%) tidak tuntas serta di kelas kontrol 2 siswa (6,68%) tuntas serta 28 siswa (93,33%) belum tuntas. Nilai rata-rata kelas eksperimen dari 55,67 menjadi 81,67 sedangkan di kelas kontrol nilai rata-ratanya 41,67 menjadi 47,67. Berdasarkan uji hipotesis, Sig. (2-tailed) 0,000˂0,05, Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan  sebelum dan sesudah menggunakan  model  Project Based Learning terhadap kemampuan menulis pengalaman pribadi di SMP kelas VII.

References

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Aprelia, D. A., Baedowi, S., & M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha. Mimbar PGSD Undiksha, 3(7), 237–244. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400

Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49–60. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i1.550

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. (2017). Kurikulum Tingkat Daerah Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasis Kurikulum 2013 Revisi 2017 Jenjang SMA/SMK/MA/MAK. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Esminarto, Sukowati, Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 16–23. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A Review of Project-Based Learning in Higher Education: Student Outcomes and Measures. International Journal of Educational Research, 102, 1–12. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Hasanah, I. U., & Ropiah, O. (2023). Pengaruh Active Learning Quiz Team Method Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Kemampuan Menulis Sisindiran. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), 213–222. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i2.6693

Herlina, & Ropiah, O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share terhadap Hasil Membaca Artikel Seni Budaya Sunda di SMP Kelas VIII. LOKABASA: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Daerah Serta Pengajarannya, 14(1), 15–26. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.17509/jlb.v14i1.55948

Janah, S., Wikanengsih, & Fauziya, D. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PJBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Karawang Tahun Ajaran 2017/2018. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(4), 637–644. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1261

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-Based Learning: A Review of the Literature. Sage Journals, 19(3), 267–277. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.1177/136548021665

Musyawir, & Loilatu, S. H. (2020). Kemampuan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa (The Ability to Write a Narrative Essay Based on Students’ Personal Experiences). Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1(2), 1–12. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.47323/ujss.v1i2.20

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149–160. https://doi.org/doi:http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950

Rahmawati, G., & Suprihatiningrum, J. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap nilai kerjasama dan hasil belajar kognitif kimia siswa kelas X SMAN 1 Bambanglipuro Bantul. Jurnal Kaunia, 10(2), 128–140. https://www.neliti.com/publications/103395/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-make-a-match-terhadap-nilai-kerjasam#id-section-content

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaludin, & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119–124. https://doi.org/doi:10.29303/jppipa.v6i1.388

Ripai, I., R. (2022). Design Android-Based E-book Application for Sundanese Pupujian Teaching Materials. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(1), 63–78. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v24i1.24456

Ropiah, O., & Ripai, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Pupujian Sunda di SMPN 2 Kramatmulya Kelas VII. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3), 125–130. https://doi.org/doi:10.24269/dpp.v8i3.2080

Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di SMP. DEIKSIS Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 111–127. https://web.archive.org/web/20180411180732id_/http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis/article/viewFile/999/653

Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119–131. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/329

Setiawan, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Dampak Model Project based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar. Lensa Pendas : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(2), 129–136. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.33222/jlp.v7i2.2041

Stavinibelia. (2023). Pengaruh Model Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5362–5369. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11852

Sudartik, Sutarto, & Budiarso, A. S. (2023). Pengaruh Model POGIL terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 121–134. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.21093/twt.v10i2.6412

Sumarsono. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Tawun 1 Kabupaten Ngawi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 8(3), 39–47. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/1038

Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana.

Wena, M. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara.

Zebua, T. (2022). Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Ejaan dan Tanda Baca Dalam Menulis Pengalaman Pribadi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 320–325. https://doi.org/https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.56

Downloads

Published

2024-09-29