Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan menulis pengalaman pribadi di SMP kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v6i2.8532Keywords:
Pembelajaran , Based Learning , Menulis , PengalamanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis pengalaman pribadi di SMP Kelas VII. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan pre-test-post-control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal esay pretest dan posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VII SMPN 4 Kuningan. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII J sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji validasi ahli, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest kemampuan menulis pengalaman pribadi sebelum menggunakan model Project Based Learning masih jauh dari nilai kriteria ketuntasan minimal 75 yaitu di kelas eksperimen terdapat 1 orang siswa (3,33 %) yang tuntas serta yang belum tuntas 29 siswa (96,67%) sedangkan di kelas kontrol 30 siswa (100 %) tidak tuntas. Hasil post test mengalami kenaikan yaitu di kelas eksperimen terdapat 24 siswa (80%) tuntas dan 6 siswa (20%) tidak tuntas serta di kelas kontrol 2 siswa (6,68%) tuntas serta 28 siswa (93,33%) belum tuntas. Nilai rata-rata kelas eksperimen dari 55,67 menjadi 81,67 sedangkan di kelas kontrol nilai rata-ratanya 41,67 menjadi 47,67. Berdasarkan uji hipotesis, Sig. (2-tailed) 0,000˂0,05, Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan model Project Based Learning terhadap kemampuan menulis pengalaman pribadi di SMP kelas VII.
References
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Aprelia, D. A., Baedowi, S., & M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha. Mimbar PGSD Undiksha, 3(7), 237–244. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49–60. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i1.550
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. (2017). Kurikulum Tingkat Daerah Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasis Kurikulum 2013 Revisi 2017 Jenjang SMA/SMK/MA/MAK. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.
Esminarto, Sukowati, Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 16–23. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A Review of Project-Based Learning in Higher Education: Student Outcomes and Measures. International Journal of Educational Research, 102, 1–12. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Hasanah, I. U., & Ropiah, O. (2023). Pengaruh Active Learning Quiz Team Method Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Kemampuan Menulis Sisindiran. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), 213–222. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i2.6693
Herlina, & Ropiah, O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share terhadap Hasil Membaca Artikel Seni Budaya Sunda di SMP Kelas VIII. LOKABASA: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Daerah Serta Pengajarannya, 14(1), 15–26. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.17509/jlb.v14i1.55948
Janah, S., Wikanengsih, & Fauziya, D. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PJBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Karawang Tahun Ajaran 2017/2018. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(4), 637–644. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1261
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-Based Learning: A Review of the Literature. Sage Journals, 19(3), 267–277. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.1177/136548021665
Musyawir, & Loilatu, S. H. (2020). Kemampuan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa (The Ability to Write a Narrative Essay Based on Students’ Personal Experiences). Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1(2), 1–12. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.47323/ujss.v1i2.20
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149–160. https://doi.org/doi:http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Rahmawati, G., & Suprihatiningrum, J. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap nilai kerjasama dan hasil belajar kognitif kimia siswa kelas X SMAN 1 Bambanglipuro Bantul. Jurnal Kaunia, 10(2), 128–140. https://www.neliti.com/publications/103395/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-make-a-match-terhadap-nilai-kerjasam#id-section-content
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaludin, & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119–124. https://doi.org/doi:10.29303/jppipa.v6i1.388
Ripai, I., R. (2022). Design Android-Based E-book Application for Sundanese Pupujian Teaching Materials. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(1), 63–78. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v24i1.24456
Ropiah, O., & Ripai, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Pupujian Sunda di SMPN 2 Kramatmulya Kelas VII. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3), 125–130. https://doi.org/doi:10.24269/dpp.v8i3.2080
Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di SMP. DEIKSIS Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 111–127. https://web.archive.org/web/20180411180732id_/http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis/article/viewFile/999/653
Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119–131. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/329
Setiawan, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Dampak Model Project based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar. Lensa Pendas : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(2), 129–136. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.33222/jlp.v7i2.2041
Stavinibelia. (2023). Pengaruh Model Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5362–5369. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11852
Sudartik, Sutarto, & Budiarso, A. S. (2023). Pengaruh Model POGIL terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 121–134. https://doi.org/doi:https://doi.org/10.21093/twt.v10i2.6412
Sumarsono. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Tawun 1 Kabupaten Ngawi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 8(3), 39–47. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/1038
Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana.
Wena, M. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara.
Zebua, T. (2022). Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Ejaan dan Tanda Baca Dalam Menulis Pengalaman Pribadi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 320–325. https://doi.org/https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.56
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Opah Ropiah, Sinta Ningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.