Profil bahan ajar Bahasa Indonesia SMA ditinjau berdasarkan pidana hukuman

Authors

  • Lilis Lilis Indonesian education university
  • Yeti Mulyati Indonesian education university

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v6i1.8286

Keywords:

Buku , Kalimat , Paragraf , Pidana, hukum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi buku teks yang berpotensi sebagai pidana hukum. Data dalam penelitian ini adalah teks, kalimat, paragraf ataupun gambar yang terindikasi pidana hukum. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks kelas X SMA di Kota Makassar yang berjudul “Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia”. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik baca dan tenik catat. Hasil penelitian ditemukan tindak pidana berita bohong atau hoaks sebanyak 2 data, berita bohong berupa olok-olokan sebanyak 3 data. Tindak pidana berupa pencemaran nama baik berupa gambar sebanyak 1 data Tindak pidana ujaran kebencian antargolongan sebanyak 3 data.

 

Author Biography

Yeti Mulyati, Indonesian education university

Pendidikan Bahasa Indonesia

References

Arbel, Y. A. (2023). The Credibility Effect: Defamation Law and Audiences. Journal of Legal Studies, 52(2), 417–443. https://doi.org/10.1086/724220

Dawkins, M., & Sorensen, J. R. (2015). The Impact of Residential Placement on Aggregate Delinquency: A State-Level Panel Study, 1997-2011. Criminal Justice Policy Review, 26(1), 85–100. https://doi.org/10.1177/0887403414534854

East, J. (2006). The problem of plagiarism in academic culture. International Journal for Educational Integrity, 2(2). https://doi.org/10.21913/ijei.v2i2.88

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Helgesson, G., & Eriksson, S. (2015). Plagiarism in research. Getting to Good: Research Integrity in the Biomedical Sciences, 18, 91–101. https://doi.org/10.1007/s11019-014-9583-8

Kardiyasa, I. M., Dewi, A. A. S. L., & Karma, N. M. S. (2020). Sanksi Pidana Terhadap Ujaran Kebencian (Hate Speech). Jurnal Analogi Hukum, 2(1), 78–82. https://doi.org/10.22225/ah.2.1.1627.78-82

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. In Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan (JKPP) (Vol. 4). Akademia Permata.

Luksanapruksa, P., & Millhouse, P. W. (2016). Guidelines on what constitutes plagiarism and electronic tools to detect it. Clinical Spine Surgery, 29(3), 119–120. https://doi.org/10.1097/BSD.0000000000000371

Mintz, M. W., Echols, J. M., & Shadily, H. (1991). An Indonesian-English Dictionary. In Oceanic Linguistics (Vol. 30, Issue 2, p. 267). https://doi.org/10.2307/3623090

Molinedo-Quílez, M. P. (2020). Psychosocial risk factors in young offenders. Revista Espanola de Sanidad Penitenciaria, 22(3), 104–111. https://doi.org/10.18176/resp.00019

Pakpahan, R. (2017). Analisis Fenomena Hoax diberbagai Media Sosial dan Cara Menanggulangi Hoax. Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST), 1(1), 479–484. http://seminar.bsi.ac.id/knist/index.php/UnivBSI/article/view/184

Pálmadóttir, J. A., & Kalenikova, I. (2018). Hate speech ; an overview and recommendations for combating it. 1–27.https://www.humanrights.is/en/moya/news/hate-speech-an-overview-and-recommendations-for-combating-it

Prasetyo, T. (2010). Hukum Pidana. Rajawali Pers.

Prastowo, A. (2011). Panduan Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Rachul, C., Collins, B., Ahmed, M., & Cai, G. (2021). Twelve tips for designing assignments that foster independence in learning. In Medical Teacher (Vol. 43, Issue 1, pp. 75–79). https://doi.org/10.1080/0142159X.2020.1752914

Rodríguez‐ferrándiz, R. (2023). An Overview of the Fake News Phenomenon: From Untruth‐Driven to Post‐Truth‐Driven Approaches. Media and Communication, 11(2), 15–29. https://doi.org/10.17645/mac.v11i2.6315

Septyan R, F. (2022). Tindak Pidana Pencemaran Nama Baik Berdasarkan Pasal 310 Kuhp. Bureaucracy Journal : Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 2(3), 784–796. https://doi.org/10.53363/bureau.v2i3.62

Surahman, E., Sulthoni, S., Ulfa, S., Husna, A., Ramdiana, H., At Thaariq, Z. Z., Setiawan, A. B., & Qolbi, M. S. (2020). Pelatihan Micro Learning Object Berbasis TPACK bagi Guru-Guru SMA di Garut. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.17977/um050v3i1p1-14

Ulfah, D., Garim, I., & Sultan, S. (2019). Bias Gender Dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(2), 188. https://doi.org/10.26858/retorika.v12i2.8935

Widodo, C. ., & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. In PT Elex Media Komputindo. Elex Media Komputindo.

Yuliati, Y. (2012). Perlindungan Hukum Bagi Pencipta Berkaitan Dengan Plagiarisme Karya Ilmiah Di Indonesia. Arena Hukum, 5(1), 54–64. https://doi.org/10.21776/ub.arenahukum.2012.00501.7

Downloads

Published

2024-03-15