Upaya meningkatkan keterampilan menulis deskripsi dengan model pembelajaran PBL perbantuan media Porshu pada siswa kelas II SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v5i2.8229Keywords:
penelitian tindakan kelas , problem based learning , menulis deskripsi , media porshuAbstract
Penelitian dilatar belakangi dengan rendahnya keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas II. Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) perbantuan media porshu sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas II di SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bertahap dengan 2 siklus. Disetiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Subjek penelitian pada kelas II yang berjumlah 13 siswa yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Data penelitian diambil dengan observasi dan tes evaluasi. Berdasarkan pelaksanaan penelitian menunjukkan persentase ketuntasan siswa meningkat secara siknifikan pada pra siklus 15%, mengalami kenaikan pada siklus 1 menjadi 77% serta pada siklus 2 menjadi 92%. Maka, penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) perbantuan media porshu dapat dikatakan berhasil meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas II SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga.
References
Ati AP, Widiyanto S. LITERASI BAHASA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DAN MENULIS PADA SISWA SMP KOTA BEKASI. BASASTRA. 2020;9 No.1:105–13. https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17778
Putri D, Elvina E. Penerapan metode game’s untuk meningkatkan keterampilan menulis dan karakter siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Bahastra. 2019;39(2):9. https://doi.org/10.26555/bahastra.v39i2.13801
Trianggoro IRW, Koeswanti HD. Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah (Gelis) di Sekolah Dasar. J Ilm Pendidik Profesi Guru. 2019;Vol. 4 No. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989
Mailani O, Nuraeni I, Syakila S, Jundi Lazuardi. Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. KAMPRET J. 2022;1 No.2. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Kurniawan PY, Nurpratiwiningsih L, Rahayu T, Fitri N, Ulwiyah, Daryati E, et al. Pelatihan Menulis Deskripsi dengan menggunakan Media Gambaruntuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter. JAMU J Abdi Masy UMUS. 2021;1 No.2:37–43. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.347
Destiana D, Saddhono K. Keterampulan Berbahsaa Menulis Karangan Deskripsi. Universitas Sebelas Maret; 2019.
Prabowo A, Indrawati J, Amrii U. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Menggunakan Media Gambar Flash Card dengan Pendekatan Saintifik Kelas II. J Pendidik Tambusai. 2021;Vol. 5 No. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1376
Susmita N. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGUNAKAN MEDIA AUDIO VIDEO PADA SISWA KELAS X SMK PI AMBARUKMO 1. Ensiklopedia J. 2019;1 No.3:205–11.
Novianti A, Bentri A, Ahmad Zikri. PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR. J Basicedu. 2020;4 No.1:194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323
Nurkhasanah D, Wahyudi EI. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis SIswa Kelas V SD. Satya Widya. 2019;Vol. 35 No. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p33-41
Putri CK, Koeswanti HD. Karuta Ceria: Media Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran APACIN untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa. J Ilm Pendidik dan Pembelajaran. 2022;Vol. 6 No. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.49425
Istiqomah WN, Iswara prana D, Ibrahim T. Metode Permainan Bahasa untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis di Sekolah Dasar. Metod Didakt. 2021;17 No.1:30–4.
Safitri W, Sumardi, Muslihin HY. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERMAINAN FUN OUTBOUND MENCARI HARTA KARUN. J PAUD Agapedia. 2020;4 No.1. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27201
Sholeh A, Veryliana, Darsinah. Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Model Picture and Picture di SDN 3 Bangkleyan Kabupaten Blora. J Paedadody J Pendelitian dan Pengemb Pendidik. 2021;Vol. 8 No. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3910
Ariawan R, Kinanti Januarita Putri. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Pendekatan Visual Thinking Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII. J Res Math Learn. 2020;3, No.3:293–302. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10558
Gusrita T. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tekd Eksposisi Siswa MAN 1 Satolangun. J Pendidik guru. 2021;Vol. 2 No. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.192
Arikunto S, Suhardjono, Supardi. Penelitian Tindakan Kelas [Internet]. Suryani, editor. Jakarta: Bumi Aksara; 2021. Available from: https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Tindakan_Kelas/-RwmEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=penelitian+tindakan+kelas+suharsimi+arikunto&pg=PR4&printsec=frontcover
Farhana H, Awiria, Muttaien N. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Publisher; 2019.
Mashadi. Peningkatan Perhatian dan Hasil Belajar PKn Materi Budi Pekerti melalui Metode Pembelajaran Talking STick (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas I Semester 2 SDN Ngiyono Tahun Pelajaran 2015/2016). J Pendidik Indones Ilmuah Pendidik. 2019;Vol.5 No.1. https://doi.org/10.20961/jpi.v5i1.33816
Pratiwi DE. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi melalui Teknik Pengamatan Objek Langsung pada Siswa Kelas IV C SDN Pakis V Surabaya. Muassis Pendidik Dasar. 2023;Vol. 2 No.:18–26. https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i1.43
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tiara Ratna Sari, Henny Dewi Koeswanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.