Tindak tutur direktif guru kepada siswa kelas VIII dalam proses belajar mengajar di SMP Mandiri Jati Uwung Kota Tangerang: Kajian pragmatik

Authors

  • Adinda Nur Maulida Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Nani Solihati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v5i2.8193

Keywords:

Tindak Tutur Direktif , Belajar Mengajar , Pragmatik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperjelas macam-macam tindak tutur direktif yang diajarkan guru kepada siswa kelas VIII.  Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian, bersama dengan teknik analisis untuk pengumpulan data, reduksi, presentasi, dan pengambilan kesimpulan. Informasi penelitian disajikan kepada siswa kelas VIII berupa tindak tutur direktif oleh guru.  Temuan penelitian didasarkan pada tujuan penelitian. Peneliti menemukan tujuh jenis tindak tutur direktif yang berbeda dalam tuturan guru kepada siswa kelas VIII selama proses belajar mengajar di SMP Mandiri Jati Uwung Kota Tangerang. Jenis tindak tutur direktif yang dijelaskan ialah: (1) permintaan; (2) pertanyaan; (3) perintah; (4) larangan; (5) pemberian izin; (6) nasihat.  Bentuk tindak tutur direktif permintaan memiliki fungsi tindak tutur direktif meminta, bentuk tindak tutur direktif pertanyaan memiliki fungsi tindak tutur direktif menanya, menginterogasi, bentuk tindak tutur direktif perintah memiliki fungsi tindak tutur direktif memerintah,  bentuk tindak tutur direktif larangan memiliki fungsi tindak tutur direktif melarang,  bentuk tindak tutur direktif pemberian izin memiliki fungsi tindak tutur direktif mengizinkan, membolehkan,  bentuk tindak tutur direktif nasihat memiliki fungsi tindak tutur direktif menasihati.  Peneliti menemukan 31 data penelitian yang terdapat pada guru bahasa Indonesia total terkumpul 17 data. Sementara itu, guru mata pelajaran PPKN mengumpulkan 14 data. Didapatkan kesimpulan bahwasanya ada enam kategori yang berbeda dari tindak tutur direktif, tindak tutur direktif meminta yang paling dominan menjadi salah satunya.

References

Al Hikmah Jember I, Puji Prayekti E, Mutiah A, Wuryaningrum R, Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia P, Bahasa dan Seni J. Elok Puji Prayekti, Tindak Tutu Direktif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Islam Al Hikmah Jember (Direktif Speech Acts Teachers in Indonesian Learning Class IX SMP. 2019. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63556

Tamsir. Tindak Tutur Direktif Guru Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 5 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. 2016. http://digilibadmin.unismuh.ac.id/210

Prasetyo SA. Analisis Tindak Tutur Direktif Pada Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran di Kelas V SD KANISIUS SUMBER MAGELANG Tahun Ajaran 2017/2018. 2018. https://repository.usd.ac.id/31925/

Rismawati. Analisis Jenis Tindak Tutur Ilokusi Aktor dalam Pementasan Drama “Senja dengan Dua Kelelawar” Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar. eprints. 2018; http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9796.

Iwan Khairi Yahya untuk. Tindak Tutur Direktif dalam Interaksi Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA Negeri 1 Mlati Sleman Yogyakarta Skripsi Diajukan kepada Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. 2013. http://eprints.uny.ac.id/23286/

Musawir M. Tindak Tutur Direktif dalam Interaksi Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 6 Sidenreng Rappang. 2018. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/9792.

Hikmah. Tindak Tutur Direktif dalam Novel 5 CM Karya Donny Dhingantaro (Kajian Pragmatik). 2020.

Abdullah. A. A. Metode Penelitian Bahasa. Buku perkuliahan Program S-1 Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampe Surabaya. IAIN Press. 2017.

Hermaji, B. 2019. Teori Pragmatik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama Ibrahim, A. S. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usahan Nasional

Leech, Geofrey. 2014. Prinsip – Prinsip Pragmatik. Jakarta. Universitas Indonesia

Yule, George. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Darwis, A. (2019). Tindak Tutur Direktif Guru di Lingkungan SMP NEGERI 19 PALU: Kajian Pragmatik. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(2). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/10060

Samsu. (2017). METODE PENELITIAN: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development (Rusmini (ed.); Cetakan 1). Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Miles M.B, Huberman,A.M, dan Saldana ,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (13th ed.). Bandung: Alfabeta.

Elmita, W., & Ratna, E. (n.d.). Tindak Tutur Direktif Guru dalam Proses Belajar Mengajar di TK Nusa Indah Banuaran Padang http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/1301

Hikmah. (2020). Tindak Tutur Direktif dalam Novel 5 cm Karya Donny Dhirgantro (Kajian Pragmatik).

Rohmadi, Mohamad. 2014. Kajian Pragmatik Percakapan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. PKIP-UNS: Jurnal Paedagogia, Vol.17, No. 1 Tahun 2014.

Eki Saputri, M., & Arief, E. (2017). Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia dan respon siswa dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas IX SMP Negeri 26 Padang. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/8633

Monica, L., & Afnita, D. (2020). Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru Mata Pelajaran bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 31 Padang https://doi.org/10.24036/108203-019883. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/108203.

Najamuddin. (2018). Analisis Tindak Tutur Dalam Acara “Indonesia Lawyers Club” TV ONE. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Downloads

Published

2023-08-01