Upaya meningkatkan keterampilan menulis dalam menentukan huruf kapital dan tanda baca dengan metode resitasi perbantuan media puztaman pada siswa kelas IV SDN Kalicacing 02 Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v5i2.8093Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas , Metode resirtasi , Media puztaman, Keterampilan menulisAbstract
Penelitian tindakan kelas di kelas IV SDN Kalicacing 02 dilatar belakangi dengan rendahnya keterampilan menggunakan huruf kapital dan tanda baca. Penerapan metode Resitasi perbantuan media Puztaman sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada cerita pengalaman. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus penelitiannya memiliki 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Subjek penelitian pada kelas IV SD Negeri Kalicacing 02 yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian diambil dengan cara observasi dan tes. Berdasarkan pelaksanaan penelitian menunjukkan persentase ketuntasan peserta didik meningkat dari pra siklus sebesar 26%, mengalami kenaikan pada siklus 1 menjadi 42,1% serta pada siklus 2 menjadi 84,3%. Maka, penerapan metode Resitasi perbantuan media Puztaman dapat dikatakan berhasil meningkatkan keterampilan menulis menggunakan huruf kapitan dan tanda baca pada siswa kelas IV SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga.
References
Ali M. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sasatra (Basastra) di Sekolah Dasar. Info Singk [Internet]. 2020;VI(09):9–12. Available from: https://devjurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/article/view/4839
Amalia D. Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam. EduGlobal J Penelit … [Internet]. 2022;01(20):120–30. Available from: https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1185%0Ahttps://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/download/1185/779
Krissandi ADN dkk. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD - Google Books [Internet]. Diman T, editor. Bekasi: Media maxima. Bekasi: Penerbit Media Maxima; 2018. 137 p. Available from: https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_Bahasa_Indonesia_untuk_SD/8-ZMDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&kptab=overview
Nduru M, Sinaga MM, Sinaga LC, Waruwu E. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Fabel Dengan Menggunakan Model Picture and Picture Di Kelas Vii Smp Global Prima National Plus School Tahun Pelajaran 2018/2019. J Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) [Internet]. 2019;1(1):27–35. Available from: http://journal2.uad.ac.id/index.php/genre/article/view/1057
Putri HK. Peningkatan Kemampuan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Menulis Karangan Sederhana melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) [Internet]. Vol. 561, Progress in Retinal and Eye Research. Universitas Sebelas Maret, Surakarta; 2019. Available from: https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/30170
Shara AW. Analisis Kemampuan Menentukan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 161 Pekanbaru. 2019;3(2):1–23. Available from: https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/view/6658
Handayani ES, Subakti H. Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn 027 Samarinda Ulu. J Basataka [Internet]. 2020;3(2):81–9. Available from: http://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/90
Tamara B, Naufal D, Ismail RB, Pradani RA. Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca pada Media Sosial Resmi Universitas Ahmad Dahlan. 2020;2(1):22–9. Available from: https://www.jurnal.unikal.ac.id/index.php/parafrasa/article/view/1057
Ariyanti R. Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Baca, dan Penulisan Kata pada Koran Mercusuar. J Bhs dan Sastra [Internet]. 2019;4(4):12–28. Available from: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12178/9361
Putri CK, Koeswanti HD. Karuta Ceria : Media Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran APACIN Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa. 2022;6:236–48. Available from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/49425
Niswara, Rika., Muhajir., Untari MFA. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Mimb PGSD Undiksha [Internet]. 2019;7(2):85–90. Available from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17493
Saputra N dkk. Penelitian Tindakan Kelas [Internet]. 1st ed. Arif M, editor. Kab. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini; 2021. 186 p. Available from: https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Tindakan_Kelas/zeM3EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=penelitian+tindakan+kelas&printsec=frontcover
Arikunto S, Suhardjono, Supardi. Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara; 2021.
Hanifah N. Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya [Internet]. 1st ed. Julia, editor. Bandung: UPI Press; 2014. 86 p. Available from: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=SQVKDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=buku+arikunto+penelitian+tindakan+kelas&ots=jMJnVzP6us&sig=lrXDJu580I6ljV52GvaZSWBKvaE&redir_esc=y#v=twopage&q&f=true
Al-falah YM, Khadijah I. Penggunaan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. J Pendidik Indones Teor Penelitian, dan Inov [Internet]. 2022;2(1). Available from: http://www.jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/view/188/99
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fath Anissa Husnaeny, Henny Dewi Koeswanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.