Penerapan metode pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan membaca pemahaman pada siswa kelas III SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga

Authors

  • Romadoni Nafisah Universitas Kristen Satya Wacana
  • Henny Dewi Koeswanti Pendidikan Profesi Guru, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v5i2.8092

Keywords:

PTK , SQ3R , Keterampilan membaca pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas III. Penerapan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Resite, Review) sebagai upaya peningkatan kemampuan  membaca pemahaman pada siswa kelas III di SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bertahap dengan 2 siklus. Disetiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Metode pembelajaran SQ3R dilaksanakan pada siklus 1 dan siklus 2. Pada setiap siklus guru menerapkan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan langkah SQ3R. Langkah-langkah SQ3R diawali dengan survey yaitu membaca ulasan, question yaitu bertanya tentang bacaan, read yaitu membaca keseluruhan, resite yaitu menjawab pertanyaan, kemudian review yaitu mencatat apa yang penting dalam bacaan dan membacanya kembali.  Subjek penelitian pada kelas III yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 3 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Data penelitian diambil dengan observasi dan tes membaca pemahaman. Observasi dilakukan oleh observer untuk mengetahui keefektifan penerapan metode SQ3R di dalam kelas, sedangkan tes membaca pemahaman dilakukan dengan mengacu pada rubrik keterampilan membaca pemahaman. Berdasarkan pelaksanaan penelitian menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik meningkat secara signifikan pada pra siklus 20%, mengalami kenaikan pada siklus 1 menjadi 53% serta pada siklus 2 menjadi 80%. Maka, penerapan SQ3R dapat dikatakan berhasil meningkatkan kemampuan membaca pemhaman pada siswa kelas III SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga.

References

Handayani P, Koeswanti HD. Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. J Basicedu [Internet]. 2020;4(2):396–401. Available from: https://jbasic.org/index.php/basicedu

Damai A, Krissandi S, Widharyanto B, Dewi RP. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD. Media Maxima; 2017. 888 p.

Apriliani IN, Hermawan R, Heryanto D. PENERAPAN METODE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR [Internet]. Vol. II, JPGSD. 2019. Available from: http://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/index

Ambarita RS, Wulan NS, Wahyudin D. Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF J ILMU Pendidik [Internet]. 2021 Jul 4;3(5):2336–44. Available from: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/836

Siti Fani Muliawanti1*, Arsyi Rizqia Amalia2, Iis Nurasiah3, Ela Hayati 4 T. ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. J Cakrawala Pendas [Internet]. 2022;8. Available from: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/2605

Habibah LC, Muftianti A. Pembelajaran keterampilan membaca pemahaman teks narasi pada siswa kelas v sd dengan menggunakan metode sq3r. 2020;3(6):327–34.

Maesaroh S. SQ3R MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NONFIKSI. Indones J Educ Learn. 2021 Apr 1;4(2):469.

Wulandari RR, Gunayasa IBK, Jaelani AK. Pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap Keterampilan Membaca Kritis Siwa Kelas IV SDN Gugus IV Praya. J Ilm Profesi Pendidik. 2021 Dec 9;6(4):582–7.

Deva Tri Nuryani G, Trio Pangestu W, Rias Wana P, Guru Sekolah Dasar STKIP Modern Ngawi P. PENGARUH PENGGUNAAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITED, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS 4 SDN TAMBAKROMO 1 GENENG. Pendas J Ilm Pendidik Dasar [Internet]. 2022; Available from: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/5383

Kirana Dewi D, Setiawan H, Makki M. Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Rumak Tahun Pelajaran 2020/2021. J Ilm Widya Pustaka Pendidik. 2021;9(1):44–51.

Amaniarsih DS. PEMAHAMAN SISWA SMA HARAPAN 1 MEDAN MELALUI PENERAPAN METODE. 2022;

Harefa T. Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode SQ3R dengan Media Gambar. J Edumaspul [Internet]. 2021;5(1):658–64. Available from: https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/2125

S. Arikunto, Suhardjono S. Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarrta: PT. Bumi Aksara; 2021.

Hanifah N. Memahami Penelitian Tindakan Kelas : Teori dan Aplikasinya. 1st ed. Julia, editor. Bandung: UPI Press; 2014. 86 p.

Sunarto. PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE THE LEARNING CELL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 40 TOMBO-TOMBOLO KABUPATEN JENEPONTO. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR; 2020.

Downloads

Published

2023-08-03