Metode pembelajaran SAS berbantukan media UBI untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v5i2.8091Keywords:
penelitian tindakan kelas , keterampilan membaca permulaan , metode pembelajaran SAS , media UBIAbstract
Penelitian dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I. Penerapan metode SAS berbantukan media UBI sebagai upaya peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kela I di SD Negeri Kalicacing 02. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bertahap dengan 2 siklus. Setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Subjek penelitian pada kelas I yang berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Data penelitian diambil dengan observasi dan tes membaca permulaan. Berdasarkan pelaksanaan penelitian menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik meningkat secara siknifikan pada pra siklus 20%, mengalami kenaikan pada siklus 1 menjadi 50% serta pada siklus 2 menjadi 80%. Oleh karena itu, penerapan metode pembelajaran SAS berbantukan media UBI dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I.
References
Widyantara I, Rasna I. Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. J Pendidik dan Pembelajaran Bhs Indones [Internet]. 2020;9(2). Available from: https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id
Agustina RC, Koeswanti HD. Pengembangan Media Pembelajaran Bucergam untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar. J BASICEDU [Internet]. 2022;6(5). Available from: https://jbasic.org/index.php/basicedu
Eskris Y, Koeswanti HD. Media Pop-Up Book Berbasis Model Pembelajaran APACIN Meningkatkan Kemampuan Kefasihan Membaca Siswa. Mimb PGSD Undiksha [Internet]. 2022;10(3). Available from: https://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3
Rahmi SI, Kusuma YY, Aprinawati I. Improving Beginning Reading Skills Using Structural Analytic Synthetic (SAS) Methods in Elementary Schools. J Edumaspul [Internet]. 2022;6(2). Available from: https://ummaspul.e-journal.id/
Ningsih IH, Winarni R, Roemintoyo. THE IMPORTANCE OF EARLY READING LEARNING IN THE FACE OF 21st CENTURY EDUCATION. AL-ASASIYYA J Basic Educ [Internet]. 2019;3(02). Available from: https://journal.umpo.ac.id/
Riyanti A. Keterampilan Membaca [Internet]. Uki, editor. Yogyakarta: K-Media; 2021. Available from: https://www.google.co.id/books/edition/KETERAMPILAN_MEMBACA/ohqeEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1#bsht=Cgdic2h3Y2hwEgQIBDAB
Wardiyati H. Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah. J PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) [Internet]. 2019;3(5). Available from: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7837
Silvia S, Sumianto PHP. Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. J Pendidik dan Konseling [Internet]. 2021;3(1). Available from: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/
Chairina I. Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas Rendah Melalui Media Big Book. AloES Al`Adzkiya Int Educ Soc [Internet]. 2020; Available from: https://aladzkiyajournal.com/index.php/AIoES/article/download/3/1
Auliya N, Sumarni, Arif TA, Herlina. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Menggunakan Metode SAS dengan Media Kartu Huruf pada Siswa Kelas 1 MIS Muhammadiyah Sibatua. J Educ [Internet]. 2023;5(04). Available from: http://jonedu.org/index.php/joe
Maimana, Rizal MS, Nurhaswinda. Penerapan Metode SAS untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. J Edumaspul [Internet]. 2021;5(2). Available from: https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr
Purnomo, Sukarjo, Hartati. PENGEMBANGAN METODE SAS BERBASIS MULTIMEDIA BERDASARKAN PARADIGMA PEMBELAJARAN ABAD 21 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SISWA KELAS 1 SEKOLAH. J Kependidikan Dasar [Internet]. 2021;11(2). Available from: https://journal.unnes.ac.id/
Almadani R, Setiabudi DI. Pengembangan Kognitif Pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Literatur Harian. SOSHUMDIK [Internet]. 2022;1(1). Available from: https://jurnal2.untagsmg.ac.id/
Koeswanti CKPHD. Karuta Ceria: Media Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran APACIN Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa. J Ilm Pendidik dan Pembelajaran [Internet]. 2022;6(2). Available from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/
Agustira S, Rahmi R. Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat SD. MUBTADI J Pendidik Ibtidaiyah [Internet]. 2022;4(1). Available from: http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/ibtida
Magdalena I, Shodikoh AF, Pebrianti AR, Jannah AW, Susilawati I. PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SDN MERUYA SELATAN 06 PAGI. Ed J Edukasi dan Sains [Internet]. 2021;3(2). Available from: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Sapriyah. MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Pros Semin Nas Pendidik FKIP [Internet]. 2019;2(1). Available from: https://jurnal.untirta.ac.id/
Dr. Rustiyarso M s., Tri Wijaya MP. Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas [Internet]. Utami, editor. Yogyakarta: Noktah; 2020. Available from: https://www.google.co.id/books/edition/Panduan_dan_Aplikasi_Penelitian_Tindakan
Arikunto S, Suhardjono, Supardi. Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara; 2021.
Andrian NL, Prihatini A. Penerapan metode SAS pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas rendah di SDN Dateng Laren. Jurna l Genre [Internet]. 2023;5(1). Available from: http://journal2.uad.ac.id/index.php/genre/index
Hanifah N. Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. 1st ed. Julia, editor. Bandung: UPI Press; 2014. 86 p.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yustalena Hartami, Henny Dewi Koeswanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.