Dampak psikologi perjodohan lelaki autis dengan wanita normal dalam novel My Autism Husband karya Ardila Yulianisa

Authors

  • Muhammad Agustian Ferdiansyah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Eggy Fajar Andalas Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v6i1.7910

Keywords:

Psikologi sastra , Dampak psikologi , Perjodohan , Autis , Novel

Abstract

Pada tahun 2021 Romancious menerbitkan sebuah novel yang berjudul My Autism Husband karya Ardila Yulianisa. Novel ini menceritakan kehidupan keluarga antara seorang laki-laki penyandang autis dengan wanita normal. Pembaca akan menemukan berbagai masalah yang berkaitan dengan psikilogi dari antar tokoh. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dampak psikologi yang terjadi karena perjodohan laki-laki autis dengan wanita normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra dengan jenis penelitian deskriptif kualifatif. Untuk menemukan data dilakukan dengan Teknik close reading digunakan untuk menemukan data dengan tepat. Data yang digunakan berupa kutipan dan narasi yang ada pada novel My autism Husband, kemudian diidentifikasi, diklasifikasikan berdasarkan dampak psikologis setelah itu dianalisis. Temuan dari penelitian ini yakni menemukan tiga dampak psikologi yaitu depresi seperti rasa bersalah, stress positif dan cemas (khawatir dan takut). Dampak psikologis yang dialami tokoh memiliki berbagai reaksi baik yang menyenangkan atau menyedihkan, Adapun reaksi yang tidak biasa karena salah satu tokoh adalah seorang penyandang autis. Hasil temuan memberikan gambaran psikologi pada seseorang normal dan penyandang autis dalam rumah tangga. Memberikan wawasan pada bidang psikologi sastra, terkait dampak psikologi pada seorang penyandang autis.

References

Asteka, P. (2018). Kajian Psikologi Sigmund Freud Dalam Novel Setetes Embun Cinta Niyala Karya Habiburrahman El Shirazy. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 8–12. https://doi.org/10.31943/bi.v3i1.22

Dariyo, A. (2008). Psikologi Perkemb Dewasa Muda (CB). Grasindo.

Davison, T. E., & McCabe, M. P. (2006). Adolescent body image and psychosocial functioning. Journal of Social Psychology, 146(1), 15–30. https://doi.org/10.3200/SOCP.146.1.15-30

Dirgayunita, A. (2016). Depresi: Ciri, Penyebab dan Penangannya. Journal An-Nafs: Kajian Dan Penelitian Psikolog, 1(1), 1–14.

Endraswara, S. (2008). Metodologi Penelitian Sastra. Media Pressindo.

Fajriyah, K., Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2017). Kepribadian Tokoh Utama Wanita Dalam Novel Alisya Karya Muhammad Makhdlori: Kajian Psikologi Sastra. Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics (CaLLs), 3(1), 1. https://doi.org/10.30872/calls.v3i1.773

G W, S., & Sundeen. (2008). Buku Saku Keperawatan Jiwa (edisi 3), alih bahasa, Achir Yani, editor Yasmin Asih. EGC.

Hanoch, Y., & Vitouch, O. (2004). When less is more: Information, Emotional Arousal and the Ecological Reframing of the Yerkes-Dodson Law. Theory & Psychology, 14(4), 427–452. https://doi.org/10.1177/0959354304044918

Hudgens, R. W. (1982). How to Help Children with Common Problems. In American Journal of Psychiatry (Vol. 139, Issue 3). https://doi.org/10.1176/ajp.139.3.379

Indah, R. N. (2015). Autisme & Gelisah.

Indrariani, E. A., & Sophia, T. C. (2018). Budaya Literasi Membaca Anak Autis SDLB. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 87. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.7976

Jarinto, K. (2010). Eustress: A Key to Improving Job Satisfaction and Health Among Thai Managers Comparing US, Japanese, and Thai Companies Using SEM Analysis. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2284310

Jeffrey S. Nevid, dkk. (2005). Psikologi Abnormal. Edisi Kelima. Jilid 1. Erlangga.

Mahmud, M. D. (1990). Psikologi Pendidikan (Vol. 148). Depdikbud Jakarta.

Melati, T. S., Warisma, P., & Ismayani, M. (2019). Analisis Konflik Tokoh Dalam Novel Rindu Karya Tere Liye Berdasarkan Pendekatan Psikologi Sastra. Parole Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 229–238.

National Institute of Mental Health (NIMH). (2000). Depression Research at the National Institute of Mental Health: An Overview at Summarized Research in to the Ciuse, Diagnosis, Prevention, and Treatment of Depression. In Department of Health and Human Service.

Nurhayani, S. Ag., SS., M. S. (2016). Emosi Malu (Shame) Dan Rasa Bersalah (Guilt) Dalam Pembelajaran Moral Anak Usia Dini. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, IV(April), 5–24.

Prawira, S. D. (2018). Karakter Tokoh Utama Pada Novel Entrok Karya Okky Madasari (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1. https://doi.org/10.25139/fn.v1i1.1092

Ratna, N. K. (2014). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra.

Rena, S. (2019). Mekanisme Respon Stres: Konseptualisasi Integrasi Islam Dan Barat. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 48–61. https://doi.org/10.19109/psikis.v5i1.3116

Sarwono. (2012). Psikologi Remaja. PT Raja Gravindo Persada.

Sawai, R. P. (2020). Meneroka Konsep Emosi Moral Rasa Malu Dan Rasa Bersalah. … Journal of Communication, Management and ….

Sugiarmin, M. (2005). Individu Dengan Gangguan Autisme.

Susatya, J. (2016). Usaha-Usaha Pasangan Pernikahan Usia Dini dalam Menggapai Keharmonisan Keluarga. Magistra, 98, 71–84.

Sutadi, R. (2004). Penanganan Dini bagi Anak Autis. In Intisari/Mei.

Utami, R. R. (2016). Konsep Diri dan Rasa Bersalah pada Anak Didik Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Kutoarjo. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 84. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.2214

Downloads

Published

2024-03-15