Penerapan metode SAS pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas rendah di SDN Dateng Laren
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v5i1.7602Keywords:
Membaca Permulaan , Metode SAS , Keterampilan MembacaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya potensi baca permulaan siswa di kelas rendah. Digunakannya metode struktural analitik sintetik (SAS) sebagai salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut pada siswa kelas rendah di SDN Dateng Laren Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah di SDN Dateng Laren Lamongan. Penelitian berjeniskan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara bertahap dalam dua siklus. Terdapat empat tahap di setiap siklus yang dalam hal ini tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Siswa kelas rendah yang terdiri atas kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 dengan total keseluruhan berjumlah 19 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa perempuan dan 9 orang siswa laki-laki sebagai objek yang diteliti. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes uji dan pendokumentasian. Hasil penelitian ditemukan bahwa potensi baca siswa kelas rendah di SDN Dateng Laren pada siklus pertama terdapat 12 orang siswa yang tuntas membaca permulaan dengan presentase mencapai 61,2% sedangkan pada siklus kedua diperoleh 16 orang siswa yang tuntas membaca permulaan dengan presentase mencapai 82,41%. Maka, dengan penerapan metode SAS untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas rendah di SDN Dateng Laren dapat dikatakan tercapai.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nova Laela Andrian, Arti Prihatini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.