Variasi bahasa dan fungsi ragam bahasa pada iklan10.10 aplikasi belanja daring dalam perspektif sosiolinguistik

Authors

  • Tika Afrilla Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yeti Mulyati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v5i1.7323

Keywords:

Variasi bahasa , fungsi ragam bahasa , belanja daring , aplikasi

Abstract

Sistem belanja daring di Indonesia semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan, mulai dari penjualan sandang, pangan, maupun papan. Berbagai aplikasi belanja daring berusaha mempromosikan produk dan jasanya dengan cara-cara yang menarik, unik, dan kreatif; termasuk dalam penggunaan bahasanya. Sumber data pada penelitian ini diambil dari aplikasi Shopee, Lazada, Blibli, Tokopedia dan Bukalapak edisi 10.10 tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analitis. Pengumpulan data dengan dokumentasi. Prosedur yang dilakukan terhadap data yaitu: 1) mengumpulkan iklan produk periode 10.10 yang ada dalam aplikasi Shopee, Lazada, Bli-Bli, Bukalapak dan Tokopedia, 2) mendata dan mencatat iklan yang menunjukkan variasi bahasa, 3) menentukan fungsi variasi bahasa yang ada pada iklan tersebut, 4) menganalisis masing- masing variasi dan fungsi bahasa,5) Mengkategorikan variasi bahasa kemudian mendeskripsikan dan menyimpulkan secara fakta sesuai dengan hasil penelitian, 6) membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan 7 data yang termasuk dalam variasi bahasa Indoglish, 1 data variasi bahasa Tiongkok, 4 data variasi bahasa gaul/slang dan variasi bahasa akronim dan singkatan sebanyak 2 data. Selanjutnya juga ditemukan fungsi ragam bahasa yaitu fungsi informatif, fungsi direktif dan fungsi membangun citra.

References

Kridalaksana.Harimurti. Kamus Linguistik. Jakarta Gramedia Pustaka Utama; 2008.

Malabar, Sayama. Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideas Publishing; 2015.

Suhardi, Basuki. Pedoman Penelitian Sosiolinguistik. Jakarta: Pusat Bahasa; 2009

Ferry, Setyo Wibowo dan Maya Puspita Karimah. Pengaruh Iklan Televisi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux (Survei Pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall). Jurnal JRMSI.3(1); 2012.

Khoiria, Ilmi. Fungsi Bahasa Iklan dalam Perspektif Genrer. Prosiding Senasbasa; 2020.

Atmawati, Dwi. Penggunaan Bahasa pada Media Sosial ( the use the language in Social Media). International Seminar Prasasti III Current Research in Linguistics, pp. 212-17; 2016.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. Sosiolinguistik: Perkenalan awal. Jakarta Rineka Cipta; 2012

Kridalaksana, Harimurti. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta Gramedia; 2017.

Oktavia, W., dan Hayati, N. Pola Karakteristik Ragam Bahasa Istilah Pada Masa Pandemi Covid 19. Tabasa Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengaarannya, 1(1), 1-15; 2020

N., Edwardus Swandy. “Bahasa Gaul Remaja dalam Media Sosial Facebook”. Jurnal

Bastra. 1(4); 2017.

Nur, Novi Anggraini dan Suhartono. Keformalan dan Fungsi Bahasa Iklan Produk di Lazada. Jurnal Bapala. 8(5); 2021.

Anjarwati, Lutfi dan Atia Sabardila. Variasi Bahasa dalam Iklan Situs Belanja Online (Shopee). Jurnal Logat. 9 (1) ; 2020.

Downloads

Published

2023-03-30