Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Micro Teaching di Pendidikan Bahasa Indonesia Unsoed
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v4i1.6143Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada mata kuliah Micro teaching di Pendidikan Bahasa Indonesia Unsoed. Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah (1) bagaimana keefektifan pembelajaran pada mata kuliah Micro Teaching di Pendidikan Bahasa Indonesia Unsoed?; (2) apa saja faktor-faktor pendukung keefektifan pembelajaran pada mata kuliah Micro Teaching di Pendidikan Bahasa Indonesia Unsoed?; dan (3) apa saja faktor-faktor penghambat keefektifan pembelajaran pada mata kuliah Micro Teaching di Pendidikan Bahasa Indonesia Unsoed? Penelitian ini dilakukan di lingkungan PBI Universitas Jenderal Soedirman. Teknik analisis data yang digunakan adalah deksriptif kkualitatif dengan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebarkan secara daring. Setelah dilakukan penelitian, secara umum ditemukan bahwa pembelajaran Micro Teaching yang dilaksanakan secara daring termasuk dalam kategori yang cukup efektif dengan berbagai faktor pendukung dan penghambat.
References
Ambarawati, M. (2016). Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Micro Teaching . JURNAL PEDAGOGIA, 80-90.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analasis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 880-889.
Hapsari, T. P., & Fitria, A. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 11-20.
Irmawan, A.-S. L. (2021, Maret 2021). Implementasi Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Microteaching Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Studi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Tahun Akademik 2019/2020 . Skripsi, pp. 1-145.
Nursapiah. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing .
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15-32.
Tambunan, W., Tampubolon, H., Sinaga, D., & Kailola, L. G. (2021). Pengaruh Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring di Yayasan Pendidikan Cawan Bethel. Jurnal Comunita Servizio, 561-566.
Tantu, Y. R., & Christi, L. Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Microteaching Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah PSAP Sains dan Teknologi . JURNAL BASICEDU, 707-715.
Widiyani, D. T., Dr. Fitri Amilia, M., & Agus Milu Susetyo, M. (2021, Juli 19). Indikator Pembelajaran Efektif Dalam Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMAN 2 Bondowoso. Skripsi, pp. 1-10.
Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 33-42.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 232-243.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Annisa Rahma Anggraeni, Nur Ajizah Khasanah, Harsal Nikmah Febias, Roni Sulistiyono, Nia Ulfa Martha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.