Patriotisme dalam Puisi Karawang Bekasi Karya Chairil Anwar dan Musikalisasi Puisi Pahlawan Bangsaku Karya Alpendi Unsaga: sebuah kajian sastra bandingan

Authors

  • Neissaroh Al Mardhiah Universitas Ahmad Dahlan
  • Yosi Wulandari Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v4i1.5573

Abstract

Patriotisme di Indonesia dan Malaysia lahir dari perlawanan dan perjuangan pahlawan di kala penjajahan. Melukiskan masa-masa itu banyak penyair yang kemudian menyairkan puisi tentang perjuangan mendapatkan kemerdekaan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan patriotisme pada puisi Karawang bekasi dan musikalisasi puisi pahlawan Bangsaku dan relevansinya di zaman sekarang.  Melalui penelitian ini diharapkan masyarakat paham akan nilai patriotisme tidak hanya dimiliki oleh pahlawan pada masanya, melainkan semua generasi perlu memiliki nilai patriotisme sebagai cerminan warga negara yang bernegara. Objek penelitian ini adalah puisi Karawang Bekasi karya Chairil Anwar dari Indonesia dan musikalisasi puisi Pahlawan Bangsaku karya Alpendi Unsaga dari Malaysia. Dua penyair tersebut berlatar belakang sebagai masyarakat dari bangsa yang terjajah pada masanya, yang akan menjadi bahan pertimbangan penelitian ini. Metode yang digunakan adalah metode  komparatif dengan pendekatan kajian sastra bandingan. Hasil penelitian ini adalah adanya relasi sejarah penjajahan yang melatarbelakangi sehingga ditemukan persamaan pada kedua puisi, yaitu adanya kesamaan nilai petriotisme. Patriotisme yang ditemukan adalah gugurnya pahlawan melawan penjajah, kerelaan pahlawan berkorban untuk bangsa atau negaranya, dan mengenang jasa pahlawan sebagai bagian dari bangsa.  

 

References

Damayanti S. Perempuan Dalam Puisi Cinta Shuntaro Tanikawa Dan W.S. Rendra: Sebuah Kajian Sastra Bandingan1. Jtriton Pendidik. 29 April 2018;1(1).

Mabruri Zk. Kajian Tipografi Puisi-Puisi Indonesia. 2020;03(1).

Purnomo, Danang Try. Makna Ideasional Dalam Sajak-Sajak Chairil Anwar Bertema Patriotik. 2016.

Suasridewi Dg. Analisa Nilai-Nilai Patriotisme Dalam Film Tjokroaminoto Untuk Menumbuhkan Semangat Patriotisme Generasi Muda. 2021;4(1).

Anwar, Chairil. Aku Ini Binatang Jalang. Cetakan Pertama. Gramedia; 2011.

Seruni Ys, Purnawati Dmo, Pageh Im. Peristiwa Rawagede Pada Masa Agresi Militer Belanda I Di Desa Balongsari, Rawamerta, Karawang Dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di Sma. Jurnal Pendidikan Sejarah. 2021;9(13).

Ramli Mr, Abdullah Ms, Samsi Ah, Azzis Msa. Pengetahuan Dan Pengamalan Nilai Patriotisme Dalam Kalangan Masyarakat Peribumi Di Sabah. 2020;26(20).

Muslim N, Alias J. Patriotisme: Konsep Dan Pelaksanaannya Di Malaysia. Seminar Antarabangsa Nilai Dalam Komuniti Pasca Modenisme (Sivic 2004). 2004.

Hussain Tprs, Nasarah Sa, Othman Z. Pembinaan Bangsa Malaysia (1): Kajian Empirikal Tahap Patriotisme Belia. Malaysian Journal Of Society And Space. 2017;12(10).

Faturohmah S. Hubungan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Kemampuan Musikalisasi Puisi. 2020;9(3).

Junaidi J, Dawam Za, Sareya R. Elemen Patriotisme Dalam Filem Mat Salleh Pahlawan Sabah (1983) Elements Of Patriotism In The Film Mat Salleh Pahlawan Sabah (1983). 2021;11(1).

Patriotisme dalam puisi

Downloads

Published

2022-03-30