Analisis keterampilan menulis teks negosiasi dengan metode quantum learning
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v3i2.4807Keywords:
Writing Skill, Negotiation Text, Quantum LearningAbstract
Negotiation text is a text that contains a bargain which aims to reach an agreement between two parties who have common interests. This study aims to determine the form of the structure of the negotiating text, namely the form of orientation, request, fulfillment, offer, approval, purchase, closing. This research is a qualitative descriptive study using a case study approach with 23 students as subjects. The results showed that the tenth grade students of MA Asy-Syukuriyah wrote the structure of the negotiating text on the orientation, request, fulfillment, offer, approval, purchase, closing sections categorized as very good. The conclusion of this study is that users of the quantum learning method can make students write negotiating texts well.References
[1] Ria S. Hubungan minat baca dan motivasi belajar dengan keterampilan menulis berita siswa kelas viii Smp Negeri 24 Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 2(1), 29-37. 2014. Retrieved from http://103.216.87.80/index.php/bsp/aticle/view/4979
[2] Gafar A, dan Aritonang A. Pengaruh model quantum learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas x akuntansi Smk Negeri Negeri 2 kota Jambi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 122-132. 2020. Retrieved from http://aksara.unbari.ac.id/index.php/asara/article/view/126
[3] Qalbi UN, dkk. Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments dalam keterampilan menulis bahasa jerman siswa kelas xii ipa Sma Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(1), 67-72. 2017. Doi https://doi.org/10.26858/ijes.v20i1.42
[4] Nurbaiti A, Supriyono and Hastuti. Kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas x tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 1-15. 2019. Retrieved from http://www.stkipgribl.ac.id/eskripsi/inex.php/warahan/article/view/212
[5] Syarifudin AS. Problematika pembellajaran teks negosiasi di Smkn 3 Malang ditinjau dari segi rencana pelaksanaan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra indonesia, 4(2), 65-70. 2019. Retrieved from https://journal.trunojoyo.ac.id/metalinua/article/view/6132
[6] Qhadafi MR. Analisis kesalahan penulisan ejaan yang disempurnakan dalam teks negosiasi siswa Sma Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(4). 2018. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.pp/BDS/article/view/10525
[7] Ardeni MS, Suandi N, and Utama DGB. Pembelajaran mengonversi teks negosiasi siswa kelas x Sma Negeri 1 Seririt dengan penerapan metode bermain peran. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2). 2018. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.hp/JJPBS/article/view/14975
[8] Mascita DE, Pujiatna T, and Kuntari RP. Model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis teks negosiasi berbantuan media video pada kelas x sma. Jurnal Tuturan, 9(1), 32-38. 2020. Retrieved from http://jurnal.unswagati.ac.id/index.ph/jurnaltuturan/article/view/3638
[9] Muthowiatin AN, Sutrimah and Hasanuddin C. Penerapan metode quantum: bagaimana siswa menulis teks negosiasi?. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 35-47. 2020. Retrieved from http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/indx.php/tabasa/article/view/2590
[10] Dewi PNS, Suandi N, and Yasa N. Implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi berdasarkan kurikulum 2013 di kelas xb akuntansi Smk Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1). 2015. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.hp/JJPBS/article/view/5058
[11] Rojiati. Penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi bagi siswa Sma Negeri 2 Labuapi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 150-158. 2020. Retrieved from http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.phpjtp/article/view/3063
[12] Dhania ER. Anam S, and Awalludin. Kemampuan dan kesulitan siswa kelas x Sma Negeri 3 OKU dalam menulis teks negosiasi. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 122-132. 2019. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jrnaldiksa/article/view/10099
[13] Qalsum U. Penerapan metode quantum learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii.a Smp Pesantren datok sulaiman palopo khususnya pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2). 2018. Doi http://dx.doi.org/10.30605/onoma.4.2.2018.1119
[14] Meida P, Misdalina, and Surmilasari N. Metode quantum learning dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Smp Negeri 5 Sekayu. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 179-188. 2020. Retrieved from https://jurnal.univpgripalembang.ac.idindex.php/indiktika/article/view/4153
[15] DePorter B, and Hernacki M. Quantum Learning. Bandung: Kaifa. Mizan Pustaka. 2015;
[16] Hidayah RN, Darmuki A, and Hasanudin C. Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode quantum learning dan media video pada siswa kelas x ipa i Sma Negeri 2 Blora tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Linnguistik, Sastra, dan Pendidikan, 4(1). 309-320. 2019. Retrieved from http://ejournal.unwmataram.ac.id/tredi/article/view/152
[17] Lestari I. Penerapan model pembelajaran mind mapping dalam metode quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 231-239. 2018. Retrieved from http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/5
[18] Novitasari H, Sutrimah, and Hasanudin C. Analisis keterampilan menulis teks drama dengan pembelajaran quantum. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 179-190. 2020. Retrieved from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/237
[19] Hasanudin C ,and Asror AG. Efektivitas model pembelajaran quantum learning dengan media aplikasi bamboomedia bmgames apps terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 Mi se-Kecamatan Kedungadem. Jurnal Pendidikan, 6(2), 150-159. 2017. Retrieved from http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/907/0
[20] Mamik. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo. Zifatama Jawara. 2015;
[21] Miles dan Huberman dalam Della PO. Penerapan metode komunikasi non verbal yang dilakukan guru pada anak-anak autis di Yayasan Pelita Bunda Therapy Center Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 2(4), 114-128. 2014. Retrieved from https://ejournal.ilkom.fisipunmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/2014/11/jurnal%20Della%2015%20lembar%20new%20(11-14-14-12-46-33).pdf
[22] Rahman T. Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang. Pilar Nusantara. 2017;
[23] Osmimi. Peningkatan keterampilan menulis teks negosiasi menggunakan model cooperative learning tipe circ kelas x ips 5 Sma Negeri 4 Bukittinggi. Jurnal Akrab Juara, 3(3), 158-165. 2018. Retrieved from http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjara/article/view/325
[24] Mahsun. Teks dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers. 2014;
[25] Riyanto A. Hukum bisnis Indonesia. Kepulauan Riau: Batam Publisher. 2018;
[26] Nabillah. Tekun berbahasa Indonesia. Sukabumi: Farha Pustaka. 2020;
[27] Sutarno. Cermat berbahasa Indonesia : suplemen materi bahasa Indonesia. Jawa Barat: CV Jejak. 2019;
[28] Bancin JB. Citra merk dan word of mouth (peranannya dalam keputusan pembelian mobil, nissan grand livina). Surabaya: CV. Jakad Media Publishing. 2019;
[29] Septian A. Problematika pembelajaran teks negosiasi di SmkN3 Malang ditinjau dari segi rencana pelaksanaan pembelajaran. 2019;
[2] Gafar A, dan Aritonang A. Pengaruh model quantum learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas x akuntansi Smk Negeri Negeri 2 kota Jambi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 122-132. 2020. Retrieved from http://aksara.unbari.ac.id/index.php/asara/article/view/126
[3] Qalbi UN, dkk. Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments dalam keterampilan menulis bahasa jerman siswa kelas xii ipa Sma Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(1), 67-72. 2017. Doi https://doi.org/10.26858/ijes.v20i1.42
[4] Nurbaiti A, Supriyono and Hastuti. Kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas x tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 1-15. 2019. Retrieved from http://www.stkipgribl.ac.id/eskripsi/inex.php/warahan/article/view/212
[5] Syarifudin AS. Problematika pembellajaran teks negosiasi di Smkn 3 Malang ditinjau dari segi rencana pelaksanaan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra indonesia, 4(2), 65-70. 2019. Retrieved from https://journal.trunojoyo.ac.id/metalinua/article/view/6132
[6] Qhadafi MR. Analisis kesalahan penulisan ejaan yang disempurnakan dalam teks negosiasi siswa Sma Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(4). 2018. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.pp/BDS/article/view/10525
[7] Ardeni MS, Suandi N, and Utama DGB. Pembelajaran mengonversi teks negosiasi siswa kelas x Sma Negeri 1 Seririt dengan penerapan metode bermain peran. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2). 2018. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.hp/JJPBS/article/view/14975
[8] Mascita DE, Pujiatna T, and Kuntari RP. Model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis teks negosiasi berbantuan media video pada kelas x sma. Jurnal Tuturan, 9(1), 32-38. 2020. Retrieved from http://jurnal.unswagati.ac.id/index.ph/jurnaltuturan/article/view/3638
[9] Muthowiatin AN, Sutrimah and Hasanuddin C. Penerapan metode quantum: bagaimana siswa menulis teks negosiasi?. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 35-47. 2020. Retrieved from http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/indx.php/tabasa/article/view/2590
[10] Dewi PNS, Suandi N, and Yasa N. Implementasi pembelajaran menulis teks negosiasi berdasarkan kurikulum 2013 di kelas xb akuntansi Smk Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1). 2015. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.hp/JJPBS/article/view/5058
[11] Rojiati. Penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi bagi siswa Sma Negeri 2 Labuapi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 150-158. 2020. Retrieved from http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.phpjtp/article/view/3063
[12] Dhania ER. Anam S, and Awalludin. Kemampuan dan kesulitan siswa kelas x Sma Negeri 3 OKU dalam menulis teks negosiasi. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 122-132. 2019. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jrnaldiksa/article/view/10099
[13] Qalsum U. Penerapan metode quantum learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii.a Smp Pesantren datok sulaiman palopo khususnya pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2). 2018. Doi http://dx.doi.org/10.30605/onoma.4.2.2018.1119
[14] Meida P, Misdalina, and Surmilasari N. Metode quantum learning dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Smp Negeri 5 Sekayu. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 179-188. 2020. Retrieved from https://jurnal.univpgripalembang.ac.idindex.php/indiktika/article/view/4153
[15] DePorter B, and Hernacki M. Quantum Learning. Bandung: Kaifa. Mizan Pustaka. 2015;
[16] Hidayah RN, Darmuki A, and Hasanudin C. Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode quantum learning dan media video pada siswa kelas x ipa i Sma Negeri 2 Blora tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Linnguistik, Sastra, dan Pendidikan, 4(1). 309-320. 2019. Retrieved from http://ejournal.unwmataram.ac.id/tredi/article/view/152
[17] Lestari I. Penerapan model pembelajaran mind mapping dalam metode quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 231-239. 2018. Retrieved from http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/5
[18] Novitasari H, Sutrimah, and Hasanudin C. Analisis keterampilan menulis teks drama dengan pembelajaran quantum. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 179-190. 2020. Retrieved from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/237
[19] Hasanudin C ,and Asror AG. Efektivitas model pembelajaran quantum learning dengan media aplikasi bamboomedia bmgames apps terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 Mi se-Kecamatan Kedungadem. Jurnal Pendidikan, 6(2), 150-159. 2017. Retrieved from http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/907/0
[20] Mamik. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo. Zifatama Jawara. 2015;
[21] Miles dan Huberman dalam Della PO. Penerapan metode komunikasi non verbal yang dilakukan guru pada anak-anak autis di Yayasan Pelita Bunda Therapy Center Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 2(4), 114-128. 2014. Retrieved from https://ejournal.ilkom.fisipunmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/2014/11/jurnal%20Della%2015%20lembar%20new%20(11-14-14-12-46-33).pdf
[22] Rahman T. Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang. Pilar Nusantara. 2017;
[23] Osmimi. Peningkatan keterampilan menulis teks negosiasi menggunakan model cooperative learning tipe circ kelas x ips 5 Sma Negeri 4 Bukittinggi. Jurnal Akrab Juara, 3(3), 158-165. 2018. Retrieved from http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjara/article/view/325
[24] Mahsun. Teks dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers. 2014;
[25] Riyanto A. Hukum bisnis Indonesia. Kepulauan Riau: Batam Publisher. 2018;
[26] Nabillah. Tekun berbahasa Indonesia. Sukabumi: Farha Pustaka. 2020;
[27] Sutarno. Cermat berbahasa Indonesia : suplemen materi bahasa Indonesia. Jawa Barat: CV Jejak. 2019;
[28] Bancin JB. Citra merk dan word of mouth (peranannya dalam keputusan pembelian mobil, nissan grand livina). Surabaya: CV. Jakad Media Publishing. 2019;
[29] Septian A. Problematika pembelajaran teks negosiasi di SmkN3 Malang ditinjau dari segi rencana pelaksanaan pembelajaran. 2019;
Downloads
Published
2021-08-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Siti Ana Nur Alfiaturrohmah, Cahyo Hasanudin, Ahmad Kholiqul Amin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.