Desain Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dalam Teks Iklan untuk Siswa Kelas VIII SMP

Authors

  • Oktavia Dhiya Rofifah Universitas Ahmad Dahlan
  • Triwati Rahayu Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v3i2.4464

Keywords:

1.Media pembelajaran, 2. Powtoon, 3. Teks Iklan.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya media pembelajaran yang kurang aktif, kreatif dan inovatif untuk penunjang proses belajar siswa agar tidak merasa bosan dan siswa mudah meminati untuk proses pembelajaran. Kelebihan media powtoon ini mencakup segala aspek indera suatu jenis media berbasis audio-visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain media pembelajaran teks iklan berbasis Powtoon untuk siswa kelas VIII SMP. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan R & D (Research and Development) di mana jenis penelitian ini merupakan metode yang biasa digunakan dalam menghasilkan suatu produk.  Hasil analisis media pembelajaran yang telah dikembangkan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan masuk ke dalam 3 tahap yaitu (analysis) yang terdiri dari analisis materi, analisis kurikulum dan analisis kebutuhan peserta didik , kedua yaitu (design) desain produk pada penelitian ini dimulai pada tahap penyusunan materi sesuai dengan KI dan KD yang telah dipilih, ketiga yaitu (development) dalam kegiatan pengembangan ini mempunyai beberapa tahap dengan menyiapkan alat dan bahan yang digunakan, mengembangkan kerangka media yang telah dibuat sebelumnya menjadi suatu produk media pembelajaran yang akan diterapkan.

References

Anggraeni Nurul. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS5 untuk SMK Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran pada Kompetensi Dasar Menguraikan Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: skripsi UNY.

Adkhar, B. I. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Kelas 2 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Labschool UNNES. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Univ. Negeri Semarang.

Anam, A. (2019). Pengembangan Pembelajaran Fisika Chanel Youtube Berbantu Aplikasi Powtoon pada Materi Suhu dan Kalor. In Repository UIN Raden Intan Lampung. Lampung: UIN Raden Intan.

Arikunto. 2003. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryanti, R. I. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Materi Pembelajaran Teks Narasi di Kelas VII SMP. Yogyakarta: UAD.

Azizah Nur. 2016. Pegembangan Media Pembelajaran Buku Bergambar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darussalamah Tajinan Malang. Malang: Madrasah Ibtidaiyah Darussalamah Tajinan.

Djamarah, Syaiful Bahri, Azwan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Durianto, Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, 2003), hal 7.

Jatiningtias, Niken Henu. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial di SMP Negeri 15 Semarang. Semarang: Skripsi UNNES.

Kosasih, E. (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS. Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. (2017). Buku Guru Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS. Kelas VIII. Jakarta; Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kustiono. 2010. Media Pembelajaran : Konsep,Nilai Edukatif, Klasifikasi,Praktek Pemanfaatan dan Pengembangan. Semarang: UNNES Press

Luxemburg, Jan Van. Tentang Sastra. Jakarta: Intermasa, 1989.

Mulyatiningsih. 2019. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Penerbit: Alfabeta, Bandung.

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Nurafifah Siti. 2019. Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII-6 SMP N 87 Jakarta tahun Pembelajaran 2018/2019. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfhabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik. Bandung; Alfabeta.

Tsur. 2019. Penerapan Media Virtual Powtoon dengan Recitation Method terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat SMP N 16 Bulukumba. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Warsita Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Reneka cipta.

Widodo, Ihsan Kabul. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Website Berbasis Responsive Web Design (RWD) Mata Pelajaran Ekonomi untuk Materi Pasar Modal Kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA). Yogyakarta: skripsi UNY.

Widyoko, E. P. 2018. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-08-31