Analisis elemen penyebab konflik batin tokoh utama (perspektif psikoanalisis Freud) dan relevansinya sebagai bahan ajar sastra di SMA

Authors

  • Bayu Suta Wardianto Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Umi Khomsiyatun Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.3918

Keywords:

Konflik Batin Tokoh Utama Cerpen Bahan Ajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan elemen penyebab suatu konflik batin tokoh utama muncul dalam sebuah karya sastra dan relevansinya sebgai bahan ajar di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini diambil dari kumpulan cerpen Ratih Kumala yang berjudul Bastian dan Jamur Ajaibnya. Hasil penelitian ini diperoleh sebuah konstruksi mengenai eleman penyebab konflik batin tokoh utama. Dari sampel yang diteliti diperoleh hasil bahwa adanya penyebab konflik batin pada tokoh utama dipengaruhi dan didominasi akibat adanya faktor ekternal. Hasil penelitian ini dapat dijadikan kontribusi dan digunakan dalam proses pembelajaran khusunya pembelajaran di SMA sebagai salah satu bahan ajar pembelajaran sastra baik dari aspek bahasa, aspek latar budaya dan aspek psikologis.

References

Aminuddin. 2003. Pengantar Apresiasi Karya Sasrta. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.
Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.
Jari, Darma. 2016. Cara Mudah Belajar dan Mengajarkan Sastra. Serang: Laksita.
Kumala, Ratih. 2014. Bastian dan Jamur Ajaib. Jakarta: Gramedia Pusaka Utama.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Minderop, Albertine.2013. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Moleong, Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Muis, Saludin. 2009. Kenali Kepribadian Anda dan Permasalahannya dari Sudut Pandang Teori Psikoanalisa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rahmanto. 2005. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumardjo dan Saini. 1986. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
Tarigan, Henry Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Teeuw, A. 2015. Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Downloads

Published

2021-04-08