Aspek-aspek stilistika novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA

Authors

  • Wahyu Astuti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Bagiya Bagiya Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Joko Purwanto Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v3i1.3744

Keywords:

Kata kunci, stilistika, kebahasaan, novel, RPP.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) diksi, majas, dan citraan dalam novel Bumi Cinta; (2) rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Objek penelitian ini adalah aspek-aspek stilistika novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nota pencatat data beserta alat tulisnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) kajian diksi meliputi kosakata bahasa Inggris, kosakata bahasa Arab, dan kosakata bahasa Jawa; majas pada novel Bumi Cinta berkaitan dengan majas personifikasi dan majas simile; dan citraan pada novel Bumi Cinta berkaitan erat dengan citra penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan, dan pencecapan; (2) rencana pelaksanaan pembelajaran kebahasaan novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy pada siswa SMA dilakukan dengan model pembelajaran Jigsaw. RPP ini disesuaikan dengan KD. 3.9. Menganalisis isi dan kebahasaan novel yang terdiri atas penyampaian materi tentang diksi, majas, dan citraan; menganalisis diksi, majas, dan citraan dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy; menyusun data-data tersebut menjadi narasi cerita; memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan hasil diskusi ke depan kelas; dan melakukan evaluasi.

References

Azizah, Nurul Ririn, Bagiya, dan Umi Faizah. 2018. Analisis Gaya Bahasa Novel Hujan Karya Tere Liye dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya pada Siswa Kelas XII SMA. Jurnal Surya Bahtera . 6, (51). Universitas Muhammadiyah Purworejo.

El Shirazy, Habiburrahman. 2019. Bumi Cinta. Jakarta: Republika.

Kurniastuti, Dwi, Bagiya, Rizqiana. 2017. Analisis Gaya Bahasa Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA. Jurnal Surya Bahtera. 5, (44). Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Mujiono, Dedik, Bagiya, dan Khabib. 2017. Analisis Bahasa Kiasan Novel

Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA. Jurnal Surya Bahtera. 5, 48. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhayati. 2012. Pengantar Ringkas Teori Sastra. Yogyakarta: Media Perkasa.

Sehandi, Yohanes. 2014. Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Setyorini, Nurul. 2014. Aspek-Aspek Stilistika Novel Lalita Karya Ayu

Utami. Jurnal Bahtera. 1, (2), 21-33. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman. J. 2011. Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: UNS Press.

Downloads

Published

2021-09-04