Aspek-aspek stilistika novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA

Wahyu Astuti, Bagiya Bagiya, Joko Purwanto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) diksi, majas, dan citraan dalam novel Bumi Cinta; (2) rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Objek penelitian ini adalah aspek-aspek stilistika novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nota pencatat data beserta alat tulisnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) kajian diksi meliputi kosakata bahasa Inggris, kosakata bahasa Arab, dan kosakata bahasa Jawa; majas pada novel Bumi Cinta berkaitan dengan majas personifikasi dan majas simile; dan citraan pada novel Bumi Cinta berkaitan erat dengan citra penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan, dan pencecapan; (2) rencana pelaksanaan pembelajaran kebahasaan novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy pada siswa SMA dilakukan dengan model pembelajaran Jigsaw. RPP ini disesuaikan dengan KD. 3.9. Menganalisis isi dan kebahasaan novel yang terdiri atas penyampaian materi tentang diksi, majas, dan citraan; menganalisis diksi, majas, dan citraan dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy; menyusun data-data tersebut menjadi narasi cerita; memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan hasil diskusi ke depan kelas; dan melakukan evaluasi.

 


Keywords


Kata kunci: stilistika, kebahasaan, novel, RPP.

Full Text:

PDF

References


Azizah, Nurul Ririn, Bagiya, dan Umi Faizah. 2018. “Analisis Gaya Bahasa Novel Hujan Karya Tere Liye dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya pada Siswa Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera . 6, (51). Universitas Muhammadiyah Purworejo.

El Shirazy, Habiburrahman. 2019. Bumi Cinta. Jakarta: Republika.

Kurniastuti, Dwi, Bagiya, Rizqiana. 2017. “Analisis Gaya Bahasa Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera. 5, (44). Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Mujiono, Dedik, Bagiya, dan Khabib. 2017. “Analisis Bahasa Kiasan Novel

Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera. 5, 48. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhayati. 2012. Pengantar Ringkas Teori Sastra. Yogyakarta: Media Perkasa.

Sehandi, Yohanes. 2014. Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Setyorini, Nurul. 2014. “Aspek-Aspek Stilistika Novel Lalita Karya Ayu

Utami”. Jurnal Bahtera. 1, (2), 21-33. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman. J. 2011. Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: UNS Press.




DOI: https://doi.org/10.26555/jg.v3i1.3744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wahyu Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JURNAL GENRE
e-ISSN 2716-2613
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Ringroad Selatan, dk Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia


View Genre Stats