Analisis kesalahan ejaan pada Jurnal Imajeri Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Authors

  • Christiana Risang Pratikasari Universitas sebelas Maret
  • Elma Nazlah Khairani Universitas sebelas Maret
  • Syarafina Khanza Digananda Universitas sebelas Maret
  • Chafit Ulya Universitas sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.3296

Keywords:

Kesalahan berbahasa., Ejaan bahasa Indonesia., Artikel jurnal

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kesalahan bahasa pada Jurnal Imageri Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Penelitian ini menggunakan tiga artikel ilmiah sebagai sumber data yang dimuat dalam Jurnal Imajeri. Data kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia dalam penelitian terdiri dari kesalahan penggunaan huruf, tanda baca, penulisan kata, dan kesalahan penulisan kata pinjaman yang terdapat pada artikel ilmiah. Artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik baca-catat untuk setiap kesalahan yang ditemukan. Hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan sebanyak 29 kesalahan ejaan yang terdiri dari 12 kesalahan data penggunaan huruf, 9 kesalahan tanda baca, 8 kesalahan penulisan kata, dan kesalahan penulisan kata kunci tidak ditemukan. Hasil ini membuktikan bahwa artikel jurnal ilmiah bidang bahasa dan sastra Indonesia pun tidak lepas dari kesalahan ejaan. Oleh karena itu, penguasaan aturan ejaan dalam bahasa Indonesia tetap perlu ditingkatkan.

Author Biography

Christiana Risang Pratikasari, Universitas sebelas Maret

Mahasiswa semester 5 pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia

References

Amalia, N. dan S. Yulianigsih. (2020). Kajian Psikologis Humanistik Abraham Maslow pada Tokoh Utama dalam Novel Surat Dahlan Karya Khrisna Pabichara. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, 2(2), 149-156.

Amalia, N., Sukardi dan T. Ellies. (2018). Interferensi Bahasa Betawi dalam Novel Tabula Rasa Karya Ratih Kumala (Suatu Tinjauan Sosiolinguistik). Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, 1(1), 25-33.

Ariana, S. (2012). Kesalahan Penggunaan Ejaan yang Disempurnakan dalam Karya Ilmiah Dosen Universitas Bina Darma. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 5(2), 53-62.

Ariyanti, R. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Baca, dan Penulisan Kata pada Koran Mercusuar. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(4), 12-28.

Gunawan, H. I. dan S. Retnawati. (2017). Analisis Kesalahan Ejaan pada Makalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis, 2(2), 1-7.

Ibrahim, N. (2020). Sikap Berbahasa Komunitas Gay sebagai Informasi untuk Orang Tua dalam Menjaga Pergaulan Anak. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, 2(2), 109-118.

Kemdikbud, badan bahasa. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesi. In Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (Vol. 4). https://doi.org/10.5851/kosfa.2016.36.6.807

Kundaru, S dan Slamet, St. Y. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Ramaniyar, E. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Penelitian Mini Mahasiswa. Jurnal Edukasi (Online), 15(1), 70-80. journal.ikippgriptk. ac.id/index.php/edukasi/article/download/407/389.

Sapanti, I. R. (2019). Analisis Kesalahan Struktur Frasa Pada Karangan Berbahasa Indonesia Karya Pembelajar Tiongkok. Indonesian Language Education and Literature, 4(2), 144-157.

Sultan. (2013). Penggunaan Kalimat dalam Artikel Ilmiah Hasil Penelitian. Jurnal penelitian Pendidikan Insani (Online), 14(1), 33-38. http://eprints.unm.ac.id/13024.

Suwandi, S. (2010). Serbalinguistik (Mengupas Perlbagai Praktik Berbahasa). Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Wulandari, G. R. (2020). Pemerolehan Bahasa: Kajian Aspek Fonologi pada Anak Usia 2-3 Tahun. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, 2(2), 129-136.

Downloads

Published

2021-04-08