Penerapan media pembelajaran flashcard mengenal kata untuk anak berkebutuhan khusus di kelas inklusi

Authors

  • Ferenza Dwi Stefani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun
  • Nur Samsiyah Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.2973

Keywords:

Media pembelajaran Flashcard, Anak berkebutuhan khusus

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kelas Inklusi SDN Sumbersari 01 Kecamatan Saradan dengan tujuan : (1) Untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran flashcard mengenal kata untuk Anak Berkebutuhan Khusus di kelas inklusi SDN Sumbersari 01 (2) mendeskripsikan kelebihan  dan kekurangan pada proses pembelajaran berlangsung di Kelas Inklusi. (3) mendeskripsikan kendala yang terjadi saat proses penerapan media pembelajaran flashcard berlangsung untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas Inklusi SDN Sumbersari Penelitian ini dilaksanaka di SDN Sumbersari 01 dengan menggunakan sebuah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menari kesimpulan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah Penerapan Media Pembelajaran Flashcard Mengenal Kata Untuk Anak Berkebutuhan Khusus  Di Kelas Inklusi SDN Sumbersari 01 dapat berjalan dengan baik serta lancar, akan tetapi mengalami kendala dalam proses penerapannya dalam sebuah pembelajaran sehingga perlu mengusahakan dalam membimbing siswa secara lebih intensif agar kendala dapat diatasi

References

A.Femmy dan S.Syukur (2017) Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar pada Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra Volume 1 No.2 Agustus 2017.

Andayani, R., Ilmu, J., & Masyarakat, K. (2016). Metode Drill Bermedia Flash Card Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Tunagrahita . http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jhealthedu/

Annur, T. K., Kec, S., & Surabaya, S. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Mengenal Kata Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B Tk Annur Semolowaru Kec . Sukolilo Surabaya menanamkan nilai-nilai pada anak yang dilakukan melaksanakan pembelajaran mengenal kata tanpa mengalami kesulitan memasangkan

Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 138 “146. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.441

Arikunto. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Sinar Grafika Offset.

Buttner, Amy. 2013. Aktivitas Permainan Dan Strategi Penilaian Untuk Kelas Bahasa Asing. Jakarta: PT Indeks

Chris Dukes & Maggie Smith. (2010). Cara Menangani ABK. PT Tamaprint Indonesia.

Djaman Satori & Aan Komariah. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (ke 4, sept). Alfabeta Bandung.

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 04(01),10“18. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/download/30/30

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogyakarta: Diva Press.

Jati Rinarki Atmaja, M. P. (2018). Pendidikan dan Bimbingan ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. PT. Remaja Rosdakarya.

Maftuhatin, L., Kunci, K., Pembelajaran, E., Berkebutuhan Khusus, A., & Inklusif, K. (2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Kelas Inklusif Di Sd Plus Darul Ulum Jombang. Jurnal Studi Islam Oktober, 5(2), 1978 “306Nurul Ulfatin. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Penerapannya.

Maryanto, R. I. P., & Wulanata, I. A. (2018). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Abc Manado. Pedagogia, 16(3), 305. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.12073

Pratiwi, JC (2015) Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,November,237-242. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/download/7725/5551

Sulaimah&Hanita.(2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Kata Kelompok B Tk Persada Tenggarong. 03(02), 12 “27.

Susilana, Rudi, dan Cepi Riyana. (2009) Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Sugiyono. (2016). Metode Penlelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D

Downloads

Published

2021-04-08