Efektifitas pembelajaran daring dalam pandangan siswa SMP Negeri 1 Bantul Kelas VIII A

Authors

  • Anis Surya Trisanti Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v3i1.2920

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring), faktor-faktor pendukung serta faktor-faktor penghambat siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bantul Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket terbuka. Hasil dari penelitian ini adalah pandemi COVID-19 membawa dampak yang sangat besar terhadap proses pembelajaran, pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara langsung kini dialihkan menjadi pembelajaran daring. Ada beberapa faktor pendukung siswa dalam proses pembelajaran daring yaitu ketersediannya handphone, kuota dan jaringan internet yang stabil. Selain adanya faktor yang mendukung dalam pembelajaran daring terdapat juga beberapa faktor penghambat guru dalam pembelajaran daring. Faktor penghambat tersebut diantaranya adalah tidak semua peserta didik memiliki sinyal internet yang stabil dan kuota.

References

Bararah, I.Efektifitas Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Mudarrisuna, 7(1), 131-147. 2017.

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Tadib, 8(1), 117-140. https://doi.org/10.31332/ATDB.V8I1.396

Hendrastomo, G.Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-learning 1 (The Dilemma and the Challenge of. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4, 1-13. 2008.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. (2017)

Puspitasari, P., Sari, P., Putri, J., & Wuryani, W. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 227-232. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i2p%25p.243. 2018.

Putra, N. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Rajawali Pers. 2013.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta. 2014.

Suyono Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. PT Remaja Rosdakarya. 2016.

Downloads

Published

2021-09-04