Pengaruh afasia pada produksi ujaran dalam proses berbahasa
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v3i1.2180Keywords:
Language Disorders, Speech Production, Language ProcessAbstract
Berbahasa diperlukan kemampuan mengeluarkan kata-kata, ini berarti daerah Broca dan Wernicke harus berfungsi dengan baik. Kerusakan pada daerah tersebut dan sekitarnya menyebabkan terjadinya gangguan berbahasa yang disebut Afasia. Dalam berkomunikasi terdapat suatu proses yang harus dilakukan oleh individu yakni proses memproduksi ujaran. Untuk berkomunikasi seorang individu membutuhkan mental, proses mental ini yaitu pertama berkaitan dengan asumsi individu tentang pengetahuan interlokutor dan kedua adalah kooperatif. Tujuan proses produksi ujaran adalah untuk menghasilkan seperangkat bunyi yang digunakan untuk menyampaikan gagasan kepada orang lain. Proses Berbahasa yaitu proses produktif berlangsung pada diri pembicara yang menghasilkan kode-kode bahasa yang bermakna dan proses reseptif berlangsung pada diri pendengar yang menerima kode-kode bahasa yang bermakna.Â
References
Lee Y, Park B, James O, Kim S-G, Park H. Autism Spectrum Disorder Related Functional Connectivity Changes in the Language Network in Children, Adolescents and Adults. Front Hum Neurosci [Internet]. 2017;11:418. Available from: https://www.frontiersin.org/article/10.3389/fnhum.2017.00418
AU - Blagovechtchenski E, AU - Gnedykh D, AU - Kurmakaeva D, AU - Mkrtychian N, AU - Kostromina S, AU - Shtyrov Y. Transcranial Direct Current Stimulation (tDCS) of Wernicke’s and Broca’s Areas in Studies of Language Learning and Word Acquisition. JoVE [Internet]. 2019;(149):e59159. Available from: https://www.jove.com/t/59159
Dick AS, Garic D, Graziano P, Tremblay P. The frontal aslant tract (FAT) and its role in speech, language and executive function. Cortex [Internet]. 2019;111:148–63. Available from: https://doi.org/10.1016/j.cortex.2018.10.015
Anggraeni LAV, Tirtayani LA, Sujana IW. Pengaruh Stimulasi Wicara Dalam Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu Usia Dini Di TK Tunarungu Sushrusa Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019. J Pendidik Anak Usia Dini Undiksha. 2019;7(2):133.
de Saussure F, Baskin W, Meisel P, Saussy H. Course in General Linguistics [Internet]. Columbia University Press; 2011. Available from: https://books.google.co.id/books?id=n6VFhwfLs0gC
Darley FL. Aphasia [Internet]. W.B. Saunders Company; 1982. Available from: https://books.google.co.id/books?id=AM1rAAAAMAAJ
Nadeau SE, Rothi LJ, Crosson B. Aphasia and Language: Theory to Practice [Internet]. Guilford Publications; 2000. (Science and practice of neuropsychology). Available from: https://books.google.co.id/books?id=KnGYVdpM47kC
Orange JB, Kertesz A, Peacock J. Pragmatics in frontal lobe dementia and primary progressive aphasia. J Neurolinguistics. 1998;11(1–2):153–77.
Matchin W, Rogalsky C. Aphasia and Syntax. Handb Exp Syntax. 2020;1–53.
Kertesz A, Harlock W, Coates R. Computer tomographic localization, lesion size, and prognosis in aphasia and nonverbal impairment. Brain Lang [Internet]. 1979;8(1):34–50. Available from: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/0093934X79900385
Kadir R. Karakteristik dan Perlakuan (Treatment) Terhadap Anak Penderita Afasia. Ideas J Pendidikan, Sos dan Budaya. 2020;21(1):1–9.
Chipko N, Violita A, Malang UM. GANGGUAN BERBAHASA. 2019;3:795–802.
Lubis AA, Ikawati E. Kemampuan Berbahasa Pada Anak Penderita Tunagrahita Berat Studi Kasus: Nurhuda Surya Finingsih di SLB Negeri 1 Padang. J Kaji Gend dan Anak. 2020;2(1):1–20.
Setiyadi AC. Bahasa dan Berbahasa Perspektif Psikolinguistik. At-Ta’dib [Internet]. 2009;4(2):167–89. Available from: ejournal.unida.gontor.ac.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.