Membangun kesadaran sosial dan empati siswa melalui pembelajaran cerpen “Senyum Karyamin” karya Ahmad Tohari
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v7i2.13729Abstract
Penurunan kesadaran sosial dan empati di kalangan siswa merupakan tantangan serius dalam dunia pendidikan saat ini, terutama akibat pengaruh media sosial dan kurangnya pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pembelajaran cerpen “Senyum Karyamin” karya Ahmad Tohari dalam menumbuhkan kesadaran sosial dan empati siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan humanistik. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI di salah satu SMK Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dengan guru, observasi kelas, dan kuesioner kepada siswa. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerpen Senyum Karyamin secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami nilai-nilai sosial, merasakan penderitaan tokoh, dan mengaitkannya dengan kehidupan nyata. Sebagian besar siswa (lebih dari 90%) menunjukkan pemahaman tinggi terhadap nilai empati, solidaritas, dan keberanian dalam menghadapi keterbatasan. Selain itu, siswa mampu menunjukkan sikap empatik dalam diskusi, serta tergerak untuk berbuat kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa cerpen sebagai media pembelajaran efektif dalam mengembangkan kesadaran sosial dan empati, serta relevan untuk diterapkan dalam pendidikan karakter di sekolah menengah. Simpulan dari penelitian ini adalah Cerpen mempunyai peran besar dalam pembelajaran karakter karena mampu menyentuh sisi emosional siswa dan menumbuhkan kepekaan sosial mereka. Dari temuan ini, terlihat bahwa guru perlu lebih cermat dan bijak dalam memilih karya sastra yang relevan dengan kehidupan siswa, serta menerapkan metode pembelajaran yang bisa membangkitkan empati dan kesadaran sosial. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi landasan untuk merancang kurikulum yang lebih peduli pada nilai-nilai kemanusiaan, dengan memanfaatkan sastra sebagai sarana utama dalam menanamkan dan membentuk karakter siswa.
References
Abbas, Z. A., & Widayati, M. (2025). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Cahaya-Cahaya Kecil Karya Hasta Indriyana dan Relevansinya Dengan Profil Pelajar Pancasila. 8, 184–202.
Abute, E. La. (2019). Konsep Kesadaran Sosial Dalaam Penelitian. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 186–195.
Adrean, Arifin, Muh, Z., Paulia, S., & Windri Astuti, C. (2022). Nilai Moral Karya Sastra Sebagai Alternatif Pendidikan Karakter (Novel Amuk Wisanggeni Karya Suwito Sarjono). Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(1), 1–7.
Arifin, Z., Rosyidi, H., Tulungagung, R., & Jombang, U. T. (2020). Penerapan Pendekatan Multikultural dalam Pengajaran Sastra untuk Meningkatkan Pemahaman Antarbudaya. 6(2), 135–164. https://doi.org/10.47766/literatur.v6i2.3410
Aripin, E. Z., Asuti, T., & Suhardjono, D. W. (2024). Nilai-nilai Moral pada Cerpen Pelajaran Mengarang Karya Seno Gumira Ajidarma serta Implikasi terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 4(1), 31–35. https://doi.org/10.57251/sin.v4i1.1212
Aziza, N. (2017). Jenis dan Pendekatan Penelitian Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 45–54.
Bagus Febriana Rahmawan, Syahril Ramadhan, & Saproji Saproji. (2022). Analisis Cerpen “Lara Lana” Karya Dee Lestari Menggunakan Pendekatan Objektif Dan Mimetik. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(3), 43–56. https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.278
Bara, N. B. (2025). Eksplorasi Struktur dan Refleksi Nilai Sosial dalam Cerpen Sekotak Cinta Bersampul Koran. 1–19.
Damayanti, C. (2021). Imajinasi Untuk Merawat Kemanusiaan: Pemikiran Martha Nussbaum Dalam Pendidikan Humaniora. Studia Philosophica et Theologica, 21(1), 45–66. https://doi.org/10.35312/spet.v21i1.328
Darmawan, D., Rohayati, N., & Mulyani, S. (2024). NILAI SOSIAL DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI (Model Bahan Ajar Mengidentifikasi Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek). Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 139. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11706
Defianti, D. D. (2020). Permasalahan Sosial Dalam Karya Sastra. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 4(2), 321–330. http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo
Fauzan, M., Haryadi, H., & Haryati, N. (2021). Penerapan Elaborasi Model Flipped Classroom dan Media Google classroom Sebagai Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Abad 21. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 361. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.55779
Hanah, A., & Falasifah, F. (2023). Nilai Karakter pada Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari: Pendekatan Sosiologi Sastra. Literature Research Journal, 1(2), 137–145. https://doi.org/10.51817/lrj.v1i2.677
Harahap, S. H., Sirait, E. E., Sekar, E., Simangunsong, T., & Ramadani, F. A. (2025). Analisis Sintaks Desain Evaluasi Pembelajaran Sastra Melalui Model Project Based Learning ( PjBL ) di UPT SMP Negeri 17 Medan.
Jacob, L., & Reddy, K. J. (2024). Role of cognitive and emotional empathy in the development of social cognition among adolescents. IP Indian Journal of Anatomy and Surgery of Head, Neck and Brain, 10(1), 4–9. https://doi.org/10.18231/j.ijashnb.2024.002
Kurdi, S. M. (2024). Teaching Social and Emotional Learning to Young Learners Through Short Stories : A Conceptual Framework and Practical Guide Teaching Social and Emotional Learning to Young Learners Through Short Stories : A Conceptual Framework and Practical Guide. December. https://doi.org/10.23918/ijsses.v11i4p63
Maizura, N., Budiyono, A. L., & Bariyyah, K. (2023). Eksplorasi Tingkat Empati Siswa Sekolah Islam. 7(2).
Margawati, A. (2024). Implementasi Pendekatan Humanistik dalam Proses Pembelajaran Di Kelas 4 SDN Karangmojo II Untuk Membangun Karakter dan Potensi Siswa melalui Lingkungan Belajar yang Inklusif. 7(2), 290–299.
Mohammad Richi, Adam Pramudya Ardiansyah, Aisyah Nurrotul, & Wiwit Roikhatul. (2023). Peran Guru Sosiologi dalam Meningkatkan Kesadaran Sosial Peserta Didik di Era Transformasi Digital. Education : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.51903/education.v3i1.286
Nugroho, A., & Qomariyah, U. (2022). Analisis Nilai Sosial Dalam Cerita Pendek Pilihan Kompas 2019 Serta Kelayakannya Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra Di Smp. Kajian Linguistik dan Sastra, 7(2), 141–159. https://doi.org/10.23917/kls.v7i2.15057
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
Prasetya, K., & Wuquinnajah, Q. (2022). Analisis Reduplikasi dalam Cerpen Kejetit Karya Putu Wijaya. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.26555/jg.v4i1.5426
Pratiwi, F. E., Tristanti, R. P., & Dewi, N. K. (2023). Fenomena Perilaku Cyberbullying Pada Kalangan Siswa SMK. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling), 7(1), 121–127.
Rani Adillah, & Fitriani Lubis. (2022). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Oleh Siswa Kelas Ix Mts. Insan Cita Medan. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(2), 84–96. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.394
Rasjid, A. R., Putri, D. S., Putri, C. T., & Gatji, K. (2024). Pengembangan Sikap Positif Dalam Kesadaran Sosial Untuk Membangun Kohesi Di Masyarakat Sosiety. 317–326.
Saleh, Z. (2021). BAB III analisis 2. 1Lexy J. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007), 1, 9–25. http://repository.iainpare.ac.id/2732/
Santi, A. W., Andrianie, S., & Ariyanto, R. D. (2022). Pengembangan Skala Karakter Empati Siswa Kelas XI SMA. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9(1), 39–50. https://doi.org/10.29407/nor.v9i1.16087
Sari, I. P., Dewi, P. A., & Sudirman. (2023). Peningkatan Karakter Empati Siswa Melalui Penerapan Kegiatan Infak di MTSN 1 Bukittinggi. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(12), 87–92.
Setiawan, A. W., & Ningsih, T. (2021). Pemanfaatan Cerita Pendek Sebagai Media Pendidikan Karakter Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4), 1238–1245. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2535
Sitinjak, E. K., Ziliwu, A., Nababan, R. N., & Br, D. L. (2025). Pencegahan Cyberbullying Melalui Penggunaan Media Sosial di SMA Negeri 1 STM Hilir. 5(2), 344–354.
Sma, S. (2020). Persepsi Guru Bahasa Indonesia Terhadap Model Bengkel Menulis Berbantuan Sparkol Videoscribe Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen. 2020.
Sofyan, S., Kurniawan, M. B., Octarina, H., Sahusilawane, N. A., Safira, A., Sulastri, T., Yusnaldi, E., Negeri, I., & Utara, S. (2025). Jurnal mudabbir. 5, 258–268.
Sudarwo, R. (2024). Menggali Makna Kehidupan Melalui Puisi: Refleksi Diri, Empati, dan Ketahanan dalam Pendidikan. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan …, 11(1), 220–227. https://doi.org/10.30595/mtf.v11i1.23122
Tiara Ramadhani, Danar Widiyanta, Yena Sumayana, Rengga Yudha Santoso, Puspita Dian Agustin, & Al-Amin. (2024). The Role Of Character Education In Forming Ethical And Responsible Students. IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education), 5(2), 110–124. https://doi.org/10.37567/ijgie.v5i2.3064
Zahra, F. F., & Savitri, S. I. (2023). Bagaimana hobi membaca fiksi berperan terhadap empati di kehidupan nyata? Jurnal Psikologi Sosial, 21(2), 134–143. https://doi.org/10.7454/jps.2023.15
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Melawati Melawati, Silvi Aulia Wahida Putri, Rizka Zaen Oktaviani, Azis Ismail Kawiryan, Dede Endang Mascita, Tri Pujiatna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









