Interpretasi nilai moral dalam video klip “Usik” Feby Putri: Relevansi terhadap pendidikan karakter
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v7i2.12859Abstract
Pesatnya perkembangan media digital telah mengubah salah satu cara penyampaian nilai moral kepada masyarakat. Video klip sebagai media populer dapat berkontribusi penting dalam penyampaian dan pembentukan nilai moral, terutama bagi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral dalam video klip “Usik” dan mendeskripsikan relevansi nilai moral terhadap pendidikan karakter. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi untuk mengkaji elemen visual, gestur karakter, alur cerita dan lirik dalam setiap adegan video klip “Usik” karya Feby Putri. Data dikumpulkan melalui teknik simak dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teori semiotika Roland Barthes, yang mencakup analisis denotasi, konotasi, dan interpretasi nilai. Hasil penelitian menunjukkan tujuh adegan dalam video klip “Usik” karya Feby Putri yang memiliki makna denotasi melalui ekspresi visual karakter yang merenung, berjalan menjauh, dan berinteraksi terbatas dengan orang lain. Makna konotasi yang mencerminkan nilai moral seperti kejujuran dalam mengungkapkan perasaan, kesadaran emosional, keberanian menghadapi kenyataan, empati, dan pengendalian diri. Analisis video klip “Usik” karya Feby Putri menunjukkan nilai-nilai moral yang relevan dengan pendidikan karakter. Nilai yang relevan seperti kejujuran, kesadaran diri, keberanian, empati, dan pengendalian diri. Temuan ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan pendidikan karakter melalui nilai moral.
References
Alkhoir, D., & Anwari. (2024). Representasi Moral pada Serial Film Animasi Upin & Ipin Episode Hidup Bergaya (dalam Channel Youtube Upin & Ipin Official). Millatuna: Jurnal Studi Islam, 1(4).
Aprilia, L. S., Baedhowi, S., & Widyaningrum, A. (2024). Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Lagu “Tiba-Tiba” Karya Quiin Salman. Ijes, 4(24), 212–220. https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17762
Aska, W., Alghifari, M. F., & Goziyah, G. (2022). Analisis wacana kritis Van Dijk pada lirik lagu “Usik” karya Feby Putri. Jurnal Skripta, 8(2), 36–42. https://doi.org/10.31316/skripta.v8i2.3309
Cakraningrat, D. R., Herwandito, S., & Krisnawati, E. (2024). Analisis Semiotika Pesan Kebahagiaan pada Video Klip “Pastikan Riuh Akhiri Malammu” Karya Perunggu. JASIMA: Jurnal Komunikasi Korporasi Dan Media, 5(1), 20–41. https://youtu.be/K1RepjSXQV8?si=w7rRC3gtgFvpdc_V
Dwisepta, D., & Aji Manggala, B. (2024). Analisis Nilai Moral dalam Lagu “Si Nona” Dalam Perspektif Masyarakat Minangkabau. PARAGUNA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Pemikiran, Dan Kajian Seni Karawitan, 11(2), 101–121. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/paraguna•jurnal.paraguna@isbi.ac.id
Fahida, S. N. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film “Nanti Kita Cerita Hari Ini” ( NKCTHI ) Karya Angga Dwimas Sasongko. Cinematology: Journal Anthology of Film and Television Studies, 1(2), 33–42.
Fatinah, Y., Suhardi, Elfitra, L., Irawan, D., Leoni, T. D., & Zaitun. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Dear Nathan Thank You Salma Karya Kuntz Agus. WIDYA ACCARYA, 15(2), 93–98.
http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/index
Febiola, R., Wicaksana, M. F., & Sudiatmi, T. (2023). Ideologi Pendidikan Karakter Dalam Novel Bumi Karya Tere Liye (Tinjauan Psikologi Sastra). SeBaSa, 6(2), 337–352. https://doi.org/10.29408/sbs.v6i2.20592
Hakiki, Y. B., Rakhmawati, A., Suryawati, A., & Chaesar, S. (2024). Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Keluarga Cemara Karya Yandy Laurens serta Pemanfaatannya sebagai Materi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 4(2), 126–136.
Ihsan, B., Winarni, R., & Septiari, W. D. (2023). Analisis resepsi sastra bagi mahasiswa PGMI UNISDA Lamongan dalam novel KKN di desa penari (kajian resepsi nilai dan pendidikan karakter). EDU-KATA, 9(1), 51.
Iskandar, D. (2023). Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Film “Jendela” Karya Randi Pratama. Journal of Communication Science and Islamic Da’wah, 7(1), 24–35. https://doi.org/10.32832/komunika.v7i1.8349
Istiqomah, N., & Kristanty, S. (2021). Representasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Sabtu Bersama Bapak. Pantarei.
Kevinia, C., Putri syahara, P. sayahara, Aulia, S., & Astari, T. (2024). Analisis Teori Semiotika Roland Barthes Dalam Film Miracle in Cell No.7 Versi Indonesia. COMMUSTY Journal of Communication Studies and Society, 1(2), 38–43.
https://doi.org/10.38043/commusty.v1i2.4082
Khoiriyah, D. A. A., & Pujiastuti, R. (2023). Disfemisme pada youtube Rocky Gerung Official dan relevansinya dengan pendidikan karakter. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 5(2), 9–20. https://doi.org/10.26555/jg.v5i2.7928
Lailiyah, N., & Sukartiningsih, W. (2022). Nilai-nilai karakter dalam film animasi up dan relevansinya dengan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. JPGSD, 10(1), 49–59.
Lubis, H. P., & Damanik, T. B. (2024). Analisis Nilai-Nilai Sosial dan Pendidikan pada Film “Toba Dreams” serta Relevansi Terhadap Karakter Siswa. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa & Sastra, 9(4), 706–712. https://doi.org/10.31604/linguistik.v9iv
Melati, I. K., Iswatiningsih, D., & Khikam Zahidi, M. (2023). Pesan Moral pada Lirik Lagu Kanjuruhan Karya Iwan Fals. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 5(1), 29–40. https://doi.org/10.26555/jg.v5i1.7429
Nasirin, C., & Pithaloka, D. (2022). Analisis semiotika konsep kekerasan dalam film the raid 2 : berandal. Journal of Discourse and Media Research, 1(1), 28–43.
Patricia, C., & Utami, L. S. S. (2024). Makna Insecurity, Video Klip, dan Generasi Z. Koneksi, 112–121.
Pratiwi, N. D. I., & Afidah, I. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes Pesan Dakwah dalam Film Merindu Cahaya De Amstel. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2), 93–98. https://doi.org/10.29313/jrkpi.vi.1320
Putri, S. A. C., & Prathisara, G. (2025). Analisis Semiotika Pesan Moral dari Film Komedi Cek Toko Sebelah Season 2 (Model Roland Barthes). Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 122–136. https://doi.org/10.30596/ji.v9i1.22352
Saputra, D. Aris. , Mudzanatun, & Arisyanto, P. (2023). Nilai-Nilai Karakter dalam Film Animasi Si Entong bagi Penerapan Karakter Siswa. Cerdas Mendidik, 2(2), 66–72. http://journal.upgris.ac.id/index.php/cm
Saputri, A., Suparmin, & Septiari, W. D. (2024). Nilai sosial pada novel janshen sebagai alternatif bahan ajar di SMA. Jurnalistrendi : JURNAL LINGUISTIK, SASTRA, DAN PENDIDIKAN, 9(1), 266–276. https://doi.org/https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v9i1.1712
Septiari, W. D., Denisa, C. L., & Saputri, A. (2022). Nilai pendidikan karakter pada novel janshen karya Risa Saraswati serta relevansinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia SMA. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(6), 1625–1632. http://bajangjournal.com/index.php/JCI
Setyaningrum, F., Sudiatmi, T., & Wicaksana, M. F. (2024). Aspek Romansa dalam Lirik Lagu Cinta Terakhir Karya Ari Lasso serta Relevansinya sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2120–2127. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6621
Setyawan, E., Probo, Y., & R, T. H. (2023). Pesan Moralitas Dalam Lagu Hanya Rindu Karya Andmesh Kamaleng. Journal of Education Research, 3(4), 177–185. https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.106
Sudarmika, D., Komunikasi, D. I., Ilmu, F., Politik, I., Haris, A., Komunikasi, D. I., Ilmu, F., & Politik, I. (2023). Representasi Makna Harapan Pada Video Klip BTS “Permission to Dance” (Analisis Semiotika Roland Barthes). JURNAL ORATIO DIRECTA, 5(1), 842–867.
Suyanti, S., & Cepi, S. A. J. (2022). Studi Deskriptif Isi Pesan Moral Pada Lirik Lagu Dolanan Khas Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5605–5614. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3256
Wahyudi, N. A. R., Widayati, M., & Wicaksana, M. F. (2024). Emosi Tokoh Serial Drama Web Series Gadis Kretek: Perspektif David Krech. Jurnal Ilmiah FONEMA, 7(2), 185–198. https://doi.org/10.25139/fn.v7i2.8838
Wibisono, P., & Sari, D. Y. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umboh Dan Misbach Yusa Bira. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 1(1), 30–43.
Wiyanti, E., Dinihari, Y., Solihatun, & Atmapratiwi, H. (2024). Eksistensi Nyanyian Gending “Lingsir Wengi” dalam Membentuk Pendidikan Karakter. Hortatori Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 238–245. https://journal.unindra.ac.id/index.php/hortatori/index
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Meilisa Nurhana, Muhlis Fajar Wicaksana, Wahyu Dini Septiari, Dian Uswatun Hasanah, Wiwin Erni Siti Nurlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









