Pergeseran makna kata serapan bahasa Arab dalam bahasa Indonesia pada iklan komersial
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v7i2.12440Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk pergeseran makna kata serapan bahasa Arab dalam bahasa Indonesia pada iklan komersial dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran makna tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan data penelitian diperoleh dari media online seperti media sosial, website dan situs marketplace. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi dan simak dengan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Adapun analisis data dilakukan dengan metode padan intralingual untuk mengkaji unsur internal kebahasaan dan metode padan ekstralingual untuk menelaah hubungan bahasa dengan unsur di luar bahasa. Kedua metode ini diterapkan melalui teknik hubung banding menyamakan (HBS) dan hubung banding membedakan (HBB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergeseran makna kata serapan bahasa Arab dalam iklan komersial terjadi dalam dua bentuk utama yaitu perluasan makna dan penyempitan makna. Kata halal mengalami perluasan dari makna religius menjadi simbol kualitas dan legalitas produk; hijrah meluas menjadi simbol gaya hidup Islami modern; sakinah mengalami perluasan menjadi representasi kenyamanan hunian; dan barokah mengalami penyempitan menjadi simbol keuntungan material. Pergeseran makna ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: perbedaan bidang pemakaian, adanya perbedaan tanggapan individual masyarakat Indonesia dan juga adanya perubahan nilai sosial dan budaya masyarakat Indonesia yang mengaburkan batas antara sakral dan profan. Temuan ini menegaskan bahwa bahasa bersifat dinamis dan responsif terhadap perkembangan sosial, budaya, dan ekonomi dalam masyarakat.
References
Abbas, S. A., & Asnawi, N. R. (2019). Konsep Keluarga Sakinah dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Ash-Shahabah, 5(2), 139–146.
Abu Bakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian (Cet. 1). SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Ahmad, M. F. (2014). Antecedents of Halal Brand Personality. Journal of Islamic Marketing, 6(2), 209–223.
Al-Yassu’i, L. M. (2002). Al-Munjid fi al-Lughah wa al-A’lam. Dar al-Masyriq.
Ambari, H. M. (2005). Ensiklopedi Islam. chtiar Bareu Van Hoeve.
Arbainah, Aprilian, Y., & Arifin, Z. (2024). Pengaruh Label Halal terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik Wardah di Tembilahan. JMEB, 1(2), 117–127. https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/idaarotul/article/view/62
Arifianto, M. L. (2022). Bahasa Arab Media Masa (Pembelajaran Berbasis Proyek) (Cet 1). Tonggak Media.
Chaer, A. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Rineka Cipta.
Chairulia, P. A. (2024). Apa itu Jumat Berkah? Simak Arti dan Hukumnya dalam Islam. Antara. https://www.antaranews.com/berita/4294607/apa-itu-jumat-berkah-simak-arti-dan-hukumnya-dalam-islam
Damayanti, E. (1970). Kesalahan Penggunaan Bahasa pada Iklan Komersial Media Luar Ruang di Kabupaten Kediri. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 85–102. https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.201
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Firadus, R., & Yohanes, B. (2023). Perubahan Makna Kosakata Serapan Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia pada Teks Khutbah Jumat Media NU Online Edisi 1 Februari 2023. Bapala, 10(3), 204–214.
Firman, A. (2019). Ekspektasi Bahasa Indonesia Menuju Bahasa Internasional: Telaah Kritis Pengaruh Penyerapan Kosakata Bahasa Asing. Kongres Bahasa Indonesia, 1–13.
Firmansyah, Tarmizi, & Parasetiani, A. (2022). Sakinah Mawadah Warahmah pada Keluarga Muslim di Indonesia. Syakhsiyah: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 2(1), 90–106.
Fitria Wulandari, S., & Rakhmawati, Y. (2018). Komodifikasi Halal Pada Iklan (Semiotik Charles Sanders Pierce Terhadap Iklan “Freshcare” Minyak Angin Aromatherapy). Jurnal SEMIOTIKA, 12(1), 73–85. http://journal.ubm.ac.id/
Hakami, F., Kalimatun Nabil, M., Ramadhany, M., Zikra, L., & Khoiri Rahman, S. (2023). Transformasi Makna Kata Serapan Bahasa Arab Pada Bahasa Indonesia Dalam Istilah Agama Islam dari Aspek Bahasa dan Budayanya. Riyahuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.22236/jpba/3113330
Hakim, L. (2024). Dinamika Hijrah di Indonesia: Dari Transformasi Spiritual Menuju Gerakan Sosial. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), 5(1), 13–33. https://doi.org/10.22373/jsai.v5i1.3993
Hermiati, Hadziq, M. F., Palealu, N. D., & Mustofa, S. (2024). تحليل استخدام المفردات العربية المقترضة في اللغة الإهدوهيسية. Tsaqofiya, 6(2), 458–473. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v6i2.684
Iskandar, M. F. R. (2023). تغيير الكلمات العربية المقترضة في معجم الكبير اللغة الإندونيسية وتضمينها في ترجمة اللغة العربية. Tadris Al-‘Arabiyyah, 2(1), 66–75. https://doi.org/10.15575/ta.v2i2.24830
Ismatullah, A. M. (2015). Konsep Sakinah, Mawaddah dan Rahmah dalam Al-Qur’an (Perspektif Penafsiran Kitab Al-Qur’an dan Tafsirnya). Jurnal Mazahib, 14(1), 53–64.
Jum’ah, A. (2013). Menjawab Dakwah Kaum Salafi (A. Ghofur (ed.); Cet. 2). Khatulistiwa Press.
Khan, M. I., & Haleem, A. (2016). Understanding “ Halal ” and “ Halal Certification & Accreditation System ” - A Brief Review. Saudi Journal of Business and Management Studies, 1(1), 32–42.
Kusuma, A. B. (2015). Transformasi Pengajaran Bahasa Arab di Indonesia. Al-Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 4(2), 165–192.
Lingga, N., & Malahayatie. (2024). Konsep Halal Haram dalam Ekonomi Islam. J-EBI, 3(2), 13–28.
Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa : Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya (3rd, Cet. 9 ed.). Rajagrafindo Persada.
Mujieb, M. A., Ahmad, I., & Syafi’ah. (2009). Ensiklopedia Tasawuf: Imam Al-Ghazali (Mudah Memahami dan Menjalankan Kehidupan Spiritual). Hikmah.
Munawwir, A. W. (1997). al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia Terlengkap. Pustaka Progresif.
Nirmala, V. (2020). Gaya Bahasa dalam Iklan Komersial di Televisi (Language Style in Commercial Advertising on Television). Bidar, 10(2), 1–12.
Pantu, A. (2014). Pengaruh Bahasa Arab Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 14(3), 97–115. https://doi.org/10.18860/ua.v14i3.3154
Paramawidhita, R. Y., & Kartini, N. H. (2020). Peningkatan Kesadaran Penggunaan Produk Halal di Kalangan Remaja Kota Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 199–202. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v5i2.1343
Parera, J. D. (2004). Teori Semantik. Erlangga.
Pramintasari, T. R., & Fatmawati, I. (2017). Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), 1–33. https://doi.org/10.46445/ejti.v1i2.70
Prayoga, Y. (2021). Memahami Kembali Konsep Berkah. Lampung.NU.or.Id. https://lampung.nu.or.id/opini/memahami-kembali-konsep-berkah-YZfAd
Raodhatul Jannah, & Herdah. (2022). Kata Serapan Bahasa Arab Dalam Bahasa Indonesia: Pendekatan Leksikografi. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(1), 123–132. https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i1.2820
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Seff, F. M. (2019). Dinamika Pendidikan Bahasa Arab di Indonesia dalam Konteks Persaingan Global (Cet 1). IAIN Antasari Press.
Shihab, M. Q. (2008). Tafsir al-Mishbah Vol. 7 : Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an (Cet. 10). Lentera Hati.
Sholihah, R., & Al-Faruq, M. (2020). Konsep Keluarga Sakinah Menurut Muhammad Quraish Shihab. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(4), 112–130.
Subroto, E. (1992). Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Sebelas Maret University Press.
Sunata, I. (2023). Kajian tentang Komunikasi dan Budaya. Journal of Da’wah, 2(1), 100–131. https://doi.org/10.32939/jd.v2i1.2597
Surwati, C. H. D. (2015). Komodifikasi Agama dalam Iklan Televisi (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough pada Iklan Sahaja). 6.
Syamsuri, & Mushawwir, A. (2023). Al-Qur’an dan Identitas (Menggali Makna Hijrah Sebagai Identitas Muslim Milenial Melalui Lintas Penafsiran). Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir Dan Pemikiran Islam, 4(1), 21–43. https://doi.org/10.58401/takwiluna.v4i1.824
Tedy, A. (2018). Sakinah Dalam Perspektif Al- Qur’an. EL-AFKAR : Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 7(11), 35–46. https://doi.org/10.29300/jpkth.v7i2.1598
Waluya, A. H. (2023). Halal Menurut Al-Qarḍāwī dan Al-Sha’rāwī Serta Implementasinya dalam Perekonomian Islam. Briliant, 1(2), 142–157.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vika Wafa Ilmi, Ening Herniti, Rahmat Dinni Haerul Budi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









