Transformasi cerita anak ke dalam bentuk digital mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v6i2.11597Keywords:
Transformasi , Cerita anak , Digital , MahasiswaAbstract
Teknologi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari semua aspek kehidupan manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah pola pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan interaktif. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa dalam mata kuliah Apresiasi Prosa Fiksi adalah kemampuan menulis prosa fiksi. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa tidak hanya mengapresiasi prosa fiksi dari berbagai periode, tetapi juga mengembangkan kemampuan menulis prosa fiksi, termasuk cerita anak. Menulis cerita anak adalah seni yang memadukan kelembutan kata-kata. Cerita yang ditulis bertema keseharian untuk memudahkan dalam menemukan ide cerita yang berasal dari pengalaman sehari-hari mahasiswa. Adapun yang menjadi tema dalam menulis cerita anak yaitu permainan tradisional Jawa Barat. Cerita anak yang telah ditulis oleh mahasiswa kemudian diubah ke dalam bentuk digital. Transformasi ini bertujuan agar cerita anak yang telah ditulis dapat didokumentasikan dan dimanfaatkan sebagai alternatif media pembelajaran sastra anak.
References
Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas III sekolah dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Akbar, M.S.F., Satibi, H.O., & Hasanah, U. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan media komik digital penerapan sila pancasila berbasis masalah dalam pembelajaran PPKN sekolah dasar. Kompetensi, 16(1). https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/133
Amali, L. N. (2021). Media pembelajaran interaktif berbasis fitur mind map. Jurnal Technopreneur (JTech), 9(1), 1–6. https://doi.org/10.30869/jtech.v9i1.649
Arifudin, O. (2023). Analisis teori taksonomi bloom pada pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar (JAA), 4(1).
Aryani, F., Rais, M., & Author, C. (2018b). Pemberdayaan anak pemulung melalui teknik storytelling history artikel. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Nurgiyantoro, B. (n.d.).
Cahyani, D. N., & Oktavia, C. A. (n.d.). Media penunjang pembelajaran organ paru-paru manusia berbasis mobile menggunakan augmented reality (Studi Kasus SDN 2 Ardimulyo).
Hariyadi, H. (2023). Tranformasi digital madrasah untuk peningkatan mutu layanan pendidikan di MTs Al Kaustar Kota Depok. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 42–49. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12314
Kamila, I., & Syahri, I. (2021). The influence of using digital story telling and motivation on speaking skill of eleventh-grade students of SMA Negeri 1 Simpang. Eksposure, 10(1), 141–147. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/exposure
Karakter, P., & Nugraha, D. (2020). Kelayakan bahan dalam pembelajaran sastra. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v5i2.1843
Kolano, L., & Sanczyk, A. (2022). Transforming preservice teacher perceptions of immigrant communities through digital storytelling. Journal of Experiential Education, 45(1), 32–50. https://doi.org/10.1177/1053825920988738
Kreativitas, P., Puisi, M., Pantun, D., Mulyaningsih, I., & Pd, M. (n.d.). Sastra anak.
Metode Penelitian Kualitatif (PDFDrive ). (n.d.).
Meyanti, I. G. A. S., & Lasmawan, I. W. (2023). Tuntutan digital literasi pada kurikulum pendidikan IPS. Media Komunikasi FPIPS, 22(2), 115–122. https://doi.org/10.23887/mkfis.v22i2.62514
Nabila, N., Pramesti, E. I., & Sudaryanto, A. (2022). Pengaruh penerapan G-Suite bagi perkembangan pembelajaran di SMAN 1 Kalidawir Sidoarjo. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 329–332. https://doi.org/10.24036/jmiap.v3i4.366
Panglipur, J.P., & Listiyaningsih, E. (n.d.). Bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks global sastra anak sebagai sarana pembelajaran bahasa dan sastra untuk menumbuhkan berbagai karakter di era global.
Pendidikan, J., Undiksha, E., Putra, D., Pratama, A., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan media pembelajaran handout digital berbasis android. 12(1).
Peran sastra dalam pendidikan moral dan karakter peran sastra dalam pendidikan moral dan ... ( PDFDrive ). (n.d.).
Rahayu, T. E., Hariyani, H., & Ferlia, R. (2022). Children’s language skills through the illustrated story method in kindergarten. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 18. https://doi.org/10.26858/tematik.v8i1.27539
Rizkiyah, P., Mallevi, & Ningrum, A. (2022). Pengembangan buku cerita bergambar digital untuk meningkatkan kecakapan literasi digital anak usia dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4, 2655–6561. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1
Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138
Sastra anak dan kesadaran feminis dalam sastra (PDFDrive). (n.d.).
-ID-sastra-anak-dan-pembentukan-karakter. (n.d.).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Risma Khairun Nisya Nisya, Deden Sutrisna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.