Pengembangan media pembelajaran roda putar pada materi cerita rakyat di kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Nelsi Zenni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Novanita Whindi Arini Universitas Muhammadiyah PROF. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v6i2.11128

Keywords:

Media Pembelajaran , Roda Putar , Cerita Rakyat , Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa Roda Putar Cerita Rakyat untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, dan wawancara, dengan analisis data yang mencakup pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji kelayakan media menunjukkan persentase rata-rata 87% dari ahli media, ahli materi, dan pakar pendidikan. Uji coba kelompok kecil menghasilkan persentase rata-rata 85,14%, sementara uji coba kelompok besar mencapai 90%. Pretest menunjukan rata-rata 71,32% dan posttest meningkat menjadi 90,05%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Roda Putar Cerita Rakyat efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan membuat pembelajaran lebih menarik serta interaktif.

 

References

Alwiya, A., & Erni, E. (2024). Analisis Nilai Pendidikan Moral Pada Cerita Rakyat Silancang. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 6(1), 60–70. Https://Doi.Org/10.26555/Jg.V6i1.10071

Anggraini, P., & Agustin Ningrum, M. (2018). Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. Paud Teratai, 7(3), 1–6.

Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327–7333. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3495

Aulianisa, N. Z. (2022). Pengembangan Media Puzzle Strategi Make A Match Materi Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Mi Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri. 14–34.

Desriarini Gui, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Spinner Word Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Kelas Ii Di Sekolah Dasar. Journal Of Education And Teaching Learning, 1(2), 27–31. Https://Doi.Org/10.59211/Mjpjetl.V1i2.26

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. Https://Journal.Uii.Ac.Id/Ajie/Article/View/971

Elok Khoirul Muna Mabni, Z. (2020). Pengembangan Media Roda Putar Pada Materi Keragaman Suku Dab Budaya Berbasis Hots Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Di Mi Psm Padangan Kabupaten Tulungagung. Uin-Malang.Ac.Id, 1–91. Http://Etheses.Uin-Malang.Ac.Id/23693/1/16140048.Pdf

Fadhila, N. A., Setyaningsih, N. W., Gatta, R. R., & Handziko, R. C. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Addie Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Sma Kurikulum 2013. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(1), 1. Https://Doi.Org/10.24127/Bioedukasi.V13i1.5298

Fajrie, N., Aryani, V., & Kironoratri, L. (2024). Media Belajar Digital Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Bacaan Dongeng Sastra Anak. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2262–2275. Https://Doi.Org/10.31949/Jee.V7i1.8123

Hafshari, N. D., & Arini, N. W. (2023). Pengembangan Media Papan Sipat-Siput Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 467–479. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V7i1.1643

Herlindayanti, A., & Zuhdi, U. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran “Inspibox” Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Materi Teks Wawancara Kelas V Sekolah Dasar. 0, 1–23.

Izzatunnisa, N. N. (2019). Pengembangan Roda Angka Sebagai Media Pembelajaran Tematik Bagi Peserta Didik Kelas V Sd/Mi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Kepada, D., Islam, U., Kiai, N., Achmad, H., Jember, S., Memenuhi, U., Satu, S., Memperoleh, P., Tarbiyah, F., Ilmu, D., Studi, P., Guru, P., & Ibthidaiyah, M. (2023). Pengembangan Media Spinning Wheel Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kata Tanya Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan November 2023 Pengembangan Media Spinning Wheel Materi Kata Tanya Kelas Iii Madrasah. November.

Krimawati, N. I., Sutama, I. W., & Astuti, W. (2021). Pengembangan Media Koptar Calista Untuk Menstimulasi Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Seling: Jurnal Program Studi Pgra, 7(2), 205–217.

Lara. (2022). Pengembangan Media Spinning Wheel Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sds Al – Washliyah 25. 8.5.2017, 2003–2005. Www.Aging-Us.Com

Mi, D. I., Purwodadi, A.-F., Kembaran, K., & Banyumas, K. (2021). Penerapan Metode Bercerita Dalam Menanamkan Moral Siswa Kelas Iii.

Mufida, A., Abidin, R., & Muhamad. (2021). Perancangan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia 6-10 Tahun. Jurnal Barik, 2(3), 44–59. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jdkv/%0ahttps://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jdkv/Article/View/42217/36298

Nasution, D. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fisika (Studi Meta-Analisis). Pendidikan, 1–43.

Pranata, K., Fikri, A. N., & Zulherman, Z. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Melalui Zoom Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6231–6240. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i4.2982

Sa’diyah, H., Alfiyah, H. Y., Ar, Z. T., & Nasaruddin, N. (2020). Model Research And Development Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 10(1), 42–73. Https://Doi.Org/10.54180/Elbanat.2020.10.1.42-73

Simbolon, R. (2019). Penggunaan Roda Pintar Untuk Kemampuan Membaca Anak. Jppguseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 66–71. Https://Doi.Org/10.33751/Jppguseda.V2i2.1448

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2021 ©2021.

Teori, A. K., & Berbicara, K. (2022). Mengoptimalkan Keterampilan Berbicara Di Sd Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. 12–72.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Winaryati, E., Munsarif, M., & Suwahono, M. (2021). Sugiyono, Metode Penelitian Dan Pengembangan , (Bandung: Penerbit Alfabeta, 2015), 28 Ibid., 30 8. 8–32.

Zahra, D. E. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas V Sdn 6 Jatimulyo ). 1–61.

Downloads

Published

2024-08-30