Evaluasi penanaman karakter melalui kegiatan P5 di SMKN 1 Dukuhturi dengan model CIPP
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v6i2.10822Keywords:
Evaluasi , Karakter, P5Abstract
Pendidikan tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga pembentukan karakter. Kurikulum Merdeka, sebagai inovasi dalam sistem pendidikan Indonesia, bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mengembangkan potensi serta karakter siswa. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah upaya menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan. Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK Negeri 1 Dukuhturi, yang bertujuan menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan di bawah Kurikulum Merdeka. Metode kualitatif digunakan, meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi, untuk menilai komponen konteks, input, proses, dan produk dari program P5. Meskipun pelaksanaan P5 umumnya baik, siswa masih menghadapi kendala dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai seperti gotong royong, mandiri, dan nasionalis. Penelitian merekomendasikan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran melalui inovasi materi dan metode evaluasi oleh guru, termasuk penggunaan rubrik penilaian khusus dan pelaporan dalam rapor karakter. Pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila oleh siswa, serta memperkuat efektivitas program P5.References
Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85–98.
Anwar, R. N. (2023). Perencanaan Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak Project Learning Planning for Strengthening Pancasila Student Profiles in Mobilizing Schools. ABSORBENT MIND: Journal Of Psychology and Child Development, 3(2), 69–79.
Djiwandono, M. S. (2011). Tes Bahasa dalam Pengajaran: Pegangan bagi Para Pengajar Bahasa. Indeks.
Encil Puspitoningrum1 , Endang Waryanti2, Moch. Muarifin3, Sardjono4, D. R. K. (2023). Pengembangan Model Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kerarifan Lokal Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 1–16.
Endang, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85–90.
Fajri, Yusron Al, St. Mislikhah, dan M. (2023). Evaluasi Program Gerakan Sekolah Mengaji diSDN Sumberjati 03 Menggunakan Model Cipp (Context, Input, Process And Product). Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(2), 51–64.
Handayani Pantes, Titik Muti’ah, Y. Y. (2023). Evaluasi Program Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Heri, S. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah; Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Haromain, H., Hariawan, R., & Tsamara, N. (2023). Implementasi Program Kearifan Lokal untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 3 Mataram. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(1), 122–131.
Ibrahim, M. M. (2018). Penelitian Evaluasi Bidang Pendidikan (Pendekatan Kualitatif) (Sitti Mania (ed.)). Alauddin University Press.
Hartanto, D. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal pada siswa-siswi SMA Al Ma’shum Kisaran. Jurnal Sintaksis, 5(04), 42–51.
Kemendiknas. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Jumardi, J. (2017). Peranan Pelajaran Sejarah Dalam Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Nilai Sejarah Lokal di SMA Negeri 65 Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 70-80.
Lenga, K. M. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal di SMAN 1 Ile Ape Kabupaten Lembata. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 6(1), 161–173.
Pramesti, S. L. D. (2020). Evaluasi PembelajaranMatematika Pada Boarding School Berdasarkan Model Cipp. Jurnal Int∑gral, 11(1), 17–32.
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.
Robiah, Hendarman, dan R. H. (2023). Evaluasi Program Literasi Anak dengan Pendekatan Model CIPPO. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 528–539. https//10.37985/murhum.v4i1.262
Ruwaida, I. M., Hambali, M., & Rizal, M. S. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kearifan Lokal Batik Malangan di SMAN 1 Malang. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(2), 232–245. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i2.2838
Stufflebeam Daniel L. and Anthony J. Shinkfield. (2007). Evaluation, Theory, Models & Applications. John Wiley & Sons Inc.
Veronika, Fitriyane, Banun Havifah Cahyo Khosiyono, Berliana Heru Cahyani, A. F. N. (2023). Evaluasi Efektivitas Penanaman Karakter Melalui Proyek P5 di SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4098–4109. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10879
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Sabbardi, Dimas Pratama Sukma, Hasrul Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.