FRASA ADJEKTIVAL DALAM RUBRIK OPINI SURAT KABAR HARIAN DAN KEDAULATAN RAKYAT EDISI OKTOBER 2017 DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v1i1.1062Keywords:
frasa adjektival, teks deskripsi, opiniAbstract
Penggunaan frasa adjektival sebagai salah satu unsur pembentuk kalimat yang terdapat dalam susunan tata bahasa sebagai salah satu komponen penting yang mempengaruhi pemahaman maksud dalam komunikasi tulis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fungsi klausa yang diduduki frasa adjektival, pola frasa adjektival, hubungan makna antarunsur frasa adjektival, dan kaitan frasa adjektival dengan pembelajaran teks deskripsi kelas VII. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dilanjutkan dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan catat. Data dianalisis dengan metode agih, teknik dasar Bagi Unsur Langsung (BUL), dan teknik lanjutan lesap, ganti, dan sisip. Hasilnya, 1) Fungsi subjek sebanyak 7, fungsi predikat sebanyak 73, fungsi objek sebanyak 22, dan fungsi keterangan sebanyak 76; 2) Terdapat 24 pola frasa adjektival yang ditemukan, 9 pola lama dan 14 pola frasa adjektival baru; 3) Terdapat 7 hubungan makna antarunsur frasa adjektival dengan rincian, penjumlahan sebanyak 24, pemilihan sebanyak 4, ragam sebanyak 28, negatif sebanyak 35, aspek sebanyak 17, tingkat sebanyak 56, sedangkan sebanyak 14 merupakan hubungan makna temuan baru yaitu campuran; dan 4) Penelitian ini dikaitkan dengan pembelajaran teks deskripsi kelas VII pada KD 3.2 dan KD 4.2 yang dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajara (RPP) dan modul yang berjudul Memahami Frasa Adjektival melalui Teks Deskripsi.
References
Chaer, Abdul. 2015. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Kridalaksana, Harimurti. 2007. Kelas Kata Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ramlan, M. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.