ANALISIS PENDIDIKAN NILAI KARAKTER DALAM NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE LIYE

Authors

  • Netty Nova Sari Sipayung Universitas Prima Indonesia
  • Ramadhan Saleh Lubis Universitas Prima Indonesia
  • Nenci Sibagariang Universitas Prima Indonesia
  • Roen Martani Matanari Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26555/jg.v1i1.1055

Keywords:

Nilai-nilai karakter pendidikan novel

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter pada siswa melalui analisis novel Bidadar-Bidadari Surga. Kondisi karakter peserta didik pada saat ini masih rendah dan menyimpang. Banyak faktor yang menjadikan suatu karakter anak itu rendah, yaitu ; faktor lingkungan, faktor keluarga, dan faktor penyalahgunaan alat media.Adapun contoh penyimpangan karakter anak didik pada masa sekarang ini seperti : tawuran, bolos, gampang melakukan hal pada saat emosi, membully kawan sekelas, dan menonton situs-situ yang tidak pantas. Sebagai generasi penerus bangsa, anak didik diharapkan memiliki karakter yang baik terhadap segala hal. Untuk mendapatkan hasil analisis, peneliti dalam melakukan peneleti an ini menggunakan Jenis Penelitian adalah penelitian pustaka atau librarary research. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh nilai karakter yang terkandung dalam novel Bidadari-Bidadari Surga Karya Tere Liye meliputi nilai : (1) religius (2) jujur (3) toleransi (4) disiplin (5) kerja keras (6) kreatifitas (7) mandiri (8) demokratis (9) rasa ingin tahu (10) cinta tanah air (11) menghargai prestasi (12) komunikatif (13) cinta damai (14) membaca (15) peduli lingkungan (16) peduli sosial (17) tanggung jawab.

Kata kunci : Nilai-nilai Karakter, Pendidikan, Novel

References

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Pt Rineka Cipta

Noor, Juliansyah, 2017. Metodolgi Penelitian. Jakarta: Kharisma Putra Utama

Suyadi, 2012. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Bachtiar S. Bachri Kurikulum Ilmu dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Kampus Lidah Wetan yang berjudul Meyakinkan Validitas Data Melalui Tringulasi pada Kualitatif.

Febriana, dkk. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Padang yang berjudul Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Rantau Satu Muara Karya Ahmad Faudi: Tinjauan Sosiologi Sastra.

Wulandari, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, PPs Universitas Negeri Medan Email: wu_lan2020@yahoo.com Dengan Judul Sastra dalam Pembentuk Karakter Siswa.

Yulia Citra, Jurusan PLB FIP UNP, yang berjudul Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2019-12-07