Analisis nilai pendidikan moral pada cerita rakyat Silancang
DOI:
https://doi.org/10.26555/jg.v6i1.10071Keywords:
Nilai Pendidikan , Moral , Cerita rakyat, SilancangAbstract
Nilai pendidikan moral adalah nilai yang membedakan antara yang baik dan buruk, salah satu karya sastra yang memuat nilai pendidikan moral adalah cerita rakyat. Cerita rakyat ialah cerita lampau yang diwarisi turun temurun secara lisan yang berasal dari masyarakat Indonesia. Nilai-nilai yang terdapat pada cerita rakyat tentunya berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan moral yang terdapat pada cerita rakyat Silancang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model analisis konten. Sumber data penelitian adalah cerita rakyat berjudul Silancang yang berasal dari daaerah Kampar, Riau. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, indikator manusia dengan dirinya sendiri, nilai moralnya terdiri dari mandiri dan kerja keras. Indikator kedua yaitu manusia dengan manusia lainnya atau alam, nilai moralnya terdiri dari ketulusan, simpati, dan penyanyang. Indikator ketiga yaitu manusia dengan Tuhannya, nilai moralnya terdiri dari percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan ketaatan. Dapat disimpulkan bahwa cerita rakyat tumbuh dengan berpegang kuat pada nilai-nilai kebudayaan dan moral, cerita rakyar bisa digunakan sebagai media untuk mengajarkan kebajikan dan ajaran yang berhuungan dengan pembentukan karakter dan sikap moral. Relevansi penelitian ini adalah hasil analisis digunakan dalam pembelajaran untuk menjadi penguat karakter bagi generasi muda melalui budi pekerti, moral, nilai-nilai budaya serta kearifan lokal.
References
Adyatama, M. F. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Moral Dalam Buku Catatan Motivasi Seorang Santri (Karya Habiburrahman El-Shirazy). Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 12(1), 41. https://doi.org/10.18592/jtipai.v12i1.6970
Agustian, C. (2018). Struktur Dan Fungsi Narasi Dalam Cerita Rakyat Riau Mutiara Dari Indragiri. Journal of Language and Literature, 6(1), 53–63. https://doi.org/10.35760/jll.2018.v6i1.2483
Ayunisyah, W. F. (2022). Nilai Moral Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar Kajian Resepsi Sastra. Sasindo, 9(2). https://doi.org/10.26877/sasindo.v9i2.11006
Dewi, S. W. (2020). Analisis Nilai Moral dalm Novel Sang Juara Karya Al-Kadrl Johan: Tinjauan Sosiologi Satra. Jurnal Linguistik Bahasa Dan Sastra, 5(2), 249–259. https://doi.org/10.31604/linguistic.v5i2.273-288
Erni. (2016). Tunjuk Ajar Melayu Riau dalam Tradisi Lisan Nyanyi Panjang Orang Petalangan Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. International Seminar on Education, 163–170.
Erni, E., & Andriyani, N. (2022). Obsessions And Manifestations Of Women’s Idealistic Attitude In Characters Nenek Toward The Decadence Of Environmental Education Values: A Study of the Kafa’Ah Journal. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/22007%0Ahttps://repository.uir.ac.id/22007/1/4. JURNAL KAFA%27AH.pdf
Erni, E., & Herwandi, H. (2018). Pendidikan Nilai Karakter dalam Tradisi Lisan Nyanyi Panjang Bujang Si Undang pada Masyarakat Suku Petalangan Provinsi Riau. Geram, 6(1), 17–25. https://doi.org/10.25299/geram.2018.vol6(1).1258
Fajriati, N. A. (2017). Nilai Moral Dalam Novel Sebab Mekarmu Hanya Sekali Karya Haikal Hira Habibillah. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 226. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.604
Fitriani, Y., & Utami, P. I. (2023). Analisis Struktur dan Nilai Budaya dalam Cerita Rakyat Sumatera Selatan. Journal on Education, 05(03), 8788–8798.
Hasanah, U. (2017). Nilai Moral Dalam Saq Al-Bambu Karya Sa’ud Al-San’usi. Bahasa Dan Sastra, 1(1), 112–138.
Hastuti, B. D., Saptomo, S. W., & Sukarno, S. (2022). Nilai Moral dalam Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata: Kajian Nilai Pendidikan. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(3), 238. https://doi.org/10.24036/jbs.v10i3.118978
Junifa, S. (2023). Analisis Nilai-Nilai Moral Dalam Cerita Rakyat Daerah Danau Kerinci. Universitas Jambi.
Khabibur Rohman. (2018). Agresifitas Anak Kecanduan Game Online. Martabat Jurnal Perempuan Dan Anak, 02, 155–172.
Labibah, A. (2022). Cerita Rakyat “Si Lancang” Dari Indonesia, Dengan Cerita Rakyat “Nahkoda Manis” Dari Brunei, Dan Cerita Rakyat “Si Tanggang” Dari Malaysia; Sebuah Kajian Struktural Sastra Bandingan. RUANG KATA: Journal of Language and Literature Studies, 2(01), 42–48. https://doi.org/10.53863/jrk.v2i01.385
Luthfiani, Salsabilla Rahmatya, T., & Cirendeu, A. D. (2021). Implementasi Bahan Ajar Melalui Nilai Moral Dalam Cerita Rakyat Batu Menangis Dengan Cerita Rakyat Malin Kundang. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1, 485–291.
Marlina, R., & Erita, Y. (2023). Analisis Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Cerita Legenda Malin Kundang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3016–3023. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.620
Mujarod, S. S. (2022). Analisis Nilai Moral dalam Novel Temukan Aku dalam Istikharahmu Karya E. Sabila El Raihany. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 59. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.12972
Mukhlishina, I. (2019). Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Cerita Rakyat Pulau Sumatra Berdasarkan Penguatan Pendidikan Karakter. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 7(2), 142–150. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/.
Nurfitri, S. A. (2018). Analisis Nilai Karakter dalam Kumpulan Cerita Rakyat Aceh Bernuansa Damai. Master Bahasa. http://e-repository.unsyiah.ac.id/MB/article/view/11196%0Ahttp://e-repository.unsyiah.ac.id/MB/article/download/11196/8970
Nurmala, S., Sahidin, L. O., & Balawa, L. O. (2020). Nilai Moral Cerita Rakyat Dalam Buku Cerita Daerah Sulawesi Tenggara. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 5(1), 45. https://doi.org/10.36709/jb.v5i1.13547
Sa’ida, N. (2022). Analisis Nilai Moral Dalam Cerita Rakyat. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(1), 47–54. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.1.47-54
Safira, D., & Erni, E. (2022). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Moral dalam 21 Cerita Rakyat Bumi Lancang Kuning Susunan Yeni Maulina dan Crisna Putri Kurniati. J-LELC: Journal of Language Education, Linguistics, and Culture, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.25299/j-lelc.2022.8171
Setiawan, A., M, H. E. M., & Hajrah. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Moral Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu: Pendekatan Semiotik Peirce. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1, 9. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1698636&val=18479&title=ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MORAL NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU PENDEKATAN SEMIOTIK PEIRCE
Suprapto, S. (2019). Kepribadian Tokoh Dalam Novel Jalan Tak Ada Ujung Krya Muchtar Lubis Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 5(1), 54–69. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/5028
Supriyadi, S., Hidayat, R., & Tawaqal, R. (2020). Makna Budaya dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Syair Ikan Terubuk. Geram, 8(2), 1–10. https://doi.org/10.25299/geram.2020.vol8(2).5437
Yahya, M. (2016). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel 5cm Karya Donny Dhirgantoro dan Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas VIII SMP. http://eprints.unm.ac.id/3686/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alwiya Alwiya, Erni Erni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.