MODEL PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DI SMKN 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Authors

  • Nur Hamidi

DOI:

https://doi.org/10.26555/almisbah.v1i2.87

Keywords:

Character education, soft skills, hard skills

Abstract

Character education is a conscious effort to improve and enhance the entire behavior of students that include values, potential, abilities, talents, and mind. In order for these efforts to be successful in both, must start from the smallest scope. Start of school, community, and family environment in an integrated way. If education is successful, it will be realized that not only generation smart intellectual (cognitive), emotional (effective), but also robust generation of faith, which is not only master the hard skills but also soft skills to master. In the context of Islam, Islam does not allow moral turpitude. Prophet Muhammad was sent in an effort to enhance human morality.

References

Abdullah, M. Amin. 2006. Islamic Studies di Perguruan Tinggi, Pendekatan Integratif-Interkonektif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. ––––,2003, “Rekonstruksi Metodologi Studi Agama dalam Masyarakat Multikultural dan Multireligius” dalam Seri Kumpulan Pidato Guru Besar, Rekonstruksi Metodologi Ilmu-Ilmu Keislaman, Yogyakarta: Suka Press & LPKM Instropektif. Baswardono, Dono. 2010, “Pendidikan Karakter di Rumah”, dalam Konferensi Nasional dan Workshop Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia, Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa, Malang: Universitas Negeri Malang. Goleman, Daniel. 1995, Emotional Intelligences, Why it Can Matter Than IQ, New York: A Bantam Books. Hurlock, B. Elizabeth, 1993. Perkembangan Anak, alih bahasa dr. Med. Meitasari, Jilid 2, Edisi Keenam, Jakarta: Erlangga
Jumadi, 2011. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam pendidikkan IPA di LPTK” dalam Darmiyati Zuchdi (ed), Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik, Yogyakarta: UNY Press. Ismail, Andang. 2008, Educational Games, Yogyakarta: Pro-U Media. Koesoema, Doni. 2007, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Cet. I. Jakarta: Grasindo. Lickona, Thomas. 2012, “Talks About Character Education”, wawancara oleh Early Chilhood Today, ProQuest Education Journal, April, 2000, http://webcache.google usercontent.com. diunduh, 20 April 2012. Ma’arif, Syafi’i. 1999 “Pondasi Moral Bangsa Sudah Rapuh”, Kedaulatan Rakyat, 28 September. Mahjub Abbas, 1987M/1408H. Us? Ûl Al Fikriy Al Tarbawiy Fî Al Islâm, Beirut: Muassasah Ulum Alquran. Mulkhan, Abdul Munir, 2005. Kecerdasan Ma’rifat (Ma’rifat Quotient/ MaQ), Jalan Pembebasan Manusia dari Mekanisme Konflik, dalam “Begawan Muhammadiyah”, Bunga Rampai Pidato Pengukuhan Guru Besar Tokoh Muhammadiyah, Jakarta: PSAP. ––––,2010. Tarbiyah sebagai Ilmu dan Dasar Keilmua n Pendidikan Islam, dalam Imam Machali (ed) “Antologi Kependidikan Islam”, Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan kalijaga Yogyakarta. Munir, Abdullah. 2010, Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak sejak dari Rumah. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani Pramuji, Hadjar. 2011, “Kita Tidak Mempunyai Filsafat Pendidikan, sehingga Pendidikan Nasional Kehilangan Visi yang Jelas”. Di sampaikan dalam diskusi pada forum Jogja Educational Club (JEC) yang diselenggarakan “KR Peduli Pendidikan”, (Yogyakarta: UII, 2011), dilaksanakan pada Selasa, 6 Desember 2011. Qomar, Mujamil. 2007, Epistemologi Pendidikan Islam, Dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik. Cet III, Jakarta: Erlangga. Suyata, 2011. Pendidikan Karakter: Dimensi filosofis, dalam Zuchdi (ed), Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik, Yogyakarta: UNY Press.
Syah, Muhibin. 1998, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya. Tafsir Ahad, 2006. Filsafat Pendidikan Islami, Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu, Memanusiakan Manusia, Bandung: Remaja Rosda Karya. ––––, Ahmad. 2003, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Tedjasaputra, Mayke S., 2001, Bermain, Mainan dan Permainan Jakarta: Grasindo. Tim Badan Penelitian dan Pengembang, 2010. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembang Kurikulum Nasional. Tim Penyusun, Yudrik Jaahja dkk, 2005. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Raudlatul Athfal, Jakarta: Departemen Agama, Direktorat Jeneral Kelembagaan Agama Islam. Ulwan, Nasih. 2007, Pendidikan Anak dalam Islam, trj. Jakarta: Pustaka Amin Zohar, Danah dan Ian Marshall (trj), 2002. SQ, Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual, Bandung: Mizan.

Downloads

Published

2013-12-20

How to Cite

Hamidi, N. (2013). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DI SMKN 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 1(2), 155–172. https://doi.org/10.26555/almisbah.v1i2.87

Issue

Section

Articles