Strategi Pengembangan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Sebagai Media Komunikasi Pendidikan

Authors

  • Hana Pradita Prodi Ilmu Komunikasi, Iniversitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i2.2664

Keywords:

Strategi Pengembangan, Komunikasi, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Strategi pengembangan yang dimiliki Museum Benteng Vredebrug Yogyakarta kurang berkompeten, sehingga kurangnya perawatan fasilitas yang ada di Museum Benteng Vrederburg Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah Metode deskriptif kualitatif. Data-data yang diperoleh dari membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Membangdingkan hasil wawanvcara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan, membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen yang sudah diperoleh peneliti baik itu dari pihak Museum benteng Vredeburg Yogyakarta dan beberapa data, sumber lain yang mendukung.Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: (1) Pengembangan Internal, Memperkuat materi Museum dengan cara mengadakan kajian-kajian dan penelitian-penelitian. (2) Pengembangan Eskternal: Melakukan komunikasi yang baik dengan publik, Melakukan pengumpulan fakta/data, Analisis SWOT, Mengukur tingkat kepuasan pengunjung, Meningkatkan kerjasama, Mengoptimalkan media sosial.

References

Azizah, A., & Adawia, P. R. (2018). strategi pemasaran. Cakrawala - Jurnal Humaniora. https://doi.org/10.31294/JC.V18I2.4117
Hetherington, K. (2006). Museum. Theory, Culture & Society. https://doi.org/10.1177/0263276406023002107
Keesing, R. (2014). Teori-Teori Tentang Budaya. Antropologi Indonesia. https://doi.org/10.7454/ai.v0i52.3313
Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. In Pengantar Desain Komunikasi Visual.
Mussardo, G. (2019). Pemasaran. Statistical Field Theor. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nurmadiah, N. (2016). MEDIA PENDIDIKAN. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109
Reza, F. (2016). Strategi promosi penjualan. Jurnal Kajian Komunikasi.
Sefira Ryalita Primadany, Mardiyono, R. (2013). Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Daerah. Administrasi Publik.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

Downloads

Published

2018-08-15

Issue

Section

Articles