Studi Uses And Gratification Tentang Budaya Populer Korea Pada Komunitas BTS Army Indonesia Amino

Authors

  • Susanti Dwi Cahyaningrum Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i2.2663

Keywords:

Uses and Gratification, Budaya Populer Korea, BTS ARMY Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana budaya populer Korea pada Komunitas bts army Indonesia Amino dengan studi Uses and Gratification. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan teori uses and gratification. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi partisipan, dan studi pustaka. Data wawancara diperoleh dari empat narasumber yang merupakan anggota komunitas BTS ARMY Indonesia Amino (BAIA). Observasi partisipan peneliti lakukan dengan bergabung dengan komunitas BTS ARMY Indonesia Amino (BAIA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat narasumber memiliki perbedaan saat menjadikan budaya populer Korea sebagai kebutuhan baik informasi maupun hiburan. Hasil dari penelitian ini berupa makna dari sebuah budaya Korea yang ada pada komunitas bts army indonesia amino dalam pola kehidupan mereka sehari hari dengan melihat dari sisi kebutuhan kognitif, Kebutuhan efektif, kebutuhan integrasi, serta pelepasan ketegangan.

References

Ardia, V. (2014). Drama korea dan Budaya Popular. Jurnal Komunikasi.
Collard, J. S. (1979). FANS. In South African mechanical engineer.
DAMPAK PENGARUH GLOBALISASI BAGI KEHIDUPAN BANGSA INDONESIA. (2017). Jurnal Pesona Dasar.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. In Citra Aditya.
Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1973). Uses and Gratifications Research. Public Opinion Quarterly. https://doi.org/10.1086/268109
Keesing, R. (2014). Teori-Teori Tentang Budaya. Antropologi Indonesia. https://doi.org/10.7454/ai.v0i52.3313
Ridaryanthi, M. (2014). Bentuk Budaya Populer dan Konstruksi perilaku Konsumen ... Pop Culture. https://doi.org/https://media.neliti.com/media/publications/142786-ID-bentuk-budaya-populer-dan-konstruksi-per.pdf
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Metode Penelitian.

Downloads

Published

2018-08-15

How to Cite

Cahyaningrum, S. D. (2018). Studi Uses And Gratification Tentang Budaya Populer Korea Pada Komunitas BTS Army Indonesia Amino. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 6(2), 22–25. https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i2.2663

Issue

Section

Articles