Analisis Ikonologi Iklan Billboard Go-Pay di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i2.2662Keywords:
Iklan, Billboard, Go-Pay, Ideologi, IkonologiAbstract
Penelitian ini berjuan untuk mengetahui bagaimana analisis Ikonologi iklan billboard Go-Pay di Yogyakarta. Dalam penelitian ini penulis memakai metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Adapun subjek utama penelitian dan bahan utama yang akan dikaji dan dianalisa adalah iklan “Billboard Go-Pay†di Yogyakarta, sedangkan objek pada penelitian ini akan difokuskan pada ideologi yang terkandung pada pesan iklan billboard “Go-pay†di Yogyakarta dengan menggunakan analisis ikonologi oleh Gillian Dyer. Data diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa makna ideologi dalam iklan billboard Go-Pay adalah mudah, efisien dan aman. Artinya, Iklan billboard Go-Pay di Yogyakarta menawarkan hal yang memberikan kemudahan melakukan berbagai pembayaran, menawarkan efisiensi (mudah dan cepat) dan menjamin keamanan bertransaksi karena seluruh transaksi tercatat dalam sistem dan untuk dapat mengakses Go-Pay pelanggan harus memasukkan kata sandi dan memasukkan kode OTP yang dikirim Go-Jek melalui nomor yang terdaftar. Dengan demikian, pelanggan tidak perlu merasa takut kehilangan saldo apabila handphone hilang.References
Durianto, S., Widjaja, A. W., & Supratikno, H. (2003). Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: Erlangga.
Johar, D. (2015). PENGARUH AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) TERHADAP EFEKTIFITAS IKLAN ONLINE (Survei pada Pembeli di Toko Online Adorable Project). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.
Muhammad Rashidi Wahab, M. F. A. (2013). Jurnal Teknologi. Jurnal Teknologi.
Powell, K. (2012). Billboard science. Nature. https://doi.org/10.1038/nj7387-113a
Ratna, N. K. (2001). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. IJOLTL: Indonesian Journal of Language Teaching and Linguistics. https://doi.org/10.30957/ijoltl.v2i2.281
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, I. S. W. (2013). Semiotika komunikasi. ウイルス.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Al-Misbah agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.