Analisis Ikonologi Iklan Billboard Go-Pay di Yogyakarta

Authors

  • Dinda Destiana Fahma Ayu Side Channel Ahmad Dahlan, Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i2.2662

Keywords:

Iklan, Billboard, Go-Pay, Ideologi, Ikonologi

Abstract

Penelitian ini berjuan untuk mengetahui bagaimana analisis Ikonologi iklan billboard Go-Pay di Yogyakarta. Dalam penelitian ini penulis memakai metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Adapun subjek utama penelitian dan bahan utama yang akan dikaji dan dianalisa adalah iklan “Billboard Go-Pay†di Yogyakarta, sedangkan objek pada penelitian ini akan difokuskan pada ideologi yang terkandung pada pesan iklan billboard “Go-pay†di Yogyakarta dengan menggunakan analisis ikonologi oleh Gillian Dyer. Data diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa makna ideologi dalam iklan billboard Go-Pay adalah mudah, efisien dan aman. Artinya, Iklan billboard Go-Pay di Yogyakarta menawarkan hal yang memberikan kemudahan melakukan berbagai pembayaran, menawarkan efisiensi (mudah dan cepat) dan menjamin keamanan bertransaksi karena seluruh transaksi tercatat dalam sistem dan untuk dapat mengakses Go-Pay pelanggan harus memasukkan kata sandi dan memasukkan kode OTP yang dikirim Go-Jek melalui nomor yang terdaftar. Dengan demikian, pelanggan tidak perlu merasa takut kehilangan saldo apabila handphone hilang.

References

Durianto, S., & S. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Nasional.
Durianto, S., Widjaja, A. W., & Supratikno, H. (2003). Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: Erlangga.
Johar, D. (2015). PENGARUH AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) TERHADAP EFEKTIFITAS IKLAN ONLINE (Survei pada Pembeli di Toko Online Adorable Project). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.
Muhammad Rashidi Wahab, M. F. A. (2013). Jurnal Teknologi. Jurnal Teknologi.
Powell, K. (2012). Billboard science. Nature. https://doi.org/10.1038/nj7387-113a
Ratna, N. K. (2001). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. IJOLTL: Indonesian Journal of Language Teaching and Linguistics. https://doi.org/10.30957/ijoltl.v2i2.281
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, I. S. W. (2013). Semiotika komunikasi. ウイルス.

Downloads

Published

2018-10-31

Issue

Section

Articles