Pengaruh Promosi Film Dilan 1990 Melalui Youtube Terhadap Keputusan Menonton Film (Survei Pada Siswa SMA Negeri 5 Tasikmalaya)

Authors

  • Intan Rizva Komunitas Film Movie Editor Ahmad Dahlan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i2.2661

Keywords:

Promosi, Keputusan, Menonton Film

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pengaruh promosi film Dilan 1990 melalui youtube terhadap keputusan menonton film. Penelitian ini menggunakan Metode pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 5 Tasikmalaya dengan jumlah sampel 94 siswa yang diperoleh dengan teknik random sampling. Adapun instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Pearson Product Moment dan Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh dan hubungan yang kuat antara promosi dan keputusan menonton film. Hal ini ditunjukkan melalui koefisien (r square) sebesar 0,163 atau 16,3% dan koefisien determinasi (r square) sebesar 0,031 atau 31%. Hal ini berarti keputusan menonton film pada siswa SMA Negeri 5 Tasikmalaya dipengaruhi oleh promosi sebesar 31% dan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain sebesar 16,3%.

References

Dixon, Deborah. 2016. “Film.” In The Routledge Research Companion to Media Geography. https://doi.org/10.4324/9781315613178-7.
McQuail, Denis. 2003. Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Erlangga.
Mertasari, Ni Made Sri. 2016. “MEDIA ONLINE UNTUK ASESMEN PENDIDIKAN KARAKTER TERPADU.” JST (Jurnal Sains Dan Teknologi). https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v5i1.8273.
Puji, Santoso. 2016. “Konstruksi Sosial Media Massa.” Al-Balagh.
Reza, Faisal. 2016. “Strategi Promosi Penjualan.” Jurnal Kajian Komunikasi.
Stewart, Peter, and Peter Stewart. 2019. “YouTube.” In The Live-Streaming Handbook. https://doi.org/10.4324/9781315209883-5.
Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian.” Metode Penelitian.
Suhari, Yohanes. 2010. “E-COMMERCE : MODEL PERILAKU KONSUMEN.” Jurnal Dinamika Informatika.
Tulasi, Dominikus. 2012. “Komunikasi Pemasaran.” Humaniora.
Watie, Errika Dwi Setya. 2016. “Komunikasi Dan Media Sosial (Communications and Social Media).” Jurnal The Messenger. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270.

Downloads

Published

2018-10-10

How to Cite

Rizva, I. (2018). Pengaruh Promosi Film Dilan 1990 Melalui Youtube Terhadap Keputusan Menonton Film (Survei Pada Siswa SMA Negeri 5 Tasikmalaya). Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 6(2), 26–29. https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i2.2661

Issue

Section

Articles