Pengaruh Promosi Film Dilan 1990 Melalui Youtube Terhadap Keputusan Menonton Film (Survei Pada Siswa SMA Negeri 5 Tasikmalaya)
DOI:
https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i2.2661Keywords:
Promosi, Keputusan, Menonton FilmAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pengaruh promosi film Dilan 1990 melalui youtube terhadap keputusan menonton film. Penelitian ini menggunakan Metode pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 5 Tasikmalaya dengan jumlah sampel 94 siswa yang diperoleh dengan teknik random sampling. Adapun instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Pearson Product Moment dan Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh dan hubungan yang kuat antara promosi dan keputusan menonton film. Hal ini ditunjukkan melalui koefisien (r square) sebesar 0,163 atau 16,3% dan koefisien determinasi (r square) sebesar 0,031 atau 31%. Hal ini berarti keputusan menonton film pada siswa SMA Negeri 5 Tasikmalaya dipengaruhi oleh promosi sebesar 31% dan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain sebesar 16,3%.References
McQuail, Denis. 2003. Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Erlangga.
Mertasari, Ni Made Sri. 2016. “MEDIA ONLINE UNTUK ASESMEN PENDIDIKAN KARAKTER TERPADU.†JST (Jurnal Sains Dan Teknologi). https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v5i1.8273.
Puji, Santoso. 2016. “Konstruksi Sosial Media Massa.†Al-Balagh.
Reza, Faisal. 2016. “Strategi Promosi Penjualan.†Jurnal Kajian Komunikasi.
Stewart, Peter, and Peter Stewart. 2019. “YouTube.†In The Live-Streaming Handbook. https://doi.org/10.4324/9781315209883-5.
Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian.†Metode Penelitian.
Suhari, Yohanes. 2010. “E-COMMERCE : MODEL PERILAKU KONSUMEN.†Jurnal Dinamika Informatika.
Tulasi, Dominikus. 2012. “Komunikasi Pemasaran.†Humaniora.
Watie, Errika Dwi Setya. 2016. “Komunikasi Dan Media Sosial (Communications and Social Media).†Jurnal The Messenger. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Al-Misbah agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.