Strategi Komunikasi Pemasaran Candi Plaosan dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Tahun 2018

Authors

  • Rizki Maulana Hasan Magazine of Communication Ahmad Dahlan, Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i1.2660

Keywords:

Jumlah Pengunjung, Candi Plaosan, Promosi Pemasaran, Strategi Komunikasi

Abstract

Penurunan tingkat kunjungan pada Candi Plaoasan terlihat dari data statistik pengunjung tahun 2014-2018 yang menunjukkan bahwa pada tahun 2016 jumlah pengunjung Candi Plaosan sempat mengalami penurunan. Kurangnya pihak UPT Candi Plaosan promosi sehingga berkurangnya minat pengunjung, candi plaosan cukup kurang perhatian dari pemerintah, candi plaosan tidak memiliki ruang-ruang pemujaan seperti candi lain, dan beberapa patung yang ada disekitar candi sudah tak lagi utuh, beberapa di antaranya hilang kepalanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data-data yang diperoleh dari membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara, membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan, membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen yang sudah di peroleh peneliti, baik itu dari Candi Plaosan dan beberapa data dan sumber lain yang mendukung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi yang dilakukan pihak UPT Candi Plaosan belum efektif, melihat dari data pengunjung yang mengalami fluktuatif. Masih sangat perlu pengelolaan yang lebih baik lagi untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

References

Beatrix, S. (2006). I Love Organize. Panduan Praktis Mengelola Event. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama
Hasan, A. (2010). Marketing Bank Syariah. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi pemasaran.
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen pemasaran. Jilid I. Edisi ke, 13.
Kusmayadi, S.E. (2000). Metode penelitian dalam bidang pariwisata. Jakarta: grameda pustaka utama.
Moleong, J. L.(2014). Qualitative Research Methodology. Bandung: PT. Youth Rosdakarya.
Morrison, M. A., Haley, E., Sheehan, K. B., & Taylor, R. E. (2011). Using qualitative research in advertising: Strategies, techniques, and applications. Sage Publications.
Shimp, T. A. (2003). Advertising, Promotion and Supplemental Aspects of Integrated Marketing Communications. Mason, Ohio: Thomson Southwestern.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran, edisi kedua. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2002). Strategi bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tohirin, D. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yoeti, O.A. (2008). Ekonomi Pariwisata: Introduksi, Informasi, dan Implementasi. Jakarta: Kompas.

Downloads

Published

2018-05-01

How to Cite

Hasan, R. M. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Candi Plaosan dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Tahun 2018. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 6(1), 18–21. https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i1.2660

Issue

Section

Articles