Strategi Komunikasi Pemasaran Candi Plaosan dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Tahun 2018
DOI:
https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i1.2660Keywords:
Jumlah Pengunjung, Candi Plaosan, Promosi Pemasaran, Strategi KomunikasiAbstract
Penurunan tingkat kunjungan pada Candi Plaoasan terlihat dari data statistik pengunjung tahun 2014-2018 yang menunjukkan bahwa pada tahun 2016 jumlah pengunjung Candi Plaosan sempat mengalami penurunan. Kurangnya pihak UPT Candi Plaosan promosi sehingga berkurangnya minat pengunjung, candi plaosan cukup kurang perhatian dari pemerintah, candi plaosan tidak memiliki ruang-ruang pemujaan seperti candi lain, dan beberapa patung yang ada disekitar candi sudah tak lagi utuh, beberapa di antaranya hilang kepalanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data-data yang diperoleh dari membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara, membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan, membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen yang sudah di peroleh peneliti, baik itu dari Candi Plaosan dan beberapa data dan sumber lain yang mendukung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi yang dilakukan pihak UPT Candi Plaosan belum efektif, melihat dari data pengunjung yang mengalami fluktuatif. Masih sangat perlu pengelolaan yang lebih baik lagi untuk meningkatkan jumlah pengunjung.References
Utama
Hasan, A. (2010). Marketing Bank Syariah. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi pemasaran.
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen pemasaran. Jilid I. Edisi ke, 13.
Kusmayadi, S.E. (2000). Metode penelitian dalam bidang pariwisata. Jakarta: grameda pustaka utama.
Moleong, J. L.(2014). Qualitative Research Methodology. Bandung: PT. Youth Rosdakarya.
Morrison, M. A., Haley, E., Sheehan, K. B., & Taylor, R. E. (2011). Using qualitative research in advertising: Strategies, techniques, and applications. Sage Publications.
Shimp, T. A. (2003). Advertising, Promotion and Supplemental Aspects of Integrated Marketing Communications. Mason, Ohio: Thomson Southwestern.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran, edisi kedua. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2002). Strategi bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tohirin, D. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yoeti, O.A. (2008). Ekonomi Pariwisata: Introduksi, Informasi, dan Implementasi. Jakarta: Kompas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Al-Misbah agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.