Penerapan Strategi Marketing Public Relations Wake Up Hostel Dalam Mempertahankan Loyalitas Pengunjung
DOI:
https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i1.2659Keywords:
Wake Up Hostel, Strategi MPR, Tripartid, Strategi media massa, Loyalitas PengunjungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing public relations tripartid (push, pull, dan pass strategi) dan strategi media massa yang digunakan oleh Wake Up hostel Yogyakarta dalam meningkatkan loyalitas pengunjung,serta mengetahui hambatan yang muncul pada pelaksanaan strategi tripartid serta solusi yang didapat untuk mengatasi hambatan- hambatan tersebut. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kualitatif, sebagaimana peneliti menjadi instrumen kunci dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data, analisis data bersifat induktif. Penelitian ini dilakukan di Wake Up hostel Yogyakarta tepatnya di jalan Gandekan No.44, Sosromenduran, Gedong Tengen, kota Yogyakarta. Peneliti memerlukan waktu selama 3 bulan untuk menyelesaikan skripsi. Tekhnik pengumpulan data dalam skripsi ini yaitu menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari semua kegiatan strategi marketing public relations Wake Up hostel dalam meningkatkan loyalitas pengunjung yaitu telah memberikan efek positif pada hostel, dilihat dari meningkatnya loyalitas pengunjung yang telah berulang kali menginap di Wake Up hostel, tak hanya itu ia juga membewa pengunjung baru. Efek lain juga dapat dilihat dari bentuk-bentuk kegiatan yang hingga saat ini masih terlaksana. Artinya pengunjung cukup antusias dan loyal terhadap fasilitas dan pelayanan hingga kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Wake Up hostel. Loyalitas mereka dapat diliat dari tingkat kesukaan, kepuasan dan kepercayaan yang diberikan oleh pengunjung sehingga akan berpengaruh terhadap loyalitas pegunjung tersebuh yang menyebabkan meningkatnya pemasukan dari Wake Up hostel itu sendiri. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa, strategi marketing public relations Wake Up hostel Yogyakarta dalam meningkatkan loyalitas pengunjung sedah cukup efektif, walaupun belum sepenuhnya terlaksana dengan baik.References
Andreasen, A. R. (2002). Marketing social marketing in the social change marketplace. Journal of Public Policy and Marketing. https://doi.org/10.1509/jppm.21.1.3.17602
Artiningtyas, I., Minarsih, M. M., & Hasiolan, L. B. (2014). Kepuasan Pelanggan. In Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan.
Azizah, A., & Adawia, P. R. (2018). strategi pemasaran. Cakrawala - Jurnal Humaniora. https://doi.org/10.31294/JC.V18I2.4117
Hurriyati, R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. In Alfabeta Bandung.
PUBLIC RELATION BASED MODEL OF INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS. (2016). UTMS Journal of Economics.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D, Alfabeta, cv. ___ (2016).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Al-Misbah agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.