Representasi Nilai-Nilai Islami pada Web Series Animasi Nussa

Authors

  • Ilhami Resti Asih Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i1.2656

Keywords:

Representasi Nilai Islam, Web Series, Animasi Nussa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi nilai-nilai islami pada web series animasi Nussa. Metode yang digunakan oleh penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori representasi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Objek penelitian ini adalah web series animasi Nussa dengan mengambil empat episode berdasarkan viewers terbanyak, episode tersebut adalah episode Tidur Sendiri Tidak Takut, episode Dahsyatnya Basmallah, episode Jangan Boros, episode Rara Sakit. Hasil penelitian dari empat episode berdasarkan viewers terbanyak adalah yang pertama terdapat Islam direpresentasikan oleh animasi Nussa seperti: Pakaian Muslim, memelihara dan menyayangi salah satu hewan kucing yang merupakan hewan peliharaan dan kesayangan Nabi Muhammad SAW, kaligrafi, berdo’a agar dijauhkan dari gangguan syaitan. Sedangkan untuk nilai-nilai Islami yang direpresentasikan oleh animasi Nussa seperti berikut, pertama nilai aqidah: keyakinan dan kepercayaan seorang hamba terhadap Allah SWT, keyakinan sifat boros merupakan sifat dari setan. Kedua nilai ibadah: melakukan doa sebelum tidur atau adab tidur, beristigfar, membaca do’a. Ketiga nilai akhlak: berpakaian dalam Islam, adab bersin, mengucapkan terimakasih, mengucap salam dan menjawab salam, meminta maaf.

References

Atmadja, Nengah Bawa. 2018. Soiologi Media Prespektif Teori Kritis. Depok: Rajawali Pers. PT. Rajagrafindo Persada.
Bara Bima Hardika. 2018. Representasi Identitas Anak Dalam Animasi Upin Ipin Musim Episode 11. Volume 5. Halaman 2. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) FISIP.
Burton, Graeme. 2008. Media dan Budaya Populer. Yogyakarta: penerbit Jalasutra.
Danesi, Marcel. 2012. Pesan Tanda dan Makna buku teks dasar mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Jalasutra.
Darmawan, Deni. 2013. Metode penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Gita Aprinta E. B. 2011. Representasi Girl Power Wanita Modern Dalam Media Online. The Messenger. Volume 2/No. 2. Halaman 16 dan 17. Journal. Journal.usm.ac.id > artical > viewFile.
Hawi, Akmal. 2014. Dasar-dasar Studi Islam. Pt RajaGrafindo Persada, jakarta.
Jawas, Yazid bin Abdul Qadir. 2014. Prinsip Dasar Islam menurut Al- Qur’an dan As- Sunnah yang Shahih. Tim pustaka At- Taqwa. Bogor Jawa Barat.
Kinung Nuril Hidayah. 2015. Representasi nilai-nilai Islam dalam film sang murabi.
Kinung Nuril Hidayah. 2015. Representasi nilai-nilai Islam dalam film sang murabi. Jurnal Commonline Departe Komunikasi. Volume 4/No. 1. Halaman 185. journal.unair.ac.id. Representasi Nilai-nilai islam dalam Film Sang Murabbi.
Meleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya. Bandung.
Meleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Muhamad Rahmad Luhur. 2017. Repesentasi Nilai-nilai Agama Dalam Film Dokumenter Indonesia Bukan Negara Islam Karya Jason Iskandar. Volume 4/No. 2. Halaman 9. Jurnal Online Mahasiswa (JOM). jom.unri.ac.id
Purwasito, Andrik. 2015. Komunikasi Multikultural. Pustaka Belajar. Celeban Timur UH III/548 Yogyakarta 55167.
Soubur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Penerbit Ghalia Indonesia, Warung Nangka, Ciawi Bogor.

Downloads

Published

2018-04-08

How to Cite

Asih, I. R. (2018). Representasi Nilai-Nilai Islami pada Web Series Animasi Nussa. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 6(1), 5–8. https://doi.org/10.26555/al-misbah.v6i1.2656

Issue

Section

Articles