GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Sutarman Sutarman

DOI:

https://doi.org/10.26555/almisbah.v5i1.165

Abstract

Pendidikan Islam merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan Nasional. Dalam konteks pendidikan Islam, peran pendidik dan anak didik tidak dapat diabaikan sumbangsihnya. Kedua komponen ini saling berinteraksi dalam proses pembelajaran untuk mewujudkan suatu out put pendidikan yang berkualitas.

Untuk mencapai tujuan npendidikan tersebut, diperlukan pendidik yang profesional, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia. Menurut Zakiah Darojat,  Syarat menjadi pendidik yang  profesional  ada 4 macam, yakni: 1) bertakwa pada Allah SWT; 2) berilmu; 3) Sehat jasmani & rohani dan  4) berkelakuan baik. Yang ke empat hal tersebut, benarbenar harus dicamkan dan dimiliki oleh seorang pendidik.

References

-Qalmuni, Syaikh Abu Dzar. Dunia Neraka dan Syurga dalam Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta : Pustaka Al-Kautsar, 2006.
Arthur S., Reber & Emily S, Reber. Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Ash-Shabuni, Muhammad ali. Tafsir Ayat Ahkam Ash-Shabuni. Penerjemah Mu‘ammal Hamidy & Imron A. Manan, Surabaya: PT Bina Ilmu, 2005.
Baidan, Nashruddin. Tafsir Maudhu‘i: Solusi Qur‘ani atas Masalah sosial Kontemporer.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Budiyanto, Mangun. Ilmu Pendidikan Islam.Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2010.
Darling, Linda, Hammond, John Bransford. Preparing Teachers for a Changing World: What Teachers Shoul Learn and Be Able to Do.USA:Jossey Bass, 2003.
Departemen Haji dan Wakaf Saudi Arabia. Al-Qur‘an dan Terjemahannya, Medinah: Mujamma‘ Khadim al Haramain asy Syarifain al Malik Fahdli thiba ‘at al Mush-haf asy Syarif, 1411 H.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : BalaiPustaka, 1995.
Gardner. Multiple Intelligences. USA, 1983
Goleman, Danie. Emotional Intellegence. USA : Bantam Book, 1996
Hasbullah. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Jimbaz, Munir M. Karakter Orang Sukses Dunia – Akherat. Jakarta Timur: Pustaka Al- Kautsar, 1999.
Katsir, Ibnu. Tafsir Juz ‘Amma. Jakarta: Pustaka Azzam, 2001
Majelis tarjih dan Pengembangan Pemikiran Islam. Tafsir Tematikal Qur‘an : Tentang Hubungan Sosial Antara Umat Beragama, Yogyakarta: Pustaka SM, 2000
Permata Sari, Rintan, dkk. Konsep Pendidik dan Peserta Didik dalam Islam. Yogyakarta: FTDI UAD, 2015
PP Muhammadiyah. Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah. Yogyakarta: Majelis Tarjih, 1975.
Muhaimin, et al. Kawasan dan Wawasan Studi Islam. Jakarta : Kencana, 2005.
Nata, Abbudin. Tokoh-tokoh Pembahmruan Isam di Indonesia.Jakarta: PT Grafindo Persada,.2005.
Nawawi, Imam. Terjemah Riyadhus Shalihin Jilid 1 dan 2. Jakarta : Pustaka Amani,1999.
Pasha, Mustafa Kamal & Darban, A.A. Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam. Yogyakarta : LPPI UMY, 2010
Pudjosumedi, Profesi Pendidikan. Uhamka Press, 2013
Quthb, sayyid. Tafsir Fi-Zhilalil Qur‘an: Di Bawah Naungan Al-Qur‘an Jilid 1, 2, 3, 12. Jakarta :Robbani Press, 2000.
Retno Pudjiati. Psikologi Perkembangan Anak. Universitas terbuka, 2009.
Shihab, Quraish. Studi Kritis: Tafsir Al-Manar. Bandung: Pustaka Hidayah, 1994.
Surin, Bachtiar. Az-Zikra : Terjemah & Tafsir Al- Qur‘an Jilid 1, 2, 4, dan 5. Bandung, Penerbit Angkasa,2002.
Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta : Ar-Ruzz.
Syahmuharnis & Sidharta, Harry. Transcendental Quotient ( Kecerdasan Diri Terbaik).Jakarta: Penerbit Republika, 2007.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005.
Tasmara, Toto. Membudayakan Etos Kerja Islami. Jakarta: Gema Insani Press, 2002.
Yayasan Pembinaan Masyarakat Islam Al Hikma. Terjemah Al-Qur‘an Secara Lafzhiyah.Jakarta,1980.
Zainuddin, Din. Menembus Ruang dan Waktu Menuju Pencerahan Spiritual.Jakarta Selatan: Pustaka Al-Mawardi, 2005.

Downloads

Published

2019-10-17

How to Cite

Sutarman, S. (2019). GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 5(1), 34–50. https://doi.org/10.26555/almisbah.v5i1.165

Issue

Section

Articles