POSISIONING PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI

Authors

  • Mohammad Hajar Dewantoro

DOI:

https://doi.org/10.26555/almisbah.v2i2.100

Keywords:

globalization, Islamic education, Posision

Abstract

Opportunities and challenges of globalization requires a superior human resources and competitively, which needs to be responded positively by the Islamic education. These opportunities need to be met by utilizing all the positive potential of globalization, disseminating the values of Islam to the world as an attempt to save mankind from viruses skularisasi who ignore the spiritual dimension in man. In addition, Islamic education should develop spiritual-based education vigorously supported by teachers, learners and  educational organizations full support prophetic transformational leadership.

References

Abdurrahman An-Nahlawi, Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam, Terjemahan Herri Nur Ali, Diponegoro Bandung, 1989
Avin Fadilla Helmi dan MadaIman Arisudana,Kepemimpinan Transformasional, Kepercayaan danBerbagi Pengetahuan dalam Organisasi,JURNAL PSIKOLOGI. VOLUME 36, NO. 2, DESEMBER 2009
A Usmara dan Lukas Dwiantara (editor), Strategi Organisasi, Yogyakarta: penerbit asmara books, 2006
Bachtiar Alam, Globalisasi dan Perubahan Budaya: Perspektif Teori Kebudayaan, makalah dipresentasikan pada Widyakarya Nasional “Antropologi dan Pembangunan” di Jakarta, 26-28 Agustus 1997,
Budi Santoro (Komisioner Ombudsman RI), Benahi Tujuh Masalah Pendidikan, jumat 12 Desember 2014.
Fasli Jalal dan Dedi Supriadi (editor), Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah, Yogyakarta: Adicita Karya Nosa, 2001
Fred Luthans, Perilaku Organisasi, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2006
Firdaus Basuni, Membangun Pendidikan Madrasah Yang Kompetitif Di Era Globalisasi, dalam jurnal Analisis, Volume XIII, Nomor 2, Desember 2013.
Hadi Soesanto, Kebijakan Persaingan, Daya Saing, Liberalisasi, Globalisasi, Regionalisasi dan Semua Itu, Jakarta: CSIS Working Paper Series, 2004
Iskadar Wiryokusumu dan Usman Mulyadi,Dasar Dasar Pengembangan Kurikulum, Jakarta: PT Bintang Aksara, 1988.
Miftahun Ni’mah Suseno dan Sugiyanto, Pengaruh Dukungan Sosial dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Organisasi dengan Mediator Motivasi Kerja, JURNAL PSIKOLOGI, VOLUME 37, NO. 1, JUNI 2010: 94 – 109
Mohammad Ali, Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional, Menuju Bangsa Indonesia Yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi, Jakarta: PT Imperial Bhakti Utama, 2009
Nanang Suprayogi, Pendekatan Holistik Pendidikan, dalam Republika, jumat 12 Desember 2014, hal. 6.
Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2005-2009 Menuju Pembangunan Pendidikan Nasional Jangka Panjang 2025, Jakarta: Depdikbut, 2005.
Rudi Hermawan, Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Pada Era Globalisasi,
Sus Budiharto dan Fathul Himam, Konstruk Teoritis dan Pengukuran Kepemimpinan Profetik,Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Volume 33, No. 2, 133 – 146
Wagimo dan Djamaludin Ancok, Hubungan Kepemimpinan Transformasional danTransaksional dengan Motivasi Bawahan di Militer, Jurnal Psikologi. Volume 32, No. 2, 112-127
Zaim Uchrawi, Spiritualitas Pendidikan, senin 15 Desember 2014.

Downloads

Published

2014-12-20

How to Cite

Dewantoro, M. H. (2014). POSISIONING PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 2(2), 143–159. https://doi.org/10.26555/almisbah.v2i2.100

Issue

Section

Articles