Perencanaan Strategik Sarana Prasarana di SMA Al Falah Ketintang Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.12928/jimp.v3i2.9428Keywords:
Pengadaan, Pemeliharaan, Pemanfaatan, Sarana dan PrasaranaAbstract
Penelitian ini yang berjudul "Perencanaan Strategik Sarana dan Prasarana di SMA AL Falah Ketintang Surabaya", bermaksud untuk fasilitas yang ada dapat memenuhi kebutuhan penggunaannya secara efektif dan efisien. Hal tersebut terlihat dari adanya sarana prasarana yang cukup memadai, serta menyesuaikan kebutuhan peseta didik pada SMA Al Falah Ketintang Surabaya. Sarana dan prasarana tersebut dikelola secara langsung oleh para pendidik maupun staf karyawan bidang tugas masing-masing seperti bidang kebersihan dan pemeriksaan sarana prasarana seperti : pemeriksaan kendala AC setiap 3 bulan sekali, kebersihan toilet serta fasilitas umum lainnya yang di lakukan setiap hari, dibawah pengawasan Waka sarana dan prasarana, langkah tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan efektivitas, efisien serta menciptakan kenyamanan proses pembelajaran. Kemudian pengelolaan fasilitas dan infrastruktur dilakukan sebagai bagian dari proses manajemen. Selanjutnya, pelaksanaan manajemen fasilitas dan infrastruktur pendidikan, SMA Al Falah Ketintang Surabaya dilaksanakan secara bersinambung, berawal dari perencanaan pengadaan, pemeliharaan, pencatatan inventarisasi hingga proses penghapusan. Prosedur tersebut di laksanakan agar manajemen sarana dan prasarana yang di lakukan selalu berada dalam keadaan ketertiban dan keteraturan sesuai dengan tujuan yang sudah di rencanakan. Metode penelitian yang digunakan dalam, artikel ini yaitu menggunakan metode kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi. Penulis merekomendasikan untuk pihak sekolah dapat memenuhi berbagai sarana prasarana serta fasilitas yang dibutuhkan oleh siswa lebih banyak dan lengkap lagi seperti pembagian alat kebersihan disetiap kelasnya. menambahkan pemasangan Wi-Fi atau menambah kecepatan Wi-Fi, serta apabila ada kerusakan pihak sekolah diharapkan memperhatikan sarana apa yang sekiranya perlu diganti maupun diperbaiki untuk kenyamanan pengguna fasilitas sekolah.
References
Ahmad, S., & Hodsay, Z. (2020). E-book Profesi Kependidikan dan Keguruan. Deepublish.
Ahmadi, A. (2021). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan di SMA Negeri 1 Trienggadeng Pidie Jaya. Sultra Educational Journal, 1(2), 20–28. https://doi.org/10.54297/seduj.v1i2.156
Aimah, S., & Rohmah, K. (2020). IMPLEMENTASI STANDAR SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN PADA MAN 3 BANYUWANGI. TARBIYATUMAI, 1(July), 1–23.
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.
Anggraini, E. S., & Batubara, L. (2021). Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana Dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(1), 20. https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.25785
Anggraini, R. D., & Anisah. (2023). Pemeliharaan Sarana dan Prasarana di SMKN 5 Padang. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(2), 164–170. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i2.139
Baroroh, N., & Hermalia, T. (2021). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Mtsn 2 Karawang Management of Educational Facilities and Infrastructure At Mtsn 2 Karawang. Niswatun Baroroh & Tita Hermalia, 6(1), 32–40.
Dermawan, O. (2020). Manajemen Fasilitas Pendidikan. http://repository.radenintan.ac.id/10245/1/Buku Lengkap Pak Oki Manajemen Fasilitas Pendidikan.pdf
Fathurrochman, I., Anggraeni, R., Sathish Kumar, K., Pendidikan Islam, M., & Curup, I. (2021). Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Menunjang Mutu Pembelajaran Di Sdn Lubuk Tua Kabupaten Musi Rawas. Online) Terakreditasi Nasional. SK, XIII(1), 2549–4171.
Hasnadi. (2021). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Manajemen Pendidikan, 12(2), 153–164.
Hendrikus, A. (2018). Manajemen sarana prasarana dikjaskes dan pemanfaatannya. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 2(2), 94–102.
Hikmat. (2021). Bandung: Pustaka Setia. Manajemen Pendidikan, 12(2), 153–164.
Khikmah, N. (2020). Manajemen Sarana Dan Prasarana Untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, VII(1), 123–130. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p123
Kholiq, I. N., & Syamsudin, M. (2022). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smk Mansyaul Huda Tegaldlimo Banyuwangi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 3(2), 253–269. https://doi.org/10.30739/jmpid.v3i2.1152
Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15–23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363
Nikasari, D. (2019). Strategi Pengelolaan Sarana dan Prasarana Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo. 1–189.
Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran oleh Guru SMK Di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p033
Putri, V. A., & Syahril, S. (2022). Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Sekolah di SMK Negeri Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 3(2), 97–101. https://doi.org/10.24036/jeal.v3i2.354
Rahayu, S. R. I., Studi, P., Pendidikan, A., & Bogor, S. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. 106.
Rosnaeni. (2019). Manajemen Sarana Prasarana. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(1), 32–43. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema/article/view/5645
Samanhudi. (2021). Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Islami di Lembaga Pendidikan. Rayah Al-Islam, 5(02), 268–294. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.461
Sari, N. D. (2021). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. 1. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/10226/7037
Sukatin, S. (2020). Manajemen Sarana Dan Prasarana Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i2.1851
Surono, & Ifendi, M. (2021). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 103–130.
Yohanes Sugandi, A. P. (2021). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Sekolah (MPPKS-SAR). In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/10226/7037
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This article's copyright is transferred to Universitas Ahmad Dahlan (UAD) if and when the item is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any rights in and to the paper including without limitation all copyrights to UAD. The undersigned hereby represents and warrants that the article is original and that he/she is the author of the paper, except for material identified as to its source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
This paper has not been published in the same form elsewhere.
It will not be submitted anywhere else for publication before acceptance/rejection by this Journal.
Copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to UAD. The copyright transfer covers the exclusive right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature.
The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any co-authors. This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the co-author(s) assent where applicable. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the Work.
Authors may reproduce or authorize others to reproduce the Work or derivative works for the author's personal use or company use, provided that the source and the UAD copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies UAD endorsement of a product or service of any employer, and the documents themselves are not offered for sale.
Although authors are permitted to re-use all or portions of the Work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or different types of re-use.