Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar

Authors

  • Virnanda Rahayu Universitas Ahmad Dahlan
  • Suyatno Suyatno (SCOPUS ID: 57211511158), Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v3i2.7998

Keywords:

Strategi guru, Kemandirian Belajar, Pembelajaran Daring, Teknologi informasi

Abstract

Kemandirian belajar merupakan faktor penting dalam menentukan pembelajaran daring siswa. Seorang guru harus memiliki strategi yang inovatif dalam membantu kemandirian siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan aspek-aspek kemandirian belajar siswa, dan 2) mengkaji strategi guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa selama pandemi covid-19 di SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas, siswa dan orangtua. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumetasi. Teknik analisis ini terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau pemeriksaan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemandirian belajar di SD Muhammadiyah Suronatan dapat dibedakan menjadi kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas, kemandirian siswa dalam beribadah, kemandirian siswa dalam membantu pekerjaan rumah, dan kemandirian siswa dalam mengikuti lomba-lomba yang ada diluar sekolah. 2) strategi guru dalam meningkatkan kemandirian belajar yaitu dilakukan melalui pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran, median pembelajaran inovatif, dan strategi pembelajaran interaktif.

 

References

Ardiawan, I. K. N., & Heriawan, I. G. T. (2020). Pentingnya Komunikasi Guru Dan Orang Tua Serta Strategi PMP Dalam Mendukung Pembelajaran Daring. Danapati: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 95–105.

Astini, N. K. S. (2020). Tantangan dan peluang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran online masa covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255.

Astuti, S., Pramudiani, P., Masykuroh, K., & Ulfah, S. (2021). Sinergitas Guru Dan Orang Tua Dalam Integrasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 117–133.

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 95. https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.

Batoebara, M. U., & Hasugian, B. S. (2021). Peran orang tua dalam komunikasi pembelajaran Daring. Warta Dharmawangsa, 15(1), 166–176.

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 652–661.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Dumez, H. (2015). What is a case, and what is a case study? BMS Bulletin of Sociological Methodology/ Bulletin de Methodologie Sociologique, 127(1), 43–57. https://doi.org/10.1177/0759106315582200

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.

Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–4.

Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral, B. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap tingkat stres dan kecemasan mahasiswa selama pandemi COVID-19. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113–123.

Fitriansyah, R., Fatinah, L., & Syahril, M. (2020). Critical review: professional development programs to face open educational resources in Indonesia. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 109–119.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Haryono, A. (2001). Belajar mandiri konsep dan penerapannya dalam sistem pendidikan dan pelatihan terbuka/jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 2(2), 137–161.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Houghton, C., Murphy, K., Shaw, D., & Casey, D. (2015). Qualitative case study data analysis: An example from practice. Nurse Researcher, 22(5).

Huberman, A. M., & Miles, J. S. M. B. (2019). Qualitative data analysis: A methods sourcebook.

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 533–541.

Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1641

Istiningsih, E., Suyatno, S., & Widodo, W. (2020). Academic supervision to improve teachers’ readiness in utilizing information and communication technology in vocational high schools. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4365–4373. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081002

Jatira, Y., & Neviyarni, S. (2021). Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 35–43.

Khotijah, I., Kale, S., Bali, E. N., & Mundiarti, V. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Kemandirian Anak Saat Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid 19. ECEDS: Early Childhood Education and Development Studies, 1(2).

Mallillin, L. L. D., Mendoza, L. C., Mallillin, J. B., Felix, R. C., & Lipayon, I. C. (2020). Implementation and Readiness of Online Learning Pedagogy: a Transition To Covid 19 Pandemic. European Journal of Open Education and E-Learning Studies, 5(2), 71–90. https://doi.org/10.46827/ejoe.v5i2.3321

Pamungkas, D. E., & Sukarman, S. (2020). Transformasi Dunia Pendidikan Di Sekolah Dasar Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 211–219.

Patimah, E., & Sumartini, S. (2022). Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring: Literature Review. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 993–1005. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1970

Prasetiyo, E., & Suyatno, S. (2021). The Implementation of Information Technology-Based Learning during Covid-19 Outbreak at Elementary School. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 11(1), 28–40.

Riyadi, M. (2020). Pengaruh Pemberian Terapi Seni dengan Metode Menggambar Terhadap Penurunan Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Riyanti, Y., Wahyudi, W., & Suhartono, S. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1309–1317.

Seidman, I. (2006). Interviewing as qualitative research: A guide for researchers in education and the social sciences. Teachers college press.

Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363–1369.

Sukmawati, R. A., Pramita, M., Purba, H. S., & Utami, B. (2020). The use of blended cooperative learning model in introduction to digital systems learning. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 75–81.

Suyatno, S., Nuryana, Z., Mu’tafi, A., Iskarim, M., & Wu, F. K. (2021). Student Well-Being in Online Learning during the Covid-19 Pandemic: Voice in the Field. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(8), 235–251. https://doi.org/10.35542/osf.io/k9uxj

Suyatno, S., Sibawaihi, S., Wantini, W., Firdausi, D. K. A., & Patimah, L. (2023). Comparing the Experience of Pre-Service Teachers in the First and Final Semesters in Online Learning Using a Focus Group Study. The Qualitative Report, 28(4), 1230–1248.

Vijayan, R. (2021). Teaching and learning during the covid-19 pandemic: A topic modeling study. Education Sciences, 11(7). https://doi.org/10.3390/educsci11070347

Wantini, W., Suyatno, S., Siti Muthia, D., & Yusmaliana, D. (2022). Learning Model During Post Covid-19 Pandemic to Improve Early Childhood Language Development. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6187–6197.

Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu, 5(5), 3902–3911.

Widyaningsih, O. (2020). Penerapan Pembelajaran Online (Dalam Jaringan) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 50–60.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Rahayu , V. ., & Suyatno, S. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar . JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 3(2), 88–101. https://doi.org/10.12928/jimp.v3i2.7998

Issue

Section

Articles